Demam Korea alias Hallyu, alias Korean Wave, sepertinya akan terus mendapat perhatian. Beberapa destinasi pariwisata internasional yang mulai dibuka pasca pandemi membuat kita ingin segera mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang sudah kita buat di bucket lists akibat menonton rekomendasi drama korea dan menyaksikan K-pop.

Tentu, dengan begitu tingginya tren drama Korea dan K-pop, membuat Korea masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Supaya liburanmu nggak mainstream, saat ke Korea nanti, kunjungi juga pantai-pantai mereka. Sebab, Negeri Ginseng itu memiliki pantai yang tak kalah indah.

Apa saja pantai terbaik di Korea Selatan yang patut kamu kunjungi? Berikut daftarnya.

1. Pantai Surfyy

Destinasi Wisata Anti-Mainstream, 10 Pantai Terbaik di Korea SelatanWalkintokorea.com

Pantai Surfyy yang letaknya agak tersembunyi di dekat Pantai Hajodae, Yangyang, Korea Selatan ini belum banyak diketahui oleh wisatawan asing, Bela. Itulah sebabnya, mengapa pantai ini terlihat lebih sepi dibandingkan pantai lainnya bahkan saat di musim panas.

Sesuai dengan namanya, di Pantai Surfyy kamu bisa belajar berselancar (surfing) karena ombaknya yang tidak terlalu tinggi untuk pemula. Tapi, jika kamu ingin berenang, tenang saja. Area surfing dan berenang terpisah. Sehingga, kamu bisa melakukan kegiatan tanpa terganggu.

2. Pantai Jangho

Destinasi Wisata Anti-Mainstream, 10 Pantai Terbaik di Korea SelatanOnedaykorea.com

Terletak di Samcheok, Provinsi Gangwon, Pantai Jangho sangat cocok kamu kunjungi jika kamu pencinta olahraga snorkeling. Pantai yang dijuluki Naples of Korea ini memiliki air yang sangat jernih, sehingga sangat menyenangkan untuk menyelam dan menikmati dasar lautnya yang dipenuhi terumbu karang cantik.

Bahkan, jika kamu tidak ingin menyelam, kamu bisa menyewa sampan dan menikmati pemandangan bawah laut dari atasnya. Meski nggak menyelam, karena airnya begitu jernih, kamu bisa menikmatinya dengan sangat leluasa.

3. Pantai Sokcho

Destinasi Wisata Anti-Mainstream, 10 Pantai Terbaik di Korea SelatanVisitkorea.or.kr

Mungkin nama Sokcho tidak asing bagi pencinta drama Korea. Sebab, di sinilah, Dokter Chae Song Hwa di drama Korea Hospital Playlist pindah untuk sementara waktu.

Menurut Popbela, keputusan Song Hwa untuk pindah ke Sokcho adalah hal yang tepat karena pantainya sangat indah. Pantai Sokcho berlokasi di Provinsi Gangwon-do. Di sini, kamu bukan hanya dapat menikmati pantai dengan laut yang jernih, tapi juga menikmati pemandangan Gunung Seoraksan yang memanjakan mata.

4. Pantai Jeongdongjin

Destinasi Wisata Anti-Mainstream, 10 Pantai Terbaik di Korea SelatanVisitkorea.or.kr

Pantai Jeongdongjin terletak di Provinsi Gangneung ini terkenal karena hotel yang terbuat dari kapal dan berada di puncak bukitnya. Terlepas dari hotel tersebut, Pantai Jeongdongjin punya pemandangan indah dan sangat menakjubkan.

Di sini, kamu bisa menyusuri bibir pantai sepanjang 2,8 km menggunakan sepeda. Tak perlu khawatir dengan track-nya, sebab pemerintah setempat telah membuatkan jalur sepeda dan pejalan kaki di sepanjang pesisir Pantai Jeongdongjin.

5. Pantai Cheongsihaeng dan Pantai Yeongjin

Destinasi Wisata Anti-Mainstream, 10 Pantai Terbaik di Korea SelatanTrazy.com

Pantai Cheongsihaeng dan Pantai Yeongjin cukup terkenal di Korea karena sering digunakan sebagai lokasi syuting. Serial drama Goblin dan video klip "You Never Walk Alone" milik BTS menggunakan pantai ini sebagai latar lokasinya.

Saat berkunjung ke Korea nanti, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Cheongsihaeng dan Pantai Yeongjin, serta berfoto di pinggir pantai dengan batu-batu yang ikonik ini, ya!

6. Pantai Daechon

Destinasi Wisata Anti-Mainstream, 10 Pantai Terbaik di Korea Selatanlivingnomads.com

Jika kamu menyukai pantai yang ramai, kamu bisa mengunjungi Pantai Daecheon yang merupakan pantai terbesar di Korea bagian barat. Suasana pantai menjadi lebih meriah di bulan Juli tiap tahunnya.

Pada musim panas atau di bulan Juli tersebut, Pantai Daecheon mengadakan festival tahunan yang bertajuk Festival Lumpur Boryeong (Boryeong Mud Festival). Di acara ini, banyak kegiatan menarik yang sayang jika kamu lewatkan.

7. Pantai Haeundae

Destinasi Wisata Anti-Mainstream, 10 Pantai Terbaik di Korea Selatantripadvisor.co.id

Sering dianggap sebagai pantai paling terkenal di Korea, Pantai Haeundae menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya. Pantainya membentang sejauh 1,5 km dan teluk yang dangkal mengundang semua orang untuk berenang di air yang berwarna zamrud ini.

Pantai pasir putih ini juga terkenal dengan kemeriahan yang tercipta dari berbagai acara dan festival yang terjadi di pantai sepanjang tahun. Jadi, kapan pun kamu pergi ke Korea, jangan lupa untuk mampir ke sini, ya!

8. Pantai Gwangalli

Destinasi Wisata Anti-Mainstream, 10 Pantai Terbaik di Korea SelatanKoreattrack.com

Selain Pantai Haeundae, Pantai Gwangalli adalah pantai populer lainnya di daerah Busan. Pantai Gwangalli adalah pantai yang sangat baik untuk dikunjungi baik pada siang maupun malam hari. Sebab, di dua waktu tersebut, kamu dapat menikmati keindahannya di siang hari dan menyaksikan cahaya bulan, serta lampu-lampu cantik di malam hari.

Oh ya, jangan lupa untuk berkunjung ke Jembatan Gwanandaegyo jika kamu ke sana di malam hari. Sebab, di bawah langit yang gelap, Jembatan Gwanandaegyo memancarkan lampu yang sangat cantik dan sayang jika kamu melewatkan untuk menikmatinya.

9. Pantai Songjeong

Destinasi Wisata Anti-Mainstream, 10 Pantai Terbaik di Korea SelatanKoreattrack.com

Meskipun kurang dikenal daripada Pantai Haeundae atau Gwangalli, Pantai Songjeong dengan cepat mendapatkan popularitas di kalangan penduduk lokal dan turis. Pantai Songjeong sangat disukai oleh para peselancar karena ombak yang konstan dan pasir halus Songjeong menghadirkan pengalaman berselancar yang menyenangkan.

Jika menurut kamu cuaca pantai terlalu panas, kamu bisa memilih hutan bambu dekat pantai yang lebih sejuk karena dipayungi banyak pohon rindang. Di sini, kamu bisa bersantai sambil mengisi ulang energi sebelum lanjut bermain air.

10. Pantai Woljeongri

Destinasi Wisata Anti-Mainstream, 10 Pantai Terbaik di Korea SelatanKoreattrack.com

Pantai Woljeongri adalah pantai yang terkenal akan ketenangannya. Pasir putih dan air biru jernih menciptakan pemandangan tenang yang dapat menghilangkan stres. Kedalaman air yang dangkal juga membuat pantai ini menjadi tujuan yang sempurna untuk kamu yang datang bersama anak-anak.

Itulah tadi deretan pantai terbaik di Korea Selatan. Ingin berkunjung ke mana dulu, nih, Bela?

Baca Juga: 10 Wisata Pantai Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berpasir Hijau

Baca Juga: 10 Wisata Desa a la 'Hometown Cha Cha Cha' di Korea Selatan

Baca Juga: 15 Keunikan Korea Selatan yang Jarang Kita Ketahui