Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Destinasi Wisata Ini Dinobatkan Jadi Bali Baru yang Indah Banget

Kira-kira kamu mau pergi kemana nih?

Emillia Wardhani

Bali terkenal dengan keindahannya yang memiliki banyak lokasi wisata menarik dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Menurut Badan Pusat Statistik, hampir empat juta wisatawan mengunjungi pulau Bali dalam delapan bulan pertama pada tahun 2018.

Perkembangan pesat di Bali mendorong pemerintah untuk membentuk beberapa daerah di Indonesia dengan sistem pariwisata seperti di Bali, akhirnya apa yang terjadi jika Indonesia memiliki lebih dari satu Bali? Maka dari itu Presiden Joko Widodo membuat strategi pertumbuhan “10 Bali Baru” yang bertujuan untuk meniru dampak ekonomi pariwisata di Bali secara nasional.

Kementerian Pariwisata juga sudah mencantumkan beberapa daerah di Indonesia yang ditetapkan menjadi 10 Bali Baru untuk ditingkatkan mulai dari kualitas bandaranya sampai pembangunan fasilitas baru lainnya yang bisa kamu kunjungi lho! 

Apa saja kira-kira? Simak 10 destinasi wisata yang dinobatkan jadi Bali Baru yang wajib banget kamu kunjungi.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Klook.com

Salah satu yang dijadikan 10 Bali Baru adalah Danau Toba yang terletak di pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara. Luasnya 1.1145 kilometer persegi menjadikannya sebagai danau terluas Asia Tenggara bahkan lebih besar dibanding Singapura. Danau Toba bisa terbentuk sebab letusan gunung berapi yang mengakibatkan kawah yang lama kelamaan dipenuhi air kemudian menjadi danau.

Kalau kamu sudah pernah ke Danau toba, kamu akan menemukan Pulau Samosir yang menjadi jantung dan kampung halaman dari Suku Batak. Pada bulan April hingga Agustus, kemungkinan kamu akan mendapatkan momen yang menyenangkan yaitu kemeriahan ritual upacara tradisional Suku Batak.

Jangan khawatir, penginapan di Danau Toba juga beragam, mulai dari penginapan biasa, resor, bahkan hotel dengan pemandangan yang memesona.

2. Tanjung Lesung, Banten

Tanjunglesung.com

Salah satu kawasan yang populer di Provinsi Banten yaitu Tanjung Lesung. Destinasi wisata ini seperti daratan yang berbentuk lesung menjorok ke laut dan memiliki sekitar 1.500 Ha. Kelebihan dari pantai ini adalah kamu bisa menikmati pemandangan indah seperti langit biru dengan lembutnya pasir putih yang bersih dan alami. Selain itu, ombaknya pun juga tidak terlalu besar melainkan bergerak dengan tenang.

Asal nama dari Tanjung Lesung adalah dari sebuah kampung yang bernama lesung dan diciptakan oleh Sri Poh Haci seorang gadis pemimpin dan sering bermain di kampung Lesung. Kamu bisa kunjungi kawasan parawisata ini sebagai tempat untuk acara resmi, family gathering, pelatihan, wedding photoshoot, sampai wahana outbond. Hayo siapa yang akan menjadikan Tanjung Lesung sebagai list weekend kamu?

3. Kepulauan Seribu, Jakarta

Exploreseribupulauindonesia.com

Keindahan lainnya berasal dari Jakarta Utara, yaitu Kepulauan Seribu yang memiliki 110, 128 pulau  bahkan dari beberapa sumber mengatakan ada 342 pulau. Namun dari ratusan pulau, hanya ada 11 yang ditempati oleh masyarakat sebagai perkampungan. Kalau kamu ingin pergi ke sana, kamu hanya menyebrang dari pulau satu ke pulau satunya selama 1-2 jam dan bisa berangkat dari Pelabuhan Marina Ancol atau Dermaga Pantai.

Lebih uniknya, ada monas di Pulau Seribu. Monas di sini maksudnya didirikan bukan di daratan melainkan di bawah laut kedalaman kurang lebih 5 meter dan tinggi 2,5 meter bernama Coral Day yang ada di Pulau Pramuka. Wah unik sekali ya?

4. Pantai Tanjung Kelayang, Bangka Belitung

Romadecade.com

Kalau kamu pernah melihat pantai yang dikelilingi batu granit besar dan pasir putih indah itu adalah Pantai Tanjung Kelayang salah satu pantai terbaik di Bangka Belitung yang memiliki pemandangan menarik dan eksotis. Lokasi Pantai Tanjung Kelayang terletak di sisi utara Pulau Belitung, persisnya di Kecamatan Sijuk, sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan. Memiliki laut biru kehijauan dan gelombang ombak yang tenang membuat pantai ini menjadi lokasi shooting dari film Laskar Pelangi.

Kamu tidak hanya menikmati air dan langit biru di Belitung, melainkan bisa berjalan kaki dari ujung ke ujung bahkan bisa berenang sambil melihat ikan-ikan dari dekat. Jangan lupa untuk foto saat momen matahari tenggelam ya dengan latar belakang kapal nelayan tradisional, sebab bisa menjadikan liburan kamu sangat memukau dari hasil fotonya! Untuk menuju kesana, kamu pun tidak disulitkan karena bisa pakai kendaraan roda dua atau empat dari pusat Tanjung Pandang selama 30 menit.

5. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Viator.com

Candi terbesar di dunia dan menarik jutaan wisata setiap tahun adalah Candi Borobudur yang sudah berdiri sekitar tahun 750 Masehi dan dibangun oleh raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra.

Candi ini sempat terlantar karena letusan gunung merapi yang membuat penduduk pindah ke tempat yang lebih aman, dari beberapa sumber juga mengatakan tempat ini ditinggalkan setelah agama islam menyebar ke tanah jawa.

Kini Candi Borobudur menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Tengah karena banyaknya ukiran dinding dan stupa yang memiliki makna tersendiri. Kamu juga bisa foto di depan Candi Borobudur dengan gaya aesthetic akan membuat warna dalam feeds Instagram kamu menarik!

6. Gunung Bromo, Jawa Timur

Lonelyplanet.com

Gunung paling terkenal di Jawa Timur dan menjadi impian bagi masyarakat Indonesia yaitu Gunung Bromo. Memiliki ketinggian 2.392 meter dari atas permukaan laut dan berada dalam lingkup Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bromo dikenal sebagai gunung yang paling suci bagi suku Tengger.

Salah satu keindahan yang bisa dinikmati dari Gunung Bromo adalah matahari terbit yang bisa dilihat dari Puncak Pananjakan dan Bukit Teletubbies berupa padang rumput sabana dengan hamparan bunga yang indah. Lokasi bukit ini berada di Balik Gunung Bromo.

7. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Shutterstock.com

Salah satu kawasan pariwisata yang tersembunyi di Indonesia yaitu Mandalika yang merupakan bagian Provinisi Nusa Tenggara Barat. Memiliki pantai yang indah dan bukit yang hijau, membuat banyak wisatwan menarik untuk datang ke tempat ini untuk menemukan ketenangan. Fitur unggulannya adalah memiliki air yang jernih dan angin yang segar.

Berbicara mengenai Mandalika, menurut legenda nama Mandalika berasal dari seorang putri cantik berasal dari suku Sasak, sehingga banyak pria yang ingin menikahinya namun karena perempuan tersebut tidak ingin menyakiti hati para pria maka ia memutuskan untuk terjun ke laut dan muncul cacing laut di pantai.

Di Mandalika juga terdapat resor ataupun hotel untuk keperluan liburan keluarga, jalan-jalan bersama teman hingga bulan madu dengan pasangan.

8. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Indonesia.travel.com

Di Nusa Tenggara Timur juga terdapat kawasan pariwisata yang sering dikunjungi para wisataran mulai dari lokal hingga mancanegara yaitu Labuan Bajo yang merupakan ibu kota kabupaten Manggarai Barat dan terletak di ujung paling barat Pulau Flores. Faktanya adalah, penghuni di Labuan Bajo kebanyakan mencari nafkah di laut sebab banyak kapal layar dan perahu bermotor.

Selain menjadi tempat pencari nafkah, Labuan Bajo memiliki laut yang indah dan dikenal sebagai tempat liburan yang paling romantis, jadi tidak heran kalau banyak seorang pasangan yang datang untuk menikmati laut dan bukit yang memesona. 

9. Wakatobi, Sulawesi Utara

Islands.com

Berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, Wakatobi menjadi destinasi impian wisata bagi para pecinta laut. Memiliki luas wilayah 1.39 juta Ha, Wakatobi dikenal sebagai taman nasional dan mempunyai penggalan dari nama  4 pulau, yaitu Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. 

Keindahan dari pulau inilah menjadikan Wakatobi daerah tujuan wisata khususnya para penyelam. Eits, tapi jangan salah meskipun kamu tidak bisa berenang, kamu bisa mengunjungi suku Bajo yang mendirikan rumahnya di atas air, kemudian pergi ke Benteng Patua, melihat sunset di Kayangan Hill untuk menikmati awan dan ombak yang tenang, dan mengunjungi beberapa wisata kuliner di Wakatobi seperti ikan dan rumput laut.

10. Pulau Morotai, Maluku Utara

Ksmtour.com

Meskipun banyak yang belum mengenal nama Pulau Morotai tetapi sebenarnya pulau ini memiliki keindahan luar biasa. Pulau Morotai terletak di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara dan indahnya melebihi Raja Ampat yang berada di papua.

Pulau ini juga memiliki masyarakat yang menetap kok sekitar sampai 53.000 jiwa.Kamu bisa jadikan Pulau Morotai sebagai liburan next weekend kamu nih, karena kamu bisa snorkeling sampai menikmati indahnya air laut yang masih warna biru dan jernih. 

IDN Media Channels

Latest from Travel