Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Fakta Sungai Aare di Swiss, Airnya Biru Kehijauan Sebening Kristal

Tempat hilangnya anak Ridwan Kamil

Natasha Cecilia Anandita

Sungai Aare ramai diperbincangkan usai anak laki-laki Ridwan Kamil, Emmeril Khan, dinyatakan hilang di sungai tersebut. Aare sendiri yang juga dieja Aar, dalam bahasa Jerman Aare memiliki arti mendengarkan.

bern.com

Sungai Aare merupakan anak sungai Rhine dan sungai terpanjang seluruhnya di Swiss. Panjangnya 295 km dan mengaliri area seluas 17.779 km persegi. Sungai ini bermuara di Gletser Aare di Pegunungan Alpen Bernese di Kanton Bern, di bawah Finsteraarhorn dan barat Grimsel Pass, di bagian selatan-tengah Swiss.

Jadi primadona wisata alam, sungai Aare dikenal dengan air biru kehijauannya yang sebening kristal. Tak hanya itu, sungai Aare juga menjadi salah satu sungai favorit. Berikut ada 11 fakta sungai Aare di Bern, Swiss dilansir dari Bern.

1. Sungai terpanjang

bern.com

Dengan panjang 288 kilometer, Aare adalah sungai terpanjang yang mengalir sepenuhnya di Swiss. Sepanjang rutenya, sungai ini bertemu dengan banyak desa dan kota, dan berkelok-kelok melalui berbagai lanskap yang mengesankan.

Sungai Aare bermuara di gletser Aar Bawah dan Atas di Bernese Oberland, kemudian melintasi tiga kanton Bern, Solothurn dan Aargau serta empat danau (Danau Brienz, Thun, Wohlen dan Biel). Rutenya ke utara berakhir di Koblenz, di mana ia memasuki sungai Rhine.

2. Punya 17 jembatan

bern.com

17 jembatan membentang di sungai Aare di kota Bern, ini tidak termasuk jembatan kereta api dan jalan raya. Yang tertua, dan juga salah satu jembatan tertua di Swiss, adalah jembatan batu Untertorbrücke (jembatan Untertor), yang menghubungkan distrik Matte dengan Altenberg, yang pembangunannya selesai pada 1487.

Versi pertama dari Untertorbrücke terbuat dari kayu dan melintasi Aare dari 1256 dan seterusnya, sebelum hanyut dalam banjir. Sampai jembatan tingkat tinggi pertama dibangun pada abad ke-19, Untertorbrücke adalah satu-satunya rute pejalan kaki dan kendaraan yang melintasi sungai Aare ke kota Bern.

3. Suhu sungai Aare pecahkan rekor sendiri

bern.com

Pada tahun 2018, sungai Aare memecahkan rekornya sendiri. Pada tanggal 4 Agustus, suhu air naik di atas rekor sebelumnya 23,5 °C dan mencapai level tertinggi sejak 1970. Sebelumnya, suhu Aare tetap hangat paling lama pada tahun 2016, pada 20°C tepatnya pada 14 September.

Sebaliknya, pada tahun 2007, suhu air tidak pernah naik di atas 18,63 °C, yang membuat sungai tersebut sangat menyegarkan untuk berenang. Suhu sungai mencapai titik terendah pada bulan Februari, dengan rata-rata 5,35 °C.

Suhu air sungai Aare sendiri dipengaruhi oleh suhu udara, laju pelepasan, intensitas sinar matahari, dan angin di atas Danau Thun, yang tergantung pada intensitas dan arahnya, yang menyebabkan sirkulasi air. Pengukuran dilakukan oleh BAFU (Federal Office for the Environment) di jembatan Schönausteg antara Marzili dan Eichholz. Sungai Aare juga memiliki aplikasi sendiri untuk mencari suhunya, yang bernama aare.guru.

4. Cetak rekor dunia arung jeram

bern.com

Sungai Aare juga pernah mencatat rekor dunia untuk arung jeram sungai Aare pada tahun 2012. Kala itu, total 1.268 orang secara bersamaan mengarungi sungai Aare dengan perahu karet, dari Kiesen ke Eichholz. Seluruh operasi diprakarsai oleh portal rekreasi online Gonnado, dan jumlah total peserta melebihi rekor tahun sebelumnya yaitu 54 orang.

5. Lokasi event Zibeleschwümme

bern.com

Kamu pasti tidak pernah atau jarang mendengar event satu ini. Sejak 1986, SLRG (Swiss Lifesaving Society) telah menyelenggarakan “Zibeleschwümme” atau Renang Bawang tradisional pada hari Minggu keempat di bulan November, tak lama sebelum “Zibelemärit” (Pasar Bawang) tradisional.

Sekitar 100 perenang berpakaian warna-warni berani ambil bagian, dengan suhu air di sungai Aare yang sedingin es mencapai maksimum 6 °C. Setelah berenang, para peserta yang pemberani itu menghangatkan diri dengan karnaval "musik Guggen", teh panas, dan sup. Rute dimulai di Schönausteg dan mencakup total 350 meter.

6. Miliki “Klub Gfrörli”

bern.com

Tahukah kamu, sungai Aare punya pecinta sejati yang tak dapat hidup tanpa berenang di sungai Aare, bahkan pada suhu yang sangat dingin. Para pecinta sungai Aare ini berkumpul pada sebuah komunitas yang disebut "Klub Gfrörli". Mereka bertemu dua kali seminggu dari November hingga April untuk berenang musim dingin di sungai di Altenbergsteg.

Para perenang pemberani ini tidak bisa menjauh dari Aare, bahkan ketika suhu air turun menjadi antara 3 dan 10 °C. Untuk menghangatkan diri, mereka akan mengambil secangkir teh panas. “Klub Gfrörlis”, sangat menyukai efek stimulasi dan perasaan bahagia yang mereka rasakan setelah berenang dengan es.

7. Warisan budaya tak benda Swiss

bern.com

Sejak 2017, berenang di sungai Aare telah masuk dalam daftar tradisi hidup di UNESCO dan karenanya merupakan bagian dari warisan budaya tak benda Swiss. Kantor Kebudayaan Federal Swiss memutuskan kegiatan mana yang diklasifikasikan sebagai "tradisi hidup". Daftar tersebut mencerminkan keragaman budaya Swiss dan telah secara aktif dipertahankan dan diperluas sejak 2012.

8. “Hari Anjing” Bernese

bern.com

Di Eropa, hari-hari musim panas biasanya disebut sebagai "Hundstage" atau hari anjing. Di Bern ini diambil secara harfiah. Karena bukan hanya orang yang menyejukkan diri di air sungai Aare yang menyegarkan, tetapi teman setia mereka yang berkaki empat ini sering terlihat berenang di sana. Kamu akan melihat anjing dengan jaket pelampung, anjing dengan papan selancar, dan anjing yang digendong di sungai Aare.

9. Kualitas air yang luar biasa

bern.com

Jika kamu secara tidak sengaja menelan air saat berenang di sungai Aare, kamu tidak perlu khawatir. Aare memiliki kualitas air yang sangat baik. Hal ini telah dikonfirmasi oleh sampel air, yang menempatkan sungai Aare dalam kategori “kualitas sangat baik” UE pada tahun 2016.

Tenggorokan yang haus juga dapat memanfaatkan lebih dari 100 sumur di Kota Tua Bern, yang merupakan sumber air minum segar. Dan yang pasti warna air sungai Aare juga tak kalah menarik yang menyuguhkan pemandangan segar berwarna biru kehijauan sebening kristal.

10. Ikan Terkenal di Pemandian Sungai Lorraine

bern.com

Di sungai Aare juga banyak ikan, dan ikan-ikan ini dapat ditemukan berkeliaran di pemandian sungai Lorraine. Mereka memasuki kolam dari Aare melalui pintu air. Ada ikan tenggeran, ikan tombak dan ikan mas.

Tapi jangan khawatir, ikannya tidak menggigit dan lebih suka menjauhi perenang. Jika kamu ingin melihat ikan tombak berburu, kamu bisa melihat ikan predator ini di belakang kolam pada pagi atau sore hari.

Fakta lainnya, bahkan ikan lele juga berkeliaran di Aare. Pada musim panas 2017, seekor lele raksasa seberat 1,95 meter dengan berat 50 kilogram ditangkap dari sungai. Itu dilepaskan kembali ke air dan mungkin masih ditemukan di sungai Aare.

11. Aare Loop, Mengambang dalam Lingkaran

bern.com

Jika kamu sudah tahu dan hafal rute antara Eichholz dan Marzili, nah, kamu bisa mencoba sesuatu yang baru satu ini. Setelah melewati pemandian sungai Lorraine, Aare mengalir ke Felsenau dan membuat lingkaran di sekitar semenanjung Bremgarten.

Kamu bisa mencoba untuk ke area tersebut, baik berenang atau mengambang di atas rakit. Pantai pasir kecil di Restaurant Zehndermätteli menawarkan tempat yang sempurna untuk memasuki sungai Aare. Setelah perjalanan 20 menit (durasi tergantung pada ketinggian air dan arus), kamu akan mencapai terowongan pejalan kaki sepanjang 200 meter.

bern.com

Itulah 11 fakta sungai Aare di Swiss yang menjadi salah satu primadona wisata alam Swiss.

IDN Media Channels

Latest from Travel