Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Intip 6 Fakta The Secret Cave, Tempat Dinner Raffi-Nagita di Bali

Restoran dalam gua yang sempat dilarang beroperasi

Elni Novitasari

Pasangan selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina baru saja merayakan hari ulang tahun keduanya pada 17 Februari lalu. Keduanya merayakan hari spesial tersebut dengan terbang ke Bali untuk liburan dan makan malam romantis. Momen dinner romantis ini pun dibagikan oleh Raffi dan Nagita di akun Instagram @raffinagita1717. 

Restoran tersebut pun menjadi perhatian lantaran tempatnya yang berada di dalam gua. Diketahui restoran itu adalah The Secret Cave, salah satu restoran mewah dan unik di Bali. Untuk kamu yang penasaran, berikut Popbela sudah merangkum info seputar restoran The Secret Cave mulai dari lokasi, harga hingga faktanya. Check this out, Bela!

Lokasi yang terbentuk secara alami

Instagram/@thecavebali

The Secret Cave berlokasi di Jalan Pura Goa Lempeh, Banjar Dinas Kangin, Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali. Restoran yang dikunjungi oleh Raffi dan Gigi ini masih menjadi bagian dari Raffles Bali. Menurut situs resmi Raffles Bali, gua ini terbentuk secara alami dengan isi yang tidak berubah sejak pembangunan resort berlangsung.

Dengan dikelilingi dinding gua yang diterangi lilin yang temaram, suasana resotran gua ini menjadi begitu hangat dan romantis. Meja dan kursi di dalamnya terbuat dari kayu yang dihias sedemikian rupa. Ditambah dengan alunan musik tradisional Bali, restoran ini akan memberikanmu pengalaman yang unik dan romantis.

Harga dan menu makanan

Instagram/@raffinagita1717

Harga yang ditawarkan untuk menikmati hidangan dengan pemandangan goa ini terbilang cukup fantastis. Menu makanan yang ditawarkan berupa set menu dengan harga sebagai berikut:

  • Rp1.400.000++ 7 course set menu
  • Rp1.950.000++ 10 course set menu
  • Rp3.200.000++ 7 course set menu with wine and cocktail pairing
  • Rp3.900.000++ 10 course set menu with wine and cocktail pairing

Pasangan Raffi dan Nagita mengungkap menu apa saja yang disajikan untuk mereka, yaitu Bedugul Beetroot, Plaga Heirloom Carrot, Organic Onion, Black Winter Truffle, dan Aromatic Ginger & Sakanti Bali. Selain itu, tersedia juga berbagai menu istimewa seperti Hokkaido Scallop, Foie Gras Cheesecake dan Tajima Wagyu.

Hidangan ini merupakan racikan dari Chef Gaetan Biesuz yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik dari para petani sekitar resort. Selain hidangan khas Bali, The Secret Cave juga menyediakan hidangan Barat yang spesial yang bersama cocktail dan wine terbaik.

Buka sejak 2022

Instagram/@thecavebali

Gua ini ditemukan pertama kali pada tahun 2014. Awalnya, belum diketahui akan dimanfaatkan sebagai apa gua ini. Hingga pihak pengelola The Cave berpikir untuk memanfaatkannya sebagai sebuah restoran. 

Pada 19 Mei 2022, gua ini pun mulai beroperasi untuk menyajikan makanan dan minuman untuk para tamu yang datang. Bahkan restoran unik ini sudah penuh reservasi hingga akhir bulan Juli 2022, di dua bulan awal pembukaannya.

Dirancang oleh koki asal Inggris

Instagram/@thecavebali

Sejak awal ditemukan, pengelolaan gua ini menjadi tanggung jawab Chef Ryan Clift, seorang koki asal Inggris yang pernah menyabet berbagai penghargaan bergengsi di dunia kuliner. Chef Ryan Clift merancang menu-menu mewah yang disajikan di restoran ini. 

Chef Ryan Clift sudah menjadi koki sejak usia 14 tahun dan keliling dunia hingga ke Australia dan benua Asia. Pada tahun 2015, ia mendapat penghargaan World Gourmet Summit sebagai Finalist Chef of The Year.

Sempat dilarang beroperasi

Instagram/@thecavebali

The Secret Cave sempat dilarang beroperasi tak lama setelah dibuka. Hal ini diungkap setelah dilakukan peninjauan langsung oleh Satpol PP Kabupaten Badung, Balai Pelestarian Caga Budaya (BPCB), Bali. Melansir dari detikTravel (20/7), restoran ini harus berhenti beroperasi lantaran tidak ada izin resmi atas restoran yang menggunakan kawasan goa yang masih dalam kajian banyak pihak terkait. 

Namun kini, restoran The Secret Cave sudah kembali bisa melayani para tamu. Tentunya tidak lupa untuk melakukan reservasi dulu ya, Bela!

Eksklusif hanya menampung 22 tamu

Instagram/@thecavebali

Tak semua orang bisa langsung mengunjungi restoran ini. Untuk itu, kamu perlu melakukan reservasi serta menginap terlebih dahulu di Raffles Bali. Reservasi perlu kamu lakukan lantaran restoran gua ini tak bisa menampung banyak tamu. Saat melakukan reservasi, kamu bisa memilih tempat terbaik untuk makan.

I Ketut Sumatra selaku tim dari The Edge Bali mengungkap bahwa restoran ini hanya menampung 22 tamu. Di dalamnya, ditemukan 22 kursi dan meja untuk tamu yang jumlahnya hampir dua kali lipat dari yang tersedia. Untuk bisa masuk ke dalam restoran gua ini, kamu harus menuruni anak tangga yang dibuat melingkar yang konon jumlahnya mencapai 31 anak tangga. 

IDN Media Channels

Latest from Food