Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Transformasi Swimwear, dari Tertutup Banget hingga Buka-Bukaan

Sampe ada yang ditegur Polisi patroli

Rara Peni Asih

Bikini atau pakaian renang dua potong, kini udah jadi tren di Indonesia. Tapi tahu nggak kalau transformasi bikini berubah drastis dari sejak berabad-abad lalu?

Transformasi bikini bisa berubah-ubah karena regulasi yang dulu pernah berlaku, Bela. Bahkan di negara AS bagian Atlantic City, New York City, dan Chicagoada, ada Polisi khusus yang berpatroli di pantai. 

Mereka selalu membawa tali meteran untuk mengukur pakaian renang seseorang. Kebayang kan ribetnya gimana? Yuk kita nostalgia dulu melihat transformasi desain swimwear atau baju renang dari abad lalu hingga kini.

1. Perempuan di tahun 1800 memakai "gown bath". Biasanya gaun untuk berenang di pantai ini menggunakan material wol atau linen.

www.victoriana.com

2. Tahun 1900, baju renang mulai berubah drastis. Saat itu baju renang ala pelaut sempat jadi tren.

www.insider.com

3. Namun di tahun yang sama, baju renang kembali bertransformasi dilengkapi coat. Karena zaman dulu masih diwajibkan tampil modest.

www.insider.com

4. Sekitar tahun 1910, baju renang rok mulai jadi tren. Tapi panjang rok harus ikuti aturan, lho Bela.

www.insider.com

5. Lalu desain swimwear berubah pada potongan leher yang lebih rendah di tahun 1920.

www.insider.com

6. Hingga tahun 1920-an, perempuan di belahan negara AS harus ikuti aturan banget. Contohnya pada foto ini, polisi lagi mengukur swimwear yang tidak mengikuti regulasi. Tahun 1921 penulis novel ternama pernah protes soal peraturan ini.

www.insider.com

7. Tahun 1930, baju renang one-piece jadi tren. Dengan potongan leher yang semakin rendah hingga celana lebih pendek. Materialnya pun semakin nyaman.

www.insider.com

8. Tahun 1940, baju renang one-piece semakin trendi dengan desain V-neck dan spaghetti strap.

www.insider.com

9. Memasuki tahun 1946, bikini mulai jadi tren berkat ide desainer Prancis, Louis Reard yang pertama kali mendesain two-piece swimwear.

hwww.insider.com

10. Tahun 1950, bikini terus jadi favorit. Bedanya hanya di pemilihan bahan saja. Kalau awalnya wool dan karet saja, tahun 50-an mulai menggunakan bahan nylon dan bahan elastis lain yang nyaman.

www.insider.com

11. Bikini terus bertransformasi dengan desain yang lebih berani. Bahkan dengan warna lembut hingga vibrant. Motifnya pun semakin fun. Bahkan banyak bikini berdesain klasik mengikuti tren zaman dulu.

www.instagram.com/kyliejenner

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends