Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain Karen's Diner, Inilah 19 Restoran di Dunia dengan Konsep Unik 

Ada monyet sebagai pelayan restoran

Nindi Widya Wati

Berbicara restoran dengan konsep yang terbilang unik, baru-baru ini ada kabar kalau Karen's Diner sebagai restoran yang terkenal dengan sikap para pelayan galaknya, akan segera buka cabang di Indonesia. Kabar ini bahkan semakin menarik perhatian, saat di media sosial terlihat beberapa calon karyawan di Karen's Diner berwajah sinis sudah ada yang terpilih. 

Namun, kalau membahas keunikan sebuah restoran, sebenarnya ada beberapa restoran di dunia yang memiliki konsep unik hingga namanya begitu tersohor. Mulai dari restoran yang terbilang unik karena tempat, menu, ataupun cara penyajiannya seperti di negara Jepang.

Lantas, bagaimana sebenarnya wujud dari restoran yang terbilang unik ini? 

1. Jika ingin makan sekaligus ditemani biota laut, kamu bisa datang ke Restoran Ithaa Undersea. Letaknya berada 5 meter di bawah permukaan laut Maladewa, memiliki dinding kaca begitu tebal dan eksklusif hanya ada 14 tamu dalam satu waktu.

Dok. Internet

2. Dinner in the Sky menjadi restoran unik yang mengajak pengunjungnya untuk makan di atas ketinggian 150 kaki. Sebelum menjamur seperti sekarang, Dinner in the Sky yang hanya memiliki 22 kursi tersebut dicetuskan oleh David Ghysels di Belgia pada tahun 2004.

Dok. Internet

3. Di Indonesia, Namaaz Dining yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menghadirkan cita rasa Nusantara dengan hidangan berbentuk lipstik, sabun, busa, hingga gulungan benang. Restoran ini secara rutin mengganti tema dan menu makanannya tiap 8 bulan sekali.

Dok. Internet

4. Menyantap hidangan di dalam gua menjadi konsep dari restoran Grotta Palazzese di Polignano a Mare, Italia Selatan. Gua batu kapur ini bahkan dipakai tempat jamuan makan dan pesta sejak tahun 1.700-an karena pemandangan laut dan bebatuan yang indah.

Dok. Internet

5. Inilah restoran Schwerelos di Hamburg, Jerman yang menyajikan menunya menggunakan jalur rollercoaster. Restoran ini menyerupai taman bermain, lho!

Dok. Internet

6. Jika berada di Thailand, mungkin bisa berkunjung ke Vertigo Restaurant and Moon Bar. Restoran ini berada di puncak bangunan pencakar langit yang digunakan sebagai Banyan Tree Hotel.

Dok. Internet

7. Masih di Thailand, kalau kamu ingin sensasi menyantap hidangan di dalam sangkar burung raksasa, cobalah datang ke Bird’s Nest Restaurant. Jika sudah berada di atas, rasa deg-degan bakal dibayar lunas dengan pemandangan alam begitu hijau dan asri.

Dok. Internet

8. Makan dengan pemandangan langsung air terjun dapat kamu rasakan saat berada di Labassin Waterfall Restaurant, Filipina. Ada makanan otentik Filipina disajikan di atas meja bambu dan para pengunjung bisa merendamkan kaki agar melepas penat.

Dok. Internet

9. Meski Uni Emirat Arab terkenal dengan suhu udara sangat panas, namun di negara ini ternyata ada restoran yang 100 persen tempatnya terbuat dari es. Bernama Ice Restaurant, jika kamu datang ke sana perlu mengenakan mantel dan pakaian tebal, ya.

Dok. Internet

10. Kegelapan sangat terasa jika kamu berkunjung ke O.Noir di Montreal, Kanada. Meski gelap, restoran ini terkenal memiliki sajian yang cukup enak. Uniknya lagi, para pengunjung akan dilayani oleh staf tunanetra yang terlatih dan profesional.

Dok. Internet

11. Menikmati makan sembari dikelilingi salju jadi hal yang menarik dari restoran Kemi Snow, di Finlandia. Apalagi, bangunan restoran merupakan bagian kastil yang terbuat dari salju berhiaskan pahatan salju yang indah. Bahkan, meja dan gelas restoran ini juga terbuat dari pahatan es padat.

Dok. Internet

12. Jika kamu memiliki riwayat penyakit jantung, tidak disarankan untuk makan di Heart Attack Grill, Las Vegas. Bukan tanpa alasan, restoran ini menyuguhkan menu yang kaya kolesterol, seperti hamburger berlapis, milkshake tinggi lemak serta minuman beralkohol dan bersoda.

Dok. Internet

13. Fortezza Medicea jadi restoran yang berlokasi di penjara keamanan tinggi kawasan Volterra, Italia. Menu makanan di restoran ini pun dipesan lewat keamanan ketat dengan pengunjung dilarang membawa smartphone. Keunikan lain terlihat dari para pegawai restoran yang merupakan tahanan penjara tersebut.

Dok. Internet

14. Modern Toilet merupakan restoran bertema toilet dan kamar mandi yang berdiri sejak tahun 2004 di Taipei, Taiwan. Di sana tiap hidangan disajikan dalam wadah yang mirip seperti jamban, toilet duduk, maupun toilet tradisional. Restoran yang memiliki cabang di Hong Kong dan Taipei ini menyediakan toilet duduk sebagai kursi bagi pelanggan.

Dok. Internet

15. Jika berkunjung ke Robot Restaurant yang berada di Tiongkok, kamu akan dilayani sepenuhnya oleh para robot. Robot-robot ini memiliki tugas beragam, ada yang bertugas sebagai pelayan, menerima pesanan pengunjung, sampai memasak makanan yang akan kamu santap.

Dok. Internet

16. Berbeda dari restoran yang dilayani oleh robot, The Don merupakan restoran pertama di dunia yang memanfaatkan teknologi drone untuk melayani para pembelinya. Restoran yang berada di Inggris ini bahkan sudah memiliki perizinan penggunaan drone.

Dok. Internet

17. Kalau di Jepang ada restoran bernama Kayabuki yang memperkerjakan monyet bertopeng untuk melayani para pelanggan. Namun yang menjadi ciri khas, di restoran ini hanya memeperkerjakan dua monyet yang diberi nama Fuku-chan dan Yat-chan.

Dok. Internet

18. Ada restoran yang mungkin cocok bagi kamu para pendaki gunung, bernama El Diablo di Spanyol. Di sana para pengunjung dapat menikmati hidangan dengan ditemani lahar yang bisa meledak kapan saja. Para koki di restoran ini pun memanfaatkan panas yang dihasilkan dari gunung berapi untuk memasak makanannya.

Dok. Internet

19. Guolizhuang jadi restoran di Beijing yang memiliki kemaluan binatang jantan di daftar menu. Guo sebagai penemu menu, menemukan fakta bahwa kemaluan binatang yang dimasak berkhasiat menurunkan kolesterol, meningkatkan kejantanan, serta menghindari penyakit-penyakit lainnya.

Dok. Internet

Itulah, 19 restoran unik di dunia dengan menawarkan tempat, menu, hingga cara penyajian yang berbeda. Adakah restoran di atas yang ingin atau bahkan sudah pernah kamu kunjungi, Bela? Tulis lewat kolom komentar, ya

IDN Media Channels

Latest from Food