Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sekali Seumur Hidup Kamu Wajib Coba Lakukan Road Trip, Ini Alasannya!

Bahkan tersesat bisa jadi momen paling menyenangkan

Andina Rahayu

Buat kamu yang hobi traveling, pasti sudah familiar dengan istilah road trip. Yaitu salah satu cara jalan-jalan yang cukup sering digunakan sebagian orang Indonesia, utamanya ketika momen lebaran atau hari raya tiba.

Meski sekarang tiket pesawat atau kereta sudah cukup terjangkau, tapi berkendara sendiri untuk liburan ke tempat yang jauh itu lebih menyenangkan lho. Bayangkan saja, kamu menggilas jalanan sejauh ratusan hingga ribuan kilometer dengan niat liburan ke tempat baru. Cara perjalanan macam ini akan memberikanmu pengalaman yang berharga. Simak yuk lima alasan kenapa road trip wajib kamu coba! 

Waktu yang kamu miliki bisa kamu gunakan dengan lebih bebas

pexels.com/Simon Matzinger

Dengan menggunakan mobil, kamu jadi tidak tergantung dengan jadwal terbang pesawat atau kereta. Kamu bebas menentukan sendiri jam berapa start, jalur mana yang akan dilalui, langsung menuju tempat tujuan atau malah mau mampir ke tempat-tempat lainnya. Kamu jauh lebih bebas dan fleksibel dalam menikmati petualangan.

Bisa mempererat ikatan dengan teman seperjalanan

pexels.com/Tirachard Kumtanom

Kamu bisa melakukan road trip dengan keluarga, saudara ataupun teman. Perjalanan dengan cara ini akan melatih kepedulianmu, rasa toleransi, dan juga empati penumpang satu mobil. Akan ada banyak hal yang harus kamu sepakati bersama. Mulai dari siapa sopirnya, mana jalur utama dan jalur alternatifnya, barang bawaan, dan banyak hal lain.

Lebih leluasa mencoba kuliner lokal dan mengeksplor tempat wisata sepanjang rute

Hal yang satu ini tidak mungkin kamu lakukan jika kamu memilih naik kereta atau pesawat. Road trip memungkinkanmu untuk berhenti kapanpun dan di manapun. Kamu bisa mampir ke tempat wisata di sepanjang rute perjalanan dan mencicipi berbagai kuliner khas dari setiap kota yang kamu lewati. Dijamin, tidak akan membosankan.

Melatih kesabaran dan kesigapan

pexels.com/Skitterphoto

Membawa dan mengemudikan kendaraan sendiri tentu juga memiliki tantangan. Akan ada hambatan serta kejadian tak terduga yang membutuhkan kesabaran dan kesigapan lebih. Mulai dari macet, ada ruas jalan yang ditutup, cuaca buruk, hingga kendaraan ngadat atau ban pecah. Semua ini akan mengajarkanmu keikhlasan.

Pada akhirnya, road trip akan memberimu kenangan yang tak terlupakan

pexels.com/Element5 Digital

Meski tak selalu mulus, percayalah bahwa perjalanan selama road trip akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Bahkan bisa jadi momen tersesat yang seharusnya mengesalkan malah menjadi bagian paling dikenang. Karena pasalnya, mereka yang tersesat malah sering kali menemukan keindahan yang tersembunyi.

Jadi, kamu sudah siap melakukan road trip Bela? Untuk meminimalisir hambatan, ada baiknya sebelum berangkan perhatikan kenyamanan kendaraan yang digunakan ya!

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Travel