Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tempat Hidden Gem di Bogor yang Belum Banyak Orang Tahu!

Ada destinasi wisata alam hingga cafe estetik!

Elni Novitasari

Bogor bukan hanya dikenal sebagai kota hujan, tapi kota kecil ini juga kaya akan destinasi wisata, mulai dari wisata alam hingga kuliner. Misalnya saja, kamu pasti sudah tahu Kebun Raya Bogor, kawasan perkebunan yang menyimpan berbagai jenis tumbuhan langka terbesar dan terlengkap di dunia. Tempat ini cocok dijadikan destinasi wisata edukasi untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Ada pula kawasan Puncak, kawasan yang sejuk yang dipenuhi dengan tempat-tempat penginapan dengan pemandangan alam yang asri. Nah, untuk melengkapi wawasan wisata Bogor, berikut Popbela rangkum 7 tempat hidden gem di Bogor yang masih sepi dan belum banyak orang tahu. Keep scrolling, Bela!

1. Edensor Cafe & Resto

edensorhills.com

Pertama, ada cafe cantik yang akan membuatmu merasa seperti ngopi di pedesaan Eropa. Edensor Cafe & Resto mengusung konsep European style untuk desain interiornya, vibes-nya klasik dan cantik. Ditambah lagi pemandangan hijau yang ada di area cafe ini, dijamin bikin betah!

Hidangan yang disajikan disini juga lengkap, nih. Mulai dari makanan Nusantara, Asia hingga Western. Untuk minumannya, tersedia kopi, teh hingga milkshake dan ada juga makanan ringan sebagai camilan. Edensor Cafe & Resto berlokasi di kawasan Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor yang cukup tersembunyi, namun masih satu kawasan dengan tempat penginapan Edensor Hills.

2. Gua Gudawang

Google Maps/Victoria Panjaitan

Tak hanya kaya akan wisata curug, Bogor juga kaya akan wisata gua, salah satunya gua yang satu ini. Gua Gudawang hanyalah salah satu dari sekian banyak gua di Bogor yang kurang dilirik wisatawan. Tentunya ini bisa menjadi pengalaman baru untuk kamu yang belum pernah mencoba menyusuri gua.

Gua Gudawang erat dengan mitos yang menyebut bahwa gua ini menjadi salah satu petilasan Raja Padjajaran Prabu Siliwangi. Berlokasi di Cigudeg, Kabupaten Bogor, gua ini memiliki belasan gua dengan nama dan keunikan masing-masing.

Namun, hanya ada 3 gua yang dibuka untuk umum, yakni Gua Simenteng, Gua Sipahang dan Gua Simasigit. Kamu akan menmukan batuan stalaktit dan stalagmit yang terbentu secara alami. Kamu juga akan ditemani oleh kelelawar dan udara lembap selama menyusuri gua. Bagi kamu yang tertarik berkunjung ke gua ini, harap perhatikan beberapa hal seperti menggunakan sepatu yang tahan air, tidak licin dan membawa senter pribadi.

3. Desa Jongkon

desajongkon.id

Desa Jongkon merupakan kawasan wisata kuliner berupa cafe yang luas dan estetik. Cafe ini menawarkan konsep outdoor dengan pemandangan alam yang menawan. Tak hanya itu, Desa Jongkon juga punya banyak spot foto instagramable yang tak boleh kamu lewatkan. 

Selain tempat yang asik dan estetik, cafe ini tentu menyajikan menu makan dan minuman yang beragam. Mulai dari makanan berat, camilan hingga minuman semua tersedia dengan harga yang bersahabat. Desa Jongkon Cafe berlokasi di Kampung Gunung Batu No. 76 RT/RW 02/08 Kel. Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. 

4. Danau Quarry

Instagram/@bambang_rahayu09

Selain wisata gua, Bogor juga memiliki wisata danau yang eksotis. Danau Quarry Rumpin berlokasi di Desa Kampung Sawah, Bogor. Dananu ini terbentuk dari bekas pertambangan pasir, sehingga tak heran jika danau ini mengandung bahan material batu dan pasir.

Sisa legokan tambang ini terisi oleh air hujan hingga tercipta sebuah kolam yang luas berbentuk danau. Airnya berwarna hijau yang berkilau dan dikelilingi oleh tebing bebatuan yang tertata. Pemandangan indah ini pun jadi daya tarik, jangan lupa abadikan momen dengan berfoto. 

Akses menuju kawasan ini cukup sulit. Kamu akan ditemani dengan kendaraan-kendaraan besar dengan kondisi jalan yang belum diaspal. Namun, kamu akan lebih mudah sampai ke lokasi jika melewati jalan menuju situs gunung Munara. Karena objek wisata danau ini searah dengan wisata situs gunung Munara.

5. Aranya Coffee & Forest

Instagram/@aranya.id

Selanjutnya, ada Aranya Coffee & Forest, cafe yang terletak di tengah hutan pinus dan jauh dari hiruk pikuk kota. Pohon pinus yang tinggi mengelilingi area cafe ini sehingga cocok untuk kamu yang butuh pemandangan hijau dan ketenangan. Desain bangunannya juga estetik dan kekinian, banyak spot foto yang instagrammable!

Seperti tempat ngopi pada umumnya, Aranya Coffee & Forest menyediakan minuman kopi dan non kopi beserta camilannya. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari Rp8000 saja. Akses menuju cafe ini cukup sulit karena jalan yang sempit dan banyak tanjakan turunan yang terjal. Tapi, kamu tidak akan menyesal jika sudah sampai. Aranya Coffee & Forest berlokasi di Jalan Tapos Lbc, Puncak, Bogor.

6. Soekapi

Instagram/@soekapi

Jika Aranya Coffe & Forest berlokasi di tengah hutan pinus, lain halnya dengan cafe satu ini. Soekapi adalah cafe yang berlokasi di kaki Gunung Salak, sehingga berdampingan dengan pemandangan pegunungan dan udara yang sejuk. Nggak hanya ngopi cantik, kamu juga bisa merasakan pengalaman berkemah dengan fasilitas yang cukup lengkap, lho!

Kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan dengan duduk di area indoor maupun outdoor. Fasilitas di cafe ini juga lengkap dan harga menunya masih terjangkau. Untuk sampai ke Soekapi, kamu butuh melakukan perjalanan kurang lebih 45 menit dari pusat kota Bogor. Meski berlokasi di kaki Gunung Salak, kamu bisa menggunakan Google Maps untuk memandu jalan. Soekapi berada di Jalan Gn. Malang, Sukajaya, Kec. Tamansari, Bogor. 

7. D'Ubud

Instagram/@d.ubud

Terakhir, ada restoran yang membawa suasana Bali ke kawasan Sentul, Bogor. D'Ubud mengusung konsep bangunan tradisional Bali untuk desain bangunannya. Saat sampai, kamu akan disambut dengan gerbang bambu yang dihiasi dengan payung khas bali.

Setelah memasuki restoran, vibes Bali akan semakin terasa dengan desain bangunan berbahan bambu yang mana setiap tiang penyangganya dibungkus dengan kain khas Bali. Ditambah lagi area restoran ini dikelilingi oleh lahan persawahan, suasananya asri dan Ubud banget! Kita juga bisa bermain di sungai kecil nya, lho!

Restoran ini menyediakan beragam makanan dan minuman dengan harga yang bervariasi. D'Ubud berlokasi di Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Untuk memudahkan kamu menuju lokasi, kamu bisa menggunakan Google Maps. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek akun Instagram resminya di @d.ubud.

Itu dia 7 tempat hidden gem di Bogor yang masih sepi dan belum banyak orang tahu. Setelah baca artikel ini, kamu tertarik pergi kemana nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel