Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Alasan yang Bikin Kamu Suka Mabuk Perjalanan

Demi liburan yang menyenangkan

Erfah Nanda

Saat liburan tiba adalah hal yang paling mengasyikan, tapi ada saja yang bikin hancur suasana hatimu. Salah satunya saat di dalam perjalanan, apalagi kalau jalanan yang kamu lalui itu macet, atau jalananya tidak baik sehingga membuat kendaraan yang kamu gunakan jadi lebih berguncang. Kamu pasti akan merasa tiba-tiba pusing, dan mual. Benar kan, Bela?

Hal itu biasa disebut dengan motion sickness atau mabuk perjalanan yang bisa dirasakan saat perjalanan darat, laut, atau udara sekalipun. Memangnya kenapa sih kok kamu bisa merasakan motion sickness? Sudah tahu belum alasannya? Yuk mari disimak!

1. Hilangnya keseimbangan tubuh

unsplash.com

Adanya gangguan di bagian telinga dalam, kamu perah merasa nggak saat matamu melihat ke arah jendela kendaraan, dan memikirkan bahwa kamu sedang bergerak. Padahal, kamu sedang diam, yang bergerak hanyalah kendaraanmu. Pemikiran ini salah satu pemicu motion sickness, lho. Jadi, antara indera penlihatan dan pendengaran sedang tidak sinkron.

2. Melihat handphone

unsplash.com

Nah, hal satu ini suka disepelein nih. Melihat handphone atau membaca buku saat perjalanan menambah rasa pusing kamu. Lebih baik kamu mengobrol dengan teman, atau melihat pemandangan.

3. Memakan terlalu banyak

unsplash.com

Sebelum berangkat, justru kamu perlu mengisi perutmu. Berangkat dalam keadaan perut kosong sangat nggak baik, tetapi kamu nggak perlu makan berlebihan sebelum liburan. Hal ini karena, menimbulkan rasa mual saat kamu harus terus berguncang selama perjalanan.

4. Jalanan

unsplash.com

Menyebalkan bukan saat melewati jalanan yang rusak, atau berlika-liku? Atau juga saat gelombang air yang begitu besar? Ternyata, ini menjadi salah satu alasan kamu merasa motion sickness. Pilih lah jalanan yang tidak terlalu membuat kendaraanmu berguncang ya.

5. Keadaan tubuh

unsplash.com

Pastikan saat memulai liburan, keadaan tubuhmu dalam keadaan sehat! Perjalanan yang jauh tentu sangat membutuhkan banyak stamina. Jadi, lakukan perjalanan saat kamu merasa sehat dan cukup stamina ya, Bela.

Persiapan yang matang untuk liburan ke destinasi favorit harus berjalan lancar bukan? Tentu menyebalkan saat kamu merasa motion sickness, kamu bisa lakukan hal-hal di atas demi mewujudkan liburan yang kamu impikan!

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Travel