Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Makanan Sehat Ini Justru Bikin Sembelit, Apa Saja?

Hati-hati dengan pisang!

Dina Lathifa

Saat sembelit, pasti menyulitkan bagimu untuk buang air besar. Kalau memaksakan diri untuk mengeluarkannya, akan menimbulkan rasa sakit pada bagian belakang tubuhmu. Lama-kelamaan jika nggak diatasi, perut akan terasa begah dan nggak nyaman. Karena itu, kamu perlu mengatasi sembelit sesegera mungkin, salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan berserat tinggi dan kaya kandungan gizi lainnya.

Namun ternyata, beberapa makanan yang kita anggap bergizi, justru menjadi pemicu sembelit muncul, Bela. Kira-kira, makanan apa saja, ya? Melansir dari Bustle, ini makanan bergizi yang dapat membuatmu sembelit.

1. Kembang kol

BBC.com

Meski menyehatkan, sayuran yang satu ini dapat menyebabkan konstipasi pada sistem pencernaanmu. Termasuk dalam keluarga sayuran cruciferous, kembang kol terbuat dari gula kompleks yang susah dicerna. Jadi jika sudah mengalami sembelit, menyantap kembang kol justru akan memperburuk kondisimu.

Selain kembang kol, kamu juga wajib memerhatikan sayuran lain yang termasuk dalam keluarga cruciferous. Mulai dari brokoli, asparagus, pokcoy, kol, dan Brussels sprout.

2. Bawang bombay dan bawah putih

Pexels.com/Karolina Grabowska

Bawang putih dan bawang bombay pasti akan kamu selalu temukan dalam berbagai sajian. Keduanya pun memiliki kandungan fitonutrien dan prebiotik yang baik untuk kesehatan lambung. Namun selain itu, kedua jenis bawang ini juga mengandung FODMAP (fermentable oligosaccahrides, disaccharides, monosaccharides, dan polyols). Ini merupakan komponen karbohidrat kecil yang sulit untuk dicerna.

Tentu saja sulit untuk menghindari bawang bombay, apalagi bawang putih yang merupakan bumbu utama setiap masakan. Namun, para ahli gizi menyarankan untuk nggak menyantap kedua bawang itu dalam jumlah besar, untuk menghindari memperburuk kondisi perut yang telah sembelit atau mengalami sindrom gangguan usus.

3. Kale

Pexels.com/Pixabay

Kale jadi salah satu sayuran hijau yang tren beberapa tahun terakhir ini. Sebab, kale kaya akan nutrisi baik untuk tubuh, termasuk serat yang baik untuk menjaga kesehatan usus. Meski begitu, kandungan serat ini juga dapat menimbulkan rasa nggak nyaman jika kamu sedang mengalami sembelit.

Sayuran kale juga masuk dalam keluarga cruciferous, menjadikannya sulit untuk dicerna dengan cepat. Untuk menghindari terjadinya sembelit atau memperparah kondisimu, ada baiknya untuk memasak kale atau mencampurnya dengan sayuran hijau lain.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Pexels.com/Miguel Á. Padriñán

Konon, makan kacang dapat membantu memperlancar pencernaan. Apa ini artinya kamu bisa mengonsomsinya untuk membantu mengatasi sembelit. Sayangnya, nggak semudah itu, Bela. Makan kacang maupun biji-bijian justru dapat memperparah kondisi perut yang sedang sembelit, atau sedang mengalami sindrom gangguan usus.

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber baik untuk lemak sehat, dan cocok untuk kamu yang sedang diet. Namun, mengonsumsi makanan ini dalam jumlah banyak dapat menambah serat berlebih ke dalam tubuh dan memperburuk kondisi sembelit.

5. Gandum dengan gluten

Pexels.com/Pixabay

Ada banyak alasan untuk menghindari konsumsi gluten, dan salah satunya adalah sulitnya mencerna kandungan tersebut sehingga dapat menyebabkan sembelit. Sebagian orang dapat mengalami sembelit ketika menyantap makanan yang mengandung gluten, seperti gandum, barley, kamut dan lainnya. Namun, gandum yang telah diolah, seperti roti, nasi, pasta, nggak memiliki serat yang ada dalam gandum utuh sehingga makanan tersebut lebih mudah menyebabkan sembelit.

6. Daging merah

Pexels.com/Lukas

Meski rendah kandungan serat, memakan daging merah saat merasa sembelit justru nggak akan memperbaiki situasi perutmu. Sebab, daging merah rendah kandungan serat sehingga nggak dapat membantu memperlancar pencernaan. Selain itu, terdapat kandungan lemak yang tinggi sehingga menyebabkannya lama untuk dicerna sehingga kamu akan semakin sembelit. Coba menyantap daging merah dengan sayuran untuk mengimbangi gizi yang masuk ke dalam tubuh.

7. Dark chocolate

Pexels.com/Kaboompics .com

Camilan menyehatkan ini rupanya dapat membuatmu sembelit atau memperparahnya, loh. Memang, ada kandungan flavonoid dalam dark chocolate dapat mengurangi tekanan darah atau risiko penggumpalan darah. Namun sayangnya, camilan ini nggak mengandung serat sehingga nggak dapat mengatasi sembelit. Kalaupun ingin makan cokelat, coba pilih varian kacang atau buah kering untuk menambah kandungan serat di dalamnya.

8. Keju

Pexels.com/Tabitha Mort

Makanan olahan susu seperti keju merupakan sumber terbaik kalsium. Namun, nggak dapat membantu memperlancar pencernaanmu. Apalagi jika kamu intoleran terhadap susu, akan semakin berdampak buruk ketika sedang mengalami konstipasi.

Sisi baiknya, ada produk olahan susu yang memiliki kandungan bakteri, seperti yoghurt dan kefir. Kedua jenis makanan atau minuman ini memiliki manfaat baik untuk meredakan sembelit dan menjaga pencernaanmu. Jadi, pastikan kamu memilih jenis makanan olahan susu yang kamu santap, ya.

9. Pisang

Pexels.com/Luis Quintero

Siapa yang nggak suka pisang? Kalau kamu yakin buah kuning ini dapat mengatasi sembelitmu, justru hal tersebut keliru, Bela. Pisang memiliki kandungan serat yang sedikit sehingga kurang dapat melancarkan pencernaanmu. Namun jika sedang mengalami sakit perut, buah ini jadi pilihan yang tepat untuk kamu konsumsi.

10. Persimmon

Pexels.com/Ready made

Buah Persimmon tinggi kandungan vitamin C dan serat. Namun, ada kandungan gizi lain yang sebenarnya justru dapat mengakibatkan sembelit, yaitu tannin. Kandungan ini dapat memperlambat gerakan dengan mengurangi sekresi cairan pencernaan yang penting.

11. Teh dan kopi

Pexels.com/Kevin Menajang

Teh dan kopi memiliki persamaan, yaitu merupakan minuman kafein dengan kandungan antioksidan serta memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, teh dan kopi juga dapat membuatmu dehidrasi. Kondisi ini dapat menyebabkan sembelit, karena usus besar akan menyerap air sehingga menyulitkan untuk buang air besar.

Kalau sedang mengalami sembelit, hindari minum kopi dan teh. Sebaiknya, minum air mineral secara rutin sampai pergerakan ususmu lancar kembali.

Itulah 11 makanan dan minuman sehat yang sebenarnya perlu kamu hindari saat sedang sembelit. Kamu juga dapat mengurangi porsi makanan dan minuman ini jika ingin mencegah terjadinya sembelit. Ingat, nggak semua makanan yang tinggi serat baik untuk pencernaan, maupun makanan yang terkenal dengan manfaat baiknya untuk tubuh. Jaga porsi makananmu untuk mencapai gizi seimbang sehingga kamu nggak perlu merasakan sembelit lagi.

IDN Media Channels

Latest from Food