Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tahu Nggak Kalau 10 Makanan Ini Nggak Boleh Dimasukkan ke Freezer?

Jangan lagi ya!

Rosita Meinita

Terkadang memasukkan bahan makanan ke freezer merupakan cara teraman untuk membuatnya tetap bertahan lama. Mungkin hal ini kamu lakukan untuk tujuan membuatnya tetap dingin ataupun membuatnya membeku agar bisa dikonsumsi berhari-hari. 

Akan tetapi, nggak semua bisa bahan makanan bisa untuk dimasukkan ke dalam freezer ya Bela. Inilah beberapa bahan makanan yang harus kamu hindari untuk memasukkan ke freezer.

1. Timun

pexels.com/Pixabay

Sayuran berair seperti mentimun jika dimasukkan ke dalam freezer akan membeku. Tetapi 
proses mencairnya nggak akan mengembalikan bentuk timun menjadi semula. Timun akan menjadi lemas dan basah setelah dicairkan.

2. Semangka

pexels.com/Lisa Fotios

Jika kamu ingin membuat semangka jus setelah memasukkannya ke dalam freezer bisa saja, tetapi memakannya langsung setelah mencair adalah ide buruk. Nggak hanya menjadi lemas, tapi teksturnya akan hancur.

3. Pasta yang Sudah Dimasak

pexels.com/Mali maeder

Jika kamu sudah memasak pasta tetapi ingin menyimpannya di dalam freezer, hal ini juga jangan kamu lakukan. Apalagi jika pasta yang kamu masak tertalu matang dan membiarkannya dengan air yang menggenang. 

4. Bubuk Kopi

pexels.com/Janko Ferlic

Mengambil dan mengeluarkannya dari freezer setiap hari akan membekukan dan 
mencairkannya. Hal ini menyebabkan kondensasi dan akan merusak kualitas kopi tersebut. Bubuk kopi di dalam kulkas justru akan menyerap bau freezer yang campur aduk. 

5. Susu

pexels.com/GEORGE DESIPRIS

Setelah susu membeku dan cair, teksturnya akan menjadi kental. Susu yang sangat kental nggak ideal untuk diminum. Jadi, simpanlah di lemari es biasa, bukan di freezer. 

6. Telur Utuh

pexels.com/Pixabay

Bagian dalam telur akan lengket dan mengembang saat dibekukan. Hal ini akan menyebabkan kebocoran di freezer-mu. Belum lagi potensi pertumbuhan bakteri di dalamnya.

7. Keju

pexels.com/NastyaSensei Sens

Keju lunak seperti ricotta, krim keju dan goat cheese akan terpisah jika dibekukan dan kemudian dicairkan. Ini akan mengubah teksturnya menjadi aneh. Secara teknis kamu bisa mencoba jenis keju yang lebih keras seperti parmesan atau cheddar, walaupun jenis ini disarankan di dalam lemari es saja. 

8. Soda

Yang harus kamu harus hindari adalah memasukkan soda ke dalam freezer. Hal ini akan 
membuat ledakan yang pastinya membuat freezer-mu berantakan. 

9. Saos Tomat

pexels.com/Pixabay

Saos stomat akan menjadi berair dan akan berantakan jika kamu membekukan kemudian 
mencairkan kembali. Kamu bisa menyimpannya di lemari es biasa. 

10. Yogurt

pexels.com/Pixabay

Yogurt, sour cream, buttermilk, krim, custard, dan produk susu lainnya akan terpisah dan 
mengental setelah dibekukan dan dicairkan dari freezer. Jika kamu ingin memasukkannya ke dalam freezer untuk membuatnya lebih segar, yang terjadi akan sebaliknya.

TOPIC

IDN Media Channels

Latest from Food