Cemburu itu adalah perasaan normal yang bisa dirasakan oleh semua orang, baik perempuan maupun laki-laki. Namun, memang terkadang perempuanlah yang dianggap  lebih sering dan mudah merasa cemburu. Padahal, laki-laki juga sering, lho. Hanya saja banyak dari mereka yang pandai menyembunyikannya.

Meski begitu, ternyata ada beberapa tanda yang bisa kamu kenali ketika laki-laki sedang merasa cemburu. Penasaran seperti apa? Berikut 7 tanda laki-laki cemburu tapi gengsi mengatakannya!

1. Mengajukan lebih banyak pertanyaan dari biasanya

7 Tanda Jika Laki-laki Cemburu Tapi Gengsi Mengatakannyabustle.com

Tanda pertama yang bisa kamu kenali adalah ia jadi lebih banyak bertanya. Bahkan, di beberapa kasus, kamu bisa seolah-olah merasa seperti sedang diinterogasi oleh FBI, Bela. Dia ingin tahu setiap detail yang kamu kerjakan, seperti perihal dengan siapa kamu menghabiskan hari, di mana tempat kamu pergi makan siang sampai mungkin bagaimana perasaan kamu tentang rekan kerjamu.

Jadi, coba cek lagi, deh, apakah dia tiba-tiba lebih tertarik sama hidup kamu, atau justru dia merasa cemburu tentang sesuatu? Karena ketika perilaku seseorang berubah begitu drastis, rasanya sulit untuk tidak memikirkan apa yang terjadi dalam pikiran mereka.

2. Menjadi mudah marah

7 Tanda Jika Laki-laki Cemburu Tapi Gengsi MengatakannyaPexels.com/Rodnae Productions

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perhatian dari orang lain, salah satunya dengan marah-marah tanpa alasan. Perilaku inilah yang dilakukan laki-laki ketika sedang cemburu, tapi tidak bisa mengatakannya karena gengsi. Dia menginginkan perhatian kamu dan ingin kamu lebih peduli padanya. 

Bahkan perilakunya ini bisa terlihat mirip dengan sikap anak kecil yang marah pada ibunya karena tidak diberikan mainan yang ia inginkan. Alih-alih mengungkapkan perasaannya padamu, dia memilih untuk menunjukkannya dengan marah dan terkadang pasif agresif tentang berbagai hal. 

3. Mencoba mengabaikanmu dan bersikap sok cuek

7 Tanda Jika Laki-laki Cemburu Tapi Gengsi Mengatakannyahttps://www.pexels.com/@shvets-production

Siapa bilang hanya perempuan yang bisa ngambek dan melakukan silent treatment? Laki-laki juga bisa, lho. Ketika cemburu, dia bisa berpura-pura sibuk dan mengabaikanmu. Padahal, kamu tahu dengan pasti apa kegiatan dan rutinitasnya. Perilaku ini cukup aneh karena bukan seperti biasanya dia berperilaku. 

Selain itu, ia berubah menjadi dingin dan jauh, padahal biasanya bertingkah konyol dan menyenangkan. Ini bisa menjadi tanda bahwa dia cemburu dan mengabaikan kamu akan membantu mencegah luka emosionalnya menyebar.

4. Berubah menjadi sedikit “pamer”

7 Tanda Jika Laki-laki Cemburu Tapi Gengsi Mengatakannyahttps://www.pexels.com/@julia-m-cameron

Perasaan cemburu secara emosional memungkinkan laki-laki merasa berada dalam sebuah kompetisi. Maka dari itu, terkadang ia merasa perlu pamer untuk bisa memenangkannya. 

Ia bisa memamerkan berbagai hal, mulai dari kemampuan atletisnya, sisi akademisnya, atau mungkin keahlian dalam bidang seninya. Ia bertindak seperti ini karena merasa terancam oleh kekuatan eksternal dan jika tidak bisa membuatmu terkesan, maka dia akan lebih cemburu di kemudian hari.

5. Mulai lama membalas pesan darimu

7 Tanda Jika Laki-laki Cemburu Tapi Gengsi MengatakannyaPexels.com/Vlada Karpovich

Ketika laki-laki mulai bersikap slow response dalam membalas pesan darimu tanpa ada alasan yang jelas, maka itu bisa jadi satu tanda kalau ia sedang cemburu, Bela. Ia mungkin tidak mau secara terang-terangan mengatakannya padamu dan mood-nya juga sedang tidak baik, sehingga mengalihkannya dengan mengabaikan pesan darimu. 

6. Timbul sikap posesif

7 Tanda Jika Laki-laki Cemburu Tapi Gengsi MengatakannyaPexels.com/Olegmagni

Saat berada dalam keadaan terancam biasanya sikap posesif bisa saja muncul. Ketika ia merasa ada seseorang yang berpotensi mengganggu hubungan kalian, ia bisa berubah menjadi sangat protektif dan mengekang, entah itu dilakukan secara sadar atau tidak.

Biasanya ini terjadi kalau kadar cemburunya sudah terlalu besar dan ia tidak tahu bagaimana mengungkapkannya padamu. Ia menjadi begitu menempel padamu dan menghubungimu setiap saat.

7. Berubah menjadi dramatis

7 Tanda Jika Laki-laki Cemburu Tapi Gengsi Mengatakannyaqueerty.com

Sekali lagi, Bela, ini semua untuk sebuah perhatian. Ketika ia merasa takut kehilanganmu, bukan tidak mungkin kalau ia berubah menjadi drama king. Masalah kecil yang seharusnya cepat diatasi, bisa diperbesar olehnya sampai membuatmu merasa ingin marah. Tindakan atau perilakunya jelas memberi tahu kamu bahwa dia tidak senang dengan sesuatu dan bahwa dia kesal.

Bagaimana, Bela, sekarang sudah tahu kan bagaimana tanda laki-laki cemburu tapi gengsi mengatakannya? Kalau pasanganmu pernah seperti di atas, bisa jadi dia cemburu, tuh. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Dikenal Pencemburu Berat, Sulit Kendalikan Perasaan Nih!

Baca Juga: 11 Tips Mengurangi Rasa Cemburu Berlebihan dalam Hubungan

Baca Juga: 5 Sikap yang Wajib Dihindari Saat Pasangan Marah