Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Waktu Tiap Pasangan Mengucapkan 'I Love You', Ini Kata Survei

Tidak ada waktu yang pasti untuk mengatakannya

Anatasia Anjani

Kamu pernah penasaran nggak, sih, kapan tiap pasangan mengatakan I love you? Nah, ada sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2016 yang mengungkapkan waktu tiap orang mengatakan I love you kepada pasangannya.

Survei itu dilakukan kepada 2000 responden perempuan dan laki-laki di Inggris yang sedang menjalin hubungan. Dari hasil survei tersebut ditemukan, waktu untuk mengatakan I love you cukup beragam.

Pakar hubungan dan mediator perceraian, Toni Coleman, mengatakan tidak ada yang pasti saat mengungkapkan I love you.

“Waktu yang tepat untuk mengatakan itu tidak ada karena saat itu kamu dan dia sama-sama dalam keadaan yang baik atau menikmati momen indah bersama. Ini akan menjadi waktu yang tepat kalian merasakan sesuatu yang istimewa untuk satu sama lain,” ujar Toni kepada Bustle.

Ia juga menekankan bahwa hubungan tiap pasangan unik, dan hanya karena kamu dan dia baru berkencan, serta belum mengucapkan I love you, bukan berarti kamu harus panik dan melihatnya sebagai tanda bahaya. Sebaiknya, kamu harus berpikir bagaimana caranya mengetahui agar hubungan yang dijalin dapat berkembang dan mengetahui apa yang diinginkan.

Disimpulkan dari penelitian itu, ada 6 waktu yang sering digunakan tiap pasangan untuk mengatakan I love you, ini jawabannya.

1. Mengatakannya di awal menjalin hubungan

Pexels/ Loc Dang

Biasanya tiap pasangan mengucapkan I love you saat mereka baru berkencan selama 5 bulan atau tepatnya 144 hari. Tapi jangan khawatir, kalau dia belum mengatakan I love you kepadamu, bukan berarti tidak menyayangimu.

“Cinta tiap orang memiliki makna yang berbeda, ada yang mudah mengatakan I love you, ada yang mengatakannya pada saat tertentu,” ujar pakar hubungan, Chloe Ballatore.

Chloe menerangkan, hal penting adalah bagaimana perasaanmu terhadap pasanganmu dan sebaliknya karena tiap orang memiliki kesiapannya tersendiri.

2. Saat mengumumkannya di media sosial

Pexels/ Yuri Catalano

Orang-orang yang berkencan cenderung mengatakan I love you saat mereka go public di media sosial. Biasanya hal itu terjadi saat telah berkencan selama 157 hari.

Survei itu tidak menjelaskan media sosial apa yang biasa digunakan tiap pasangan untuk mengatakan I love you. Faktanya menurut penelitian Pew Research Center tahun 2019, sebanyak 48 persen pengguna membagikan status hubungan mereka kepada publik di media sosial.

Saat ini banyak pengguna yang go public status hubungan di Instagram dan biasanya unggahannya adalah foto tangan yang bergandengan.

3. Ciuman pertama

Pexels.com/Olya Kobruseva

Sebanyak 31 persen responden menjawab bentuk I love you juga diungkapkan melalui ciuman. Para responden yang menjawab itu biasanya mereka akan langsung menjawab seseorang yang baru, tetapi 34 persen lainnya mengatakan perlu satu hingga dua minggu sebelum berpegangan tangan.

Jadi ciuman pertama bisa jadi bentuk komunikasi non verbal, sedangkan berpegangan tangan dinilai lebih intim. Berpegangan tangan memiliki banyak efek psikologis termasuk kemampuan untuk membantu meringankan rasa sakit.

4. Berhubungan seks pertama kali

muscleandfitness.com

Dalam love language, seks termasuk bagian dari physical touch dalam berkencan. Menurut survei Match, 27 persen pengguna menunggu antara satu atau dua minggu untuk berhubungan seks, namun 23 persen lainnya menjawab sekitar satu bulan. Jadi, waktu berhubungan seks tiap pasangan terjadi sesuai preferensi masing-masing.

Selain itu, 50 persen lainnya menunggu sedikit lebih lama, dari penelitian itu disimpulkan bahwa waktu melakukan seks beragam.

“Beberapa orang ingin menunggu untuk mengenal satu sama lain, sehingga seks bisa menjadi pilihan akhir,” ujar pakar hubungan dan keintiman, Michele Fabrega.

Michele juga menjelaskan penting bagi tiap pasangan untuk berbagi pemikiran dan keinginan mereka seputar seksualitas jika belum siap untuk melakukan seks. Ini memberikan informasi penting terkait kecocokan secara seksual.

“Jadi lakukanlah seks ketika kamu siap dan nyaman melakukannya,” kata Michele.

5. Telah berkencan selama 6 bulan

Freepik.com

Mereka yang berkencan akan mudah mengatakan I love you setelah 6 bulan menjalin hubungan. Survei itu juga mencatat ketidaksempurnaan dalam muncul sekitar 173 hari dan pertengkaran pertama cenderung terjadi saat 170 hari, bersamaan dengan pertemuan orangtua.

6. Mencapai waktu yang lama dalam sebuah hubungan

Pexels/ Vanessa Garcia

Setelah 6 bulan berkencan, biasanya hal besar lainnya akan terjadi seperti liburan bersama, dan segala sesuatu lainnya dimulai sekitar dua tahun.

Mereka yang telah mencintai satu sama lain selama waktu lama rata-rata akan bertunangan setelah 743 hari, menikah setahun kemudian (tepatnya 1.190 hari), dan memiliki bayi saat 1.422 hari. Ikatan itu juga merupakan bentuk lain dari mengucapkan I love you.

Tapi perlu diingat, ya, setiap orang memiliki waktu yang berbeda dan jika cara dia menunjukkan cinta kepadamu di waktu yang lain (di luar penelitian), kamu jangan panik.

Secara keseluruhan, survei itu bertujuan untuk mengungkapkan timeline rata-rata tiap pasangan, namun tidak harus dijadikan patokan. Dari mengetahui kapan harus mengatakan I love you hingga hal lainnya, setiap pasangan memiliki waktu dan kisah yang unik.

Jadi, sebisa mungkin sering-seringlah mengatakan I love you kepada pasanganmu, ya, Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Dating