Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bisa Dikunjungi, Ini 9 Lokasi Syuting Film Harry Potter yang Memukau

Potterhead wajib tahu 9 tempat ini!

Firly Fenti

Untuk kamu penggemar Harry Potter, mungkin Hogwarts adalah salah satu tempat yang paling ingin kamu kunjungi. Namun, sedihnya, keinginan itu tidak akan pernah terwujud lantaran sekolah sihir terbaik tersebut hanyalah fiktif belaka. Meskipun Hogwart tak nyata, kamu tetap bisa mengunjungi lokasi syuting film Harry Potter lainnya yang nyata, lho. Lokasi syuting film fiksi karya J.K Rowling ini banyak menggunakan tempat-tempat keren yang bisa kamu kunjungi dan dijadikan sebagai obat pelepas rindu dengan dunia sihir a la Harry Potter.  

Nah, kalau suatu saat nanti kamu ada kesempatan untuk berkunjung ke Inggris dan sekitarnya, jangan lupa untuk mengunjungi lokasi syuting tersebut, ya. Spesial untuk kamu pecinta dunia sihir, ini dia 9 pilihan tempat syuting film Harry Potter yang bisa kamu jadikan destinasi untuk mengenang kisah Harry Potter dan kawan-kawannya.

1. Malham Cove

Pinterest.com/Onestepwanderer

Terletak di North Yorkshire, Inggris, kamu bisa mengunjungi salah satu tempat syuting film Harry Potter and the Deathly Hallows. Tempat yang dipenuhi dengan bebatuan kapur setinggi 80 meter ini menjadi latar tempat ketika Harry, yang ditemani oleh Hermione, mencari Horcrux. Bentuk bebatuan yang unik yang ada di situs alam ini terbentuk secara natural akibat pengikisan, lho. Cantik banget, ya, tempatnya!

2. Gloucester Cathedral

Pinterest.com/9gag

Pasti kamu nggak asing kan sama foto di atas? Ya, betul sekali, gereja yang usianya lebih dari 1000 tahun ini digunakan sebagai latar tempat sekolah Hogwarts, lho. Nggak hanya lorong gereja yang dijadikan sebagai lorong-lorong sekolah Hogwarts, beberapa bagian dari gereja ini juga digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar untuk beberapa ruangan di sekolah Hogwarts, misalnya ruang asrama Gryffindor. Kamu bisa kapan saja berkunjung ke gereja yang terletak di Gloucester ini, karena gereja ini dibuka setiap hari.

3. Alnwick Castle

Pinterest.com/Onestepwanderer

Kastil yang sampai sekarang masih ditinggali oleh kerajaan Inggris ini menjadi latar tempat ketika Harry mempelajari Quidditch untuk pertama kalinya. Di kastil yang berdiri sejak abad ke-11 ini pula mobil terbang keluarga Wesley mendarat. Kalau kamu berkunjung ke kastil yang terletak di Northumberland tersebut saat musim panas, maka kamu bisa mencoba untuk mengikuti pelatihan sapu terbang seperti yang dipelajari oleh Harry dan teman-temannya saat di tingkat pertama. Seru, ya!

4. Leadenhall Market

Pinterest.com/Atlasobscura

Ingat dengan Diagon Alley? Ya, tempat Harry membeli segala kebutuhannya sebelum masuk ke sekolah sihirnya tersebut terletak di Leadenhall Market yang merupakan pusat perbelanjaan tertua di London. Pasar tempat Harry membeli tongkat sihir, buku pelajaran sekolah, serta seragam sekolah ini emang benar-benar artistik banget, Bela. Kalau kamu belum punya kesempatan ke sini, kamu bisa menyaksikan film Harry Potter yang pertama untuk menikmati keindahan tempat ini.

5. Loch Shiel

Pinterest.com/Roadaffair

Loch Shiel merupakan danau yang dijadikan danau fiksi dengan nama Black Lake di film Harry Potter and The Goblet of Fire. Di danau yang berlokasi di Glenfinnan, Skotlandia tersebut, menjadi tempat pertarungan kedua dari Turnamen Triwizard. Danau ini juga terletak berdekatan dengan Glenfinnan Viaduct.

6. Glenfinnan Viaduct

Pinterest.com/Firebirdstours

Nah, ini dia Glenfinnan Viaduct. Kamu pasti masih ingat adegan Roy dan Harry di film Harry Potter and The Chamber of Secret yang mengejar kereta dengan menggunakan mobil terbang, kan? Ya, kereta tujuan Hogwarts yang mereka kejar tersebut berada di sini. Glenfinnan Viaduct sendiri sebetulnya merupakan jalur kereta yang berada di atas jembatan tinggi. Keindahan dari tempat ini terletak di gaya bangunannya yang bergaya Victoria. Sampai saat ini, jalur kereta ini masih digunakan, lho. Oleh karena itu, kalau kamu sedang ada di Skotlandia, jangan lupa mampir, ya!

7. Duke's Humfey's Library

Pinterest.com/Vinshrajpaul.com

Untuk kutu buku, melihat perpustakaan Hogwarts mungkin bisa bikin hati jadi benar-benar ingin berkunjung ke sana. Gimana nggak, Koleksi buku yang banyak dan tempat yang luas membuat orang menjadi penasaran ingin mencoba sensasi membaca di perpustakaan tersebut. Kabar baiknya, perpustakaan ini ternyata nyata. Nah, untuk menikmati sensasi membaca seperti di Hogwarts, kamu bisa berkunjung ke Duke Humfrey’s Library yang ada di Oxford, Inggris. Sama seperti rak terlarang yang ada di Hogwarts, ruang baca tertua di Perpustakaan Bodleian Universitas Oxford juga merantai beberapa rak bukunya dengan tujuan untuk menjaga koleksi buku agar tidak dicuri.

8. Platform 9 3/4 King's Cross Station

Pinterest.com/Newyorkhabitat

Kalau yang ini, pasti sudah nggak asing lagi, ya. Stasiun yang memiliki peron 9 ¾ ini merupakan tempat Harry bermobilisasi menuju ke sekolah Hogwarts. Peron 9.3/4 di satsiun ini lah yang menjadi perantara Harry untuk masuk dari dunia nyata ke dunia sihir Hogwarts. Nah, di dunia nyata, stasiun King's Cross ini benar-benar luas dan bergaya klasik. 

9. De Vere House

Pinterest.com/Rightmoveuk

Ya, kamu yang masih ingat dengan film Harry Potter and The Deathly Hallows Part 2, maka akan teringat juga kalau rumah cantik ini merupakan rumah keluarga Harry yang sekaligus menjadi tempat meninggalnya orangtua Harry, lantaran diserang oleh Voldermort dan Nagini. Di kehidupan nyata, rumah yang terletak di pedesaan Lavenham ini sangat cantik, Bela. Dekorasi dengan dominasi warna cokelat tersebutlah yang membuat De Vere House menjadi cantik.

Bagaimana? sudah siap menyusun rencana perjalananmu, mungkin di tahun depan?

IDN Media Channels

Latest from Travel