Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Masjid Megah di Indonesia yang Kerap Jadi Wisata Religi

Masjid megah di Indonesia yang wajib dikunjungi

Nindi Widya Wati

Indonesia terbilang sebagai negara yang penduduknya beragama Islam, maka tak heran kalau persebaran masjidnya cenderung banyak. Beberapa masjid yang dibangun untuk menampung beberapa ratus jemaah, namun ada pula masjid yang dibangun sangat megah hingga bisa menampung puluhan ribu jemaah. 

Berdirinya sederet masjid megah di Tanah Air, dilengkapi dengan bentuk bangunan yang unik atau bahkan karena desain yang menyerupai masjid di Timur Tengah. Oleh sebab itu, banyak orang saat berkunjung ke masjid tersebut untuk ibadah sekaligus wisata religi. Penasaran? Kira-kira di mana saja letak masjid termegah di Indonesia? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela.

1. Masjid Istiqlal Jakarta

Instagram.com / dhahnial

Saat membahas masjid megah di Indonesia, maka akan banyak orang menyebutkan nama Masjid Istiqlal. Masjid ini memiliki lima lantai dengan arsitektur masjid mewakili banyak simbol yang berkaitan dengan Islam dan kemerdekaan Indonesia. Seperti, penentuan kubah masjid berdiameter 45 meter yang melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia yakni 1945. 

Selain itu, Masjid Istiqlal ditopang 12 tiang yang sesuai dengan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW yaitu 12 Rabiul Awal 1961. Serta, lima lantai di Masjid Istiqlal yang melambangkan lima rukun Islam, jumlah salat wajib dalam sehari, dan jumlah sila dalam Pancasila. Masjid yang memiliki menara setinggi 6.666 sentimeter ini berada di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

2. Masjid Agung Tuban

Instagram.com / visiteastjava

Tuban yang terkenal terkenal sebagai Bumi Wali, kiranya turut memiliki masjid terbesar di Indonesia. Makin menarik, kalau melihat arsitektur Masjid Agung Tuban mirip dengan bangunan Masjid Imam di Kota Isfahan, Irak. 

Selain itu, masjid yang berada di dekat komplek makam Sunan Bonang ini juga memiliki sederet lampu dengan permainan warna cantik pada malam hari. Maka tak heran, kalau banyak orang menyebut Masjid Agung Tuban terlihat seperti memancarkan panorama 1001 malam. Masjid ini berada tepat di Jalan Bonang, Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

3. Masjid Al-Irsyad Bandung

Dok. Istimewa

Terbilang sebagai bangunan masjid yang unik, karena Masjid Al-Irsyad didesain berbentuk kubus besar berwarna abu-abu dan tanpa kubah. Keempat dinding kubus tersebut dibuat dengan banyak lubang, dan ternyata kisi-kisi lubang ini berbentuk dua kalimat syahadat dalam huruf Arab. 

Melihat teknik peletakan batu tersebut, membentuk kaligrafi raksasa yang justru menjadi ciri khas tersendiri. Masjid yang didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ini bisa menampung sekitar 1.500 jemaah. Masjid Al-Irsyad berlokasi di Jalan Parahyangan KM. 2,7, Kota Baru Parahyangan, Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

4. Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Makassar

Dok. Istimewa

Pemilihan angka 99 Asmaul Husna sebagai nama dari salah satu masjid terbesar di Indonesia ini, berdasarkan pada jumlah nama-nama baik Allah SWT. Sesuai namanya, kubah masjid ini pun ternyata berjumlah 99 buah dengan 99 kubah kecil dan satu kubah besar. Tak hanya indah karena kubahnya, namun masjid yang berada di kawasan Pantai Losari, Makassar ini juga sangat berkesan karena desain bangunannya. 

5. Masjid Raya Sumatra Barat

Dok. Istimewa

Kalau ini, terbilang sebagai masjid yang sangat mempresentasikan bangunan khas Sumatra Barat dengan atap menjulang seperti Rumah Gadang. Penampakan atap tersebut, mirip dengan peristiwa peletakan kain di Hajar Aswad yang tiap ujungnya dipegang oleh empat orang. 

Bangunan masjid ini, dilengkapi ukiran khas Minang serta kaligrafi di dinding luar yang menarik. Berkat desain yang unik inilah, membuat masjid besar ini mendapat penghargaan internasional Abdullatif Al Fozan Award 2021. Kalau ingin berkunjung, Masjid Raya Sumatra Barat ada di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

6. Masjid Agung Surabaya

Dok. Istimewa

Jika berkunjung ke Surabaya, maka sempatkan untuk ke Masjid Agung yang menjadi masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal. Luas bangunannya mencapai 11,2 hektare dan dapat menampung hingga 30 ribu jemaah.

Bagian ikonik dari masjid ini ialah lima kubah yang merepresentasikan lima rukun Islam, melansir Masjid Al-Akbar Surabaya. Masjid megah ini pun, dilengkapi sebuah menara setinggi 99 meter yang berarti 99 nama baik Allah SWT atau asmaul husna. Lokasi Masjid Agung di Jalan Masjid Al-AkbarTimur Nomor 1, Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya.

7. Masjid Agung Jawa Tengah

Dok. Istimewa

Bagi masyarakat Jawa Tengah, memiliki Masjid Agung kiranya kerap mengingatkan mereka seperti berada di Masjid Nabawi, Madinah. Bukan tanpa alasan, apalagi kalau melihat masjid ini memiliki enam payung besar yang bisa terbuka mirip kanopi dan tampak megah karena gerbang besarnya.

Banyak yang menyebut, kalau desain masjid ini konon terisnpirasi dari gaya bangunan Arab, Eropa, dan Jawa. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga menjadi ikon wisata Kota Semarang yang terletak di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

8. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Instagram.com / zulkifli_ijull

Inilah tempat ibadah yang menjadi bangunan bersejarah bagi masyarakat Aceh, lantaran Masjid Raya Baiturrahman Sebab merupakan saksi tsunami Aceh pada 26 Desember 2004. Apalagi, kalau melihat ketika diterjang tsunami, bangunan utama masjid ini tetap berdiri kokoh. Meski demikian, pemerintah melakukan pembaharuan pada 2015 agar masjid ini jadi makin megah.

Marmer putih dipilih jadi bagian depan Masjid Raya Baiturrahman, dilengkapi 12 payung raksasa yang terletak 6 buah di tiap sisi selatan dan utara. Karena inilah yang membuat masjid ini mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid yang berlokasi di Jalan Moh. Jam Nomorb1, Kp. Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh ini pun dihiasi kolam dengan air mancur di tengahnya.

Itulah, beberapa masjid termegah di Indonesia yang kiranya tak hanya menjadi tempat ibadah, namun juga kerap jadi pilihan wisata religi. Bagaimana menurutmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel