Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pasangan Mulai Cuek? Coba 9 Cara Ini Supaya Dia Lebih Peduli 

Jangan sampai rasa cueknya membuat hubungan berantakan

Elga Windasari

Ketika hubungan berjalan dengan baik, terkadang pasangan yang menjalaninya jadi merasa “malas” melakukan usaha untuk mempertahankannya. Terutama untuk para laki-laki. Jika saat PDKT dia terlihat sangat bersemangat untuk mendapatkanmu, begitu sudah jadian semangatnya hilang entah ke mana.

Sebenarnya, sikap cuek ini tidak selalu berarti negatif. Bisa saja pasangan sudah percaya dan nyaman denganmu sehingga dia merasa tidak perlu lagi melakukan hal yang berlebihan untuk hubungan. Namun, yang namanya hubungan sampai kapan pun tetap harus dipupuk agar tetap kuat, bukan?

Jika pasanganmu termasuk yang cuek dan sepertinya sudah malas melakukan usaha lebih untuk menjaga hubungan, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Bolde, cara ini disebut bisa membuat pasangan kembali terlihat berusaha untuk kamu dan hubungan.

1. Jadwalkan dan rencanakan kencan bersama pasangan

instagram.com/katerina holmes

Pada hari tertentu setiap minggu, rencanakan untuk pergi ke suatu tempat yang menyenangkan. Kamu bisa menambahkan aturan tertentu, seperti harus pakai baju bagus layaknya sedang kencan pertama.

Bagimu, ini bisa menjadi alasan untuk memakai dress yang sudah lama dibeli, tetapi belum sempat dipakai. Bagi pasangan, ini bisa menjadi pengingat untuknya bahwa dia kadang tetap harus berpenampilan spesial untuk membuatmu terkesan.

Sudah berhubungan lama bukan berarti kamu dan pasangan tidak harus saling mengesankan satu sama lain, ya.

2. Kembalikan hubungan menjadi prioritas utamamu dan pasangan

pexels.com/ankit-patel

Saat sudah berhubungan cukup lama, kepentingan hubungan kadang sudah tidak lagi menjadi prioritas utama. Bahkan, saat kamu atau pasangan benar-benar stres tentang sesuatu, tanpa sadar yang terkena dampak adalah orang yang selalu mendampingi dan hubungan yang sedang dijalani.

Tidak memprioritaskan hubungan mungkin tidak ada korelasinya dengan perasaanmu dan pasangan, tetapi lebih ke kesibukan kalian berdua. Untuk itu, kamu dan pasangan harus berusaha untuk mengembalikan hubungan menjadi prioritas utama bagi kalian.

3. Bicara secara terbuka dengan pasangan

Pexels/Cody Portraits

Tidak ada masalah yang tidak bisa dibicarakan, jika kamu dan pasangan memang ingin hubungan menjadi lebih baik. Termasuk untuk urusan pasangan yang sudah terlalu cuek dan terlihat seperti tidak berusaha untuk menjaga hubungan.

Beritahukan padanya perasaanmu yang sebenarnya. Kamu merasa dia sudah terlalu sibuk dengan urusannya dan kurang memperhatikanmu, serta kamu yang ingin dia terlihat lebih berusaha lagi untuk hubungan ini.

Setelah berbicara dan mencapai kesepakatan baru, jangan lupa untuk melakukan rutinitas yang baru dan menyegarkan, yang bisa mengingatkan betapa pentingnya meluangkan waktu untuk orang yang dicintai.

4. Coba roleplaying

Pexels/Jep Gambardella

Seperti yang sudah disebutkan di atas, usaha pasangan bisa menghilang karena waktu bersama yang agak monoton. Penting untuk selalu menjaga hubungan tetap hidup. Salah satu caranya adalah dengan berpura-pura menjadi orang lain.

Satu hal yang perlu diingat, roleplay tidak hanya dilakukan di kamar tidur. Kamu dan pasangan bisa merencanakan untuk bertemu di bar dengan identitas berbeda, lalu lakukan pertemuan itu seperti kencan pertama. Cara ini bisa membangkitkan percikan antara kamu dan pasangan yang sudah lama terpendam.

5. Jangan lupa puji pasangan

pexels.com/vera-arsic

Jika dia berhenti berusaha terlihat “tampan” di depanmu, pujian sederhana mungkin mengingatkannya bahwa kamu sangat mengapresiasi penampilannya.

Kalimat sederhana seperti, “Aku suka kalau kamu pakai kemeja itu” atau "Aku suka wangi parfum kamu yang ini" mungkin menjadi motivasi yang dia butuhkan untuk tetap menjaga penampilannya. Pujian tulus darimu bukan tidak mungkin membangkitkan semangat untuk kembali menampilkan yang terbaik dari dirinya.

6. Olahraga bersama

Pexels/Andrea Piacquadio

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan berolahraga bersama pasangan. Namun, yang paling utama adalah kamu jadi memiliki waktu untuk menghabiskan waktu bersama pasangan. Sambil berolahraga, kamu dan pasangan bisa sambil bercerita dan bertukar pikiran.

Lalu, berolahraga juga akan meningkatkan semangat kalian berdua. Ini juga menjadi cara yang sehat untuk menghilangkan stres jika pasangan sedang memiliki banyak masalah. Berolahraga, khususnya di udara terbuka, benar-benar dapat mengubah seluruh pola pikirnya.

7. Ubah dirimu menjadi lebih percaya diri

freepik.com/ v.ivash

Kamu memang tidak seharusnya mengubah diri demi siapa pun, termasuk pasangan. Namun, jika perubahan ini bisa membuat dirimu lebih percaya diri—artinya bisa memberikan keuntungan untukmu, maka lakukanlah. Mungkin perubahan adalah sesuatu yang akan menguntungkan kamu dan pasangan. 

Potong rambut dengan gaya rambut baru, ganti gaya berpakaian, serta pergi keluar dan manjakan bisa membuat kepercayaan dirimu lebih baik dari sebelumnya. Pasangan tidak hanya akan memperhatikan perubahan ini, tetapi mungkin juga akan akan tergoda untuk melakukan hal yang sama.

8. Jangan terlalu sering mengirimkan chat pada pasangan

Freepik.com/Rawpixel

Jika selalu ada untuk pasangan—dengan secara rutin mengirimkan chat kepadanya, dia jadi terbiasa dan tidak menganggapnya sebagai hal yang istimewa. Jadi, daripada membombardirnya dengan chat tentang setiap detail harimu, cobalah untuk diam sebentar. Pancing pasangan agar dia mengirimi chat lebih dulu dan menanyakan kabarmu.

Namun, yang perlu diingat Ini bukanlah permainan siapa yang lebih dulu mengirim chat. Ini adalah cara untuk mengingatkannya kalau dia juga perlu berusaha keras dalam hubungan dan berkomunikasi denganmu terlebih dahulu.

9. Ingatkan pasangan konsekuensi yang akan terjadi

pexels.com/gustavo-fring

Jika sikap cuek pasangan sudah berlangsung lama, hubungan mungkin sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Ini karena seseorang tidak akan sepenuhnya berubah dalam semalam. Beritahukan hal ini pada pasangan dan ajak dirinya untuk bekerja sama untuk mempertahankan hubungan yang kalian jalani.

Jika kamu sudah bicara dan melakukan berbagai macam cara, tetapi tidak ada yang berhasil, maka terima saja bahwa hubungan itu mungkin sudah berakhir. Ingat, kamu layak bersama seseorang yang tahu bahwa hubungan membutuhkan usaha dan kerja keras untuk mempertahankannya.

Tidak ada salahnya memiliki pasangan yang cuek, asalkan dia tetap berusaha untuk menjaga hubungan kalian berdua tetap baik. Seperti kamu juga yang harus berusaha sebelum memutuskan untuk menyerah. Semangat ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating