Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dari Budaya hingga Jumlah Penduduk, Ini Fakta Kalimantan Timur

Kotanya sepadat Jakarta nggak ya?

Rara Peni Asih

Akhirnya sedikit lega nih setelah menerka di mana Ibu Kota Negara (IKN) baru akan dipilih. Ya, Kalimantan Timur terpilih jadi IKN nih, Bela. Walau belum tahu tepatnya di mana, tetapi yang jelas IKN yang dipilih punya luas 200-300 ribu Ha. Nah kira-kira kamu bisa nebak nggak nih, Bela kota mana yang akan jadi IKN? Di Kecamatan Samboja atau Kukar Kartanegara ya?

Daripada masih menebak-nebak, berikut nih fakta seputar Kalimantan Timur.

Lahirnya Kalimantan Timur

Wilayah Kalimantan Timur baru bergabung ke dalam Negara Republik Indonesia secara resmi pada 10 April 1950. Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas ketiga setelah Papua dan Kalimantan Tengah, dibagi menjadi 7 (tujuh) kabupaten, 3 (tiga) Kota, 107 kecamatan dan 1.032 desa/kelurahan. Banyak kan?

Budaya Kalimantan Timur

Pixabay.com/pandu_rizki

Kalau Padang punya rumah gadang, Kalimantan Timur punya rumah adat suku Dayak Kenyah bernama rumah Lamin. Rumah panggung setinggi 3 meter yang bisa dihuni oleh 25 sampai 30 kepala keluarga ini punya ciri khas hiasan kepala naga di ujung atap rumahnya. Kepala naga sendiri bermakna sebagai keagungan dan kepahlawanan.

Selain rumah, ada juga tari tradisional khas Kalimantan Timur, yakni tari gong, tari perang, tari hudug dan belian. 

Suku Kalimantan Timur

Pixabay.com/darwisalwan

Sukunya pun nggak hanya dayak saja lho. Ternyata suku Kutai juga memegang peranan penting di Kalimantan Timur. Seiring berjalannya waktu, suku di Kalimantan Timur mulai beragam, suku bangsa terbesar di Kalimantan Timur yaitu Suku Jawa, Suku Bugis dan Suku Banjar, Dayak, dan Kutai. Diversity is Beautiful banget kan?

Daftar Kabupaten dan Kota di Kalimantan Timur

Pixabay.com/darwisalwan
  1. Kabupaten Berau - Luasnya 21.240,00 km² 
  2. Kabupaten Kutai Barat - Luasnya 20.381,59 km² 
  3. Kabupaten Kutai Kartanegara - Luasnya 23.601,91 km² 
  4. Kabupaten Kutai Timur - Luasnya 35.747,50 km² 
  5. Kabupaten Mahakam Ulu - Luasnya 15.315,00 km² 
  6. Kabupaten Paser - Luasnya 7.730,88 km² 
  7. Kabupaten Penajam Paser Utara - Luasnya 3.333,06 km² 
  8. Kota Balikpapan - Luasnya 527,00 km² 
  9. Kota Bontang - Luasnya 406,70 km² 
  10. Kota Samarinda - Luasnya 783,00 km² 

Peta Kalimantan Timur

Kalimantan Timur atau Kaltim, punya lahan yang totalnya seluas 129.066,64 km² dan populasi sekitar 3,6 juta jiwa. Di antara lainnya, ternyata Kaltim termasuk wilayah yang tidak pada penduduknya, Bela. Wajar saja ya kalau Kaltim dipilih sebagai IKN Indonesia menggantikan Jakarta?

Setelah hapal dengan peta Jakarta, kamu wajib tahu nih peta Kalimantan Timur di bawah ini. Terlihat kan di mana saja letak kota Kaltim?

Kabupaten Kutai Kartanegara, Kecamatan Samboja kandidat Ibu Kota Negara Indonesia?

Wikimedia Common

Banyak yang berspekulasi kalau berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Samboja memiliki luas daerah sebesar 1.045,9 kilometer persegi dan mempunyai penduduk sebanyak 670.458 jiwa.  Selain itu ada pula produk-produk pertanian lain seperti kelapa sawit, karet, dan kelapa.

Setelah mengetahui budaya hingga jumlah penduduk, dan fakta seputar Kalimantan Timur, kamu niat ikut pindah domisili juga nggak nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel