Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Destinasi Musim Dingin Terbaik di Asia yang Siap Kamu Jelajahi

Mau liburan berselimutkan salju?

Nabila Damaan

Benua terbesar di dunia, Asia adalah rumah bagi beragam budaya dan destinasi wisata yang menakjubkan. Berbicara tentang Asia, beberapa orang akan langsung berpikir tentang pantai-pantai tropis yang jernih, pegunungan, hingga hutan hujan yang lebat. Namun, beberapa tempat di Asia juga memiliki tujuan ideal untuk liburan musim dingin, lho.

Di mana saja destinasi musim dingin terbaik di Asia? Simak artikel yang dilansir dari tripzilla di bawah ini, yuk!

1. Sapporo – Jepang

nymag.com

Pilihan pertama jatuh di Sapporo, Jepang. Sapporo memang dikenal dengan resor ski dan festival salju tahunan. Dinobatkan sebagai salah satu tempat terindah di Jepang saat liburan musim dingin, kota di Prefektur Hokkaido ini menawarkan berbagai aktivitas musim dingin yang menarik.

Mulai dari bermain ski dan seluncur salju, hingga menikmati pemandian tradisional Jepang di Jozankei Onsen. Sapporo juga merupakan tempat pembuatan bir dan bir tertua di Jepang: Sapporo Beer. Kamu bisa berkunjung ke Museum Bir dan Taman Bir Sapporo untuk mengisi aktivitas lainnya.

2. Harbin – Tiongkok

wherewouldyougo.com

Selanjutnya, kita berpindah ke Negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Tempat yang mendapat julukan “Kota Es” di Tiongkok ini terletak di kota Harbin. Tempat ini terkenal secara internasional karena Festival Es dan Salju Harbin tahunannya, Bela.

Dalam festival ini, kamu bisa melihat pahatan es raksasa yang mengesankan dan bertabur lampu warna-warni. Selain itu, terkenal karena pengaruh Eropanya, kota ini membanggakan arsitektur bersejarah Rusia yang terlihat sangat memesona, bahkan ketika diselimuti salju selama bulan-bulan dalam cuaca dingin.

Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan di Harbin selain berselancar salju adalah naik kereta luncur anjing dan memancing di sepanjang Danau Chagan.

3. Gangwon Do – Korea Selatan

koreatravelpost.com

Bagi kamu pencinta K-drama, mengunjungi Gangwon Do, Korea Selatan adalah sebuah keharusan jika kamu melakukan perjalanan liburan di Negeri Gingseng ini. Karena di Gangwon Do terdapat beragam lokasi syuting dan pengambilan gambar populer untuk idola K-pop dan K-drama terkenal.

Gangwon Do, Korea Selatan juga merupakan destinasi musim dingin terbaik di Asia.  Provinsi pesisir yang bergunung-gunung ini menampilkan beberapa pemandangan paling menakjubkan yang terlihat seperti di negeri dongeng.

Berbagai aktivitas luar ruangan yang bisa dilakukan adalah melakukan petualangan antara jalur bersalju di Hutan Birch Wondae-ri, menjelajahi pulau sungai berbentuk bulan sabit di Pulau Nami, atau mendaki puncak Taman Nasional Seoraksan yang tertutup salju.

4. Sa Pa – Vietnam

e.vnexpress.net

Berada di kawasan Asia Tenggara, Vietnam bukan hanya menarik wisatawan karena pantainya yang indah dan sawah yang hijau, negara ini juga dapat memanjakan wisatawan dengan negeri ajaib musim dingin, lho. 

Nah, untuk merasakan salju di Vietnam, kamu bisa pergi ke Sa Pa yang terletak di bagian barat laut negara tersebut. Di sini, musim dingin biasanya berlangsung dari bulan November hingga April, dengan bulan Januari menjadi bulan terdingin sepanjang tahun.

Beberapa hal terbaik yang dapat dilakukan di kota ini termasuk mendaki Gunung Fansipan, menjelajahi Cat Cat Village, dan mengagumi pemandangan spektakuler di Gerbang Surga.

5. Burabay National Park – Kazakhstan

sxodim.com

Melipir sedikit jauh ke Kazakhstan, kebanyakan orang pasti akan langsung merekomendasikan Burabay National Park sebagai destinasi musim dingin terbaik di negara Kazakhstan.

Dijuluki sebagai “Swiss”-nya Kazakhstan, Burabay (juga disebut Borovoe) memiliki cagar alam dan taman nasional yang paling menakjubkan dan mudah diakses di negara ini. 

Kamu wajib banget nih, mengunjungi Burabay National Park. Destinasi musim dingin di Asia ini diselimuti oleh danau, hutan luas, perbukitan, dan formasi batuan yang megah. Di sini, jalur hiking di hutan, bermain ski, dan naik kereta luncur salju yang ditarik oleh husky hanyalah beberapa aktivitas menarik yang menarik wisatawan ke musim dingin Burabay.

6. Gulmarg – Kashmir

hindustantimes.com

Kashmir merupakan wilayah yang secara geografis sangat strategis terletak di Asia Selatan tepatnya di utara sub-benua India. Negara ini juga memiliki destinasi musim dingin terbaik. Berada di kota wisata Gulmarg, kota ini telah lama dipuji sebagai negeri ajaib musim dingin terbaik di negara itu. 

Pada bulan Desember, Gulmarg perlahan-lahan tertutup salju putih halus, menjadikannya semakin indah bagi wisatawan yang berkunjung untuk liburan. Kota resor bersalju ini adalah rumah bagi gondola yang mengangkut wisatawan setinggi 14.000 kaki, dengan memamerkan pemandangan pegunungan Himalaya yang menakjubkan. 

Setelah menghabiskan hari menikmati aktivitas musim dingin yang mengasyikkan, kunjungi spa dan resort nya untuk perawatan pijat relaksasi, serta jangan lupa untuk mencicipi makanan tradisional, seperti Kashmiri Pulao, Rajma, dan Aloo Dum.

7. Kalinchowk – Nepal

hikeontreks.com

Nepal memang menjadi tempat bagi wisatawan yang ingin menaklukan Gunung Everest. Namun, negara ini juga menjadi salah satu destinasi paling populer yang bisa dikunjungi ketika musim dingin. 

Sebut saja Kalinchowk, hotspot musim dingin dan stasiun perbukitan di Provinsi Dolakha. Tempat di mana kamu bisa menikmati aktivitas bersantai seperti berjalan-jalan hingga berziarah. 

Kawasan ini cukup populer di kalangan trekker dan pendaki. Beberapa tempat wisata populernya lainnya yang bisa kamu kunjungi antara lain Kuil Kalinchowk Bhagawati dan Desa Kuri, rumah bagi sekelompok rumah batu tradisional berwarna-warni. Selain itu, dengan pemandangannya yang menawan, Kalinchowk juga menjadi destinasi yang bagus untuk fotografi lanskap.

8. Taipei – Taiwan

expedia.co.id

Taipei biasanya memiliki iklim hangat sepanjang tahun dengan musim dingin yang sejuk. Berbeda dengan destinasi musim dingin lainnya di Asia yang bertabur salju, cuaca di sini dari bulan November hingga Februari lebih nyaman dan menyejukan. 

Selain itu, tempat ini juga menjadi tujuan yang bagus untuk merayakan Tahun Baru Imlek: perayaan terbesar dan terpenting di negara ini. Festival ikonik lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah festival lenteranya, seperti Festival Lentera Taiwan dan Festival Lentera Pingxi. Keduanya menampilkan lusinan lentera berwarna-warni dalam berbagai bentuk dan ukuran.

9. Taman Nasional Yangmingshan – Taiwan

beanintransit.com

Masih di negara Taiwan. Jika sebelumnya tidak bertabur salju, berkunjunglah ke Taman Nasional Yangmingshan untuk menikmati tempat hiking terbaik di negeri ini. Taman Nasional Yangmingshan menyuguhkan berbagai keajaiban alam. 

Mulai dari sumber air panas, jalan setapak yang panjang, hingga tempat melihat bunga sakura. Daerah pegunungan ini menawarkan musim dingin yang penuh petualangan di Asia. Tempat ini sama indahnya dengan atau tanpa selimut salju.

Selain hiking, kamu juga bisa merasakan sensasi berkemah musim dingin di Kawasan Rekreasi Jingshan. Kawasan ini dilengkapi dengan berbagai kabin penginapan, jalan setapak, dan sumber air panas untuk wisatawan alam terbuka.

Pemandangan dari kawasan ini pun cukup menakjubkan. Jika beruntung kamu melihat  melihat sekilas puncak paling menakjubkan di Taiwan, yakni pegunungan Qixing, Datun, dan Shamai.

10. Yamagata – Jepang

tripzilla.com

Selain Sapporo yang dikenal dengan resort ski, Jepang juga memiliki Yagatama, nih, Bela. Terletak di wilayah Tohoku di Jepang Utara, Yamagata terkenal dengan pohon cemara yang tertutup salju, lereng ski, dan pemandian atau onsen tradisional Jepang.

Destinasi musim dingin utama ini juga dikelilingi oleh puncak bersalju dan hutan. Selama bulan-bulan yang lebih dingin, kamu dapat melihat “monster salju” - sebuah fenomena alami musim dingin di puncak Gunung Zao, tepat di luar Kota Yamagata.

Itulah 10 destinasi musim dingin terbaik di Asia yang siap kamu jelajahi. Dari ke-10 tempat di atas mana nih yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu?

IDN Media Channels

Latest from Travel