Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Hal Unik di Korea Selatan yang Banyak Orang Tidak Tahu 

Kamu akan tercengang dengan keunikannya, Bela!

Mariana Politton

Bisa dibilang, dunia sudah tidak asing lagi dengan negeri Korea Selatan yang eksistensinya semakin menanjak di skala internasional. Berawal dari popularitas industri hiburan hingga akhirnya berlanjut ke ranah dunia pariwisata dan kemajuan ekonomi serta teknologi.

Akan tetapi, sadarkah kamu? Ada beberapa hal terkait keunikan Korea Selatan yang tidak semua orang ketahui. Berikut adalah 8 hal unik di Korea Selatan yang orang banyak tidak tahu! Dipastikan kamu akan terkesima dan semakin jatuh cinta pada Korea Selatan.

1. SWAB Test COVID-19 di pinggir jalan

kompas.com

Sebagaimana dunia masih menghadapi krisis pandemi COVID-19, tidakkah kamu penasaran dengan protokol kesehatan yang dijalankan di Korea Selatan? Sesuai anjuran WHO, SWAB test menjadi salah satu upaya mencegah dan meminimalisir penyebaran.

Namun, siapa yang menyangka bahwa implementasi SWAB test di Korea Selatan nyatanya turut dilakukan di pinggir jalan. Yup, spesifiknya, Pemerintah Korea Selatan menyediakan stan SWAB test COVID-19 yang tersebar di jalan-jalan untuk mengantisipasi antrian.

2. Mesin penjual ramen otomatis

aaronandclaire.com

Mengintip kehidupan orang-orang di Korea Selatan melalui layar kaca 'drama Korea,' kamu pasti tidak asing lagi dengan kesukaan mereka terhadap ramen, bukan? Namun, apakah kamu tahu bahwa kesukaan tersebut nyatanya turut diperhatikan lewat fasilitas yang unik.

Tepatnya adalah fasilitas mesin penjual ramen otomatis yang dapat kamu temukan di area-area umum Korea Selatan. Hal ini sengaja disediakan untuk mengantisipasi penduduk yang dapat sewaktu-waktu merasa kelaparan kapan saja.

3. Susunan makanan ringan bak pelangi

lonelyplanet.com

Masih berbicara seputar makanan kesukaan orang-orang Korea Selatan, camilan tentu menjadi salah satu yang tidak asing lagi di mata dunia. Yup, melalui ragam judul drama Korea, kamu telah melihat beragam penampakan makanan ringan yang menggoda.

Nah, sama halnya di kebanyakan negara lainnya, makanan ringan tentu disediakan di toko-toko seperti mini market. Khusus mini market di Korea Selatan, makanan ringan tersebut ternyata disusun mengikuti warna pelangi untuk mengundang mata pengunjung.

4. 'Perpustakaan mini' di kereta api

inet.detik.com

Beragam judul drama Korea Selatan memberi sedikit gambaran mengenai kehidupan orang-orang Korea yang cenderung fokus pada pencapaian. Hal ini membuat para orang-orang Korea gemar berkompetisi dalam memberikan yang terbaik di bidang pendidikan.

Tahukah kamu? Hal tersebut nyatanya turut tercermin dari kebiasaan orang Korea yang gemar membaca. Sampai-sampai, 'perpustakaan mini' dapat ditemukan di transportasi umum, seperti kereta api. Sehingga para penumpang dapat membaca buku pilihannya.

5. Bangku pinggir jalan dengan fitur USB

reddit.com

Semua orang tentu gemar berpergian ke berbagai tempat untuk kepentingan tertentu maupun sekadar rekreasi. Namun, sama halnya di kebanyakan negara lainnya, masalah yang seringkali ditemukan di Korea Selatan adalah mendapati daya smartphone habis ketika terlalu lama berpergian. Familiar?

Namun, orang-orang Korea Selatan nyatanya tidak perlu kebingungan hingga kesulitan menemukan tempat pengisi daya. Pasalnya, bangku-bangku pinggir jalan di Ibukota Seoul menggunakan energi tenaga surya yang dilengkapi fitur USB dan pengisi daya. 

6. 'Lampu lalu lintas' di permukaan tanah

koreabizwire.com

Kondisi lalu lintas sudah seharusnya menjadi salah satu pusat perhatian pemerintah untuk mengawasi segala bentuk mobilitas penduduk serta mengantisipasi kemungkinan insiden. Hal tersebut tentunya turut dilakukan oleh Pemerintah Korea Selatan.

Bahkan, tahukah kamu? Pemerintah Korea Selatan menambahkan satu bentuk upaya yang cukup unik, yaitu dengan menyediakan lampu lalu lintas di permukaan tanah atau jalan agar warga yang sedang bermain ponsel bisa berhenti saat melihat lampu merah menyala.

7. Ruang karaoke perorangan

ajudaily.com

Sebagian besar penduduk dunia mencari hiburan dengan cara menikmati tontonan drama Korea. Namun, bagaimana dengan orang-orang di Korea Selatan? Selain melakukan hal serupa, orang-orang Korea sangat gemar menghibur diri dengan kegiatan karaoke.

Eits, kegiatan karaoke yang dilakukan tidak hanya dilakukan dengan cara berkumpul. Dengan ketersediaan ruang karaoke perorangan, warga Korea  Selatan dapat menghabiskan waktu dengan menyanyi seorang diri. Jadi, nggak perlu takut fals, deh!

8. Di mana-mana ada wi-fi

korea.net

Perkembangan teknologi di zaman modern sekarang ini sudah semakin terlihat dengan jelas. Siapapun dapat merasakan cukup dengan memiliki satu buah gadget dan koneksi internet. Yup, tanpa koneksi internet, siapapun tidak akan merasakan manfaatnya.

Beruntungnya, Korea Selatan nyatanya menyediakan konektivitas internet atau WiFi di sebagian besar tempat-tempat umum di Ibukota Seoul. Sehingga para penduduk akan tetap terhubung ketika mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya secara gratis.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu deh, beberapa keunikan di Korea Selatan yang tidak banyak orang ketahui. Apakah ini membuatmu ingin pergi ke Korea Selatan, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel