Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Koleksi Paling Mencuri Perhatian di Paris Fashion Week F/W 2022

Highlight pekan mode

Natasya Fitranda Putri

Berbeda dengan lainya, Paris Fashion Week dianggap sebagai acara 'puncak' pada serangkaian pekan mode yang telah berlangsung sejak awal tahun ini. Disebut sebagai "The Academy Awards of Fashion", pekan mode Paris selalu mendapatkan sorotan utama dari para selebriti hingga pengamat mode berkat pagelaran yang selalu totalitas dan spektakular. Kali ini, Paris Fashion Week diselenggarakan mulai 28 Februari hingga 8 Maret. Selama pelaksanaan acara, berbagai desainer ternama sibuk memamerkan koleksi mereka untuk musim Fall/Winter 2022. Para desainer ternama yang bergabung di Paris Fashion Week ini saling unjuk kreativitas dan ciri khas masing-masing melalui koleksi terbaru yang mereka rancang. Beberapa desainer ternama pada acara ini juga mengambil inspirasi unik dan up-to-date untuk menghasilkan koleksi yang semaksimal mungkin.

1. Pada bulan Januari lalu, Off-White menunjukkan karya terakhir Virgil Abloh melalui koleksi Spring/Summer 2022. Kali ini, tanpa sang creative director Off-White memamerkan koleksi Fall/Winter 2022 yang memiliki tema "Spaceship Earth". Uniknya, selain pakaian ready-to-wear, pada koleksi ini tim Off-White juga merancang pakaian "Haute Couture-like" yang berasal dari desain orisinil Virgil Abloh sebelum kepergiannya.

vogue.com

2. Maria Grazia Chiuri selaku creative director Dior gabungkan konsep feminitas dan teknologi pada koleksi Fall/Winter 2022 terbarunya. Bekerja sama dengan perusahaan teknologi asal Italia D-Air Lab, silhouette feminin khas Dior seperti chiffon dresses dihias dengan 'armor' berbentuk corset dan bodysuit yang berhasil berikan kesan futuristik namun tetap mewah.

vogue.com

3. Pada Paris Fashion Week, nggak hanya rumah mode Dior yang unggulkan konsep futuristik, lho. Konsep ini juga diusung oleh Balmain, koleksinya dipenuhi dengan pakaian yang memiliki desain 'body armor-like' dan dihiasi warna-warna basic seperti putih, hitam, serta gold.

vogue.com

4. Pada koleksi Fall/Winter 2022, Elie Saab berikan tribute untuk berbagai desain pakaian ikoniknya mulai dari little black dress, sequins gowns, hingga sheer dresses. Pada koleksi terbarunya yang dipenuhi gaun-gaun mewah ini, Elie Saab juga unggulkan warna cool tone seperti emerald green, navy blue, dan magenta.

vogue.com

5. Demna Gvasalia, selaku creative director Balenciaga usung konsep perang Ukraina pada pagelarannya di Paris Fashion Week. Berkat sejarah personalnya dengan perang dan refugee, pada koleksi ini Demna Gvasalia mentransformasi runway untuk menyerupai cuaca salju serta angin yang dialami Ukraina. Model mengenakan pakaian tebal hingga big sunglasses sambil berjalan melawan cuaca dramatis.

vogue.com

6. Mulai dari pakaian hingga runway, pagelaran Valentino Fall/Winter 2022 kali ini diwarnai oleh warna hot pink yang nyentrik. Meski berbeda dengan warna identik Valentino yaitu merah, koleksi besar dengan 81 look ini tetap berhasil curi perhatian para pengamat mode. Melalui koleksi ini, Pierpaolo Piccioli selaku creative director Valentino menyusun 48 ready-to-wear look dengan nuansa warna pink, sementara 33 look lainnya dihiasi dengan warna monotone black yang kontras.

vogue.com

7. Louis Vuitton andalkan tema "keremajaan" atau young adulthood untuk koleksi Fall/Winter 2022. Pakaian kasual seperti bomber jacket, blazer, coat, chunky sweater, hingga rugby shirt menghiasi runway Louis Vuitton satu ini. Pelengkap busana seperti patterned tie dan sneakers juga menjadi statement item yang ingin diunggulkan oleh Nicolas Ghesquière selaku creative director rumah mode tersebut.

vogue.com

8. Terkenal dengan desain tulle gown-nya, kali ini Giambattista Valli kembali unggulkan konsep girly dan romantis untuk koleksi Fall/Winter 2022. Tiap look pada koleksi ini juga menjadi tribute untuk desain pakaian yang khas dikenakan perempuan di tahun 1960-an.

vogue.com

9. Pada koleksi Fall/Winter 2022, Virginie Viard unggulkan satu hal ikonik yang menjadi ciri khas Chanel hingga saat ini: tweed. Mulai dari blazer, long coat, hingga dress, seluruh look pada koleksi ini memiliki bahan tweed yang merupakan signature fabric Chanel sejak era sang pendiri Coco Chanel. Selain itu, aksesori mewah seperti layered necklace hingga mini bag juga dipamerkan pada koleksi ini.

vogue.com

10. Setelah "Miu Miu set" viral di kalangan selebriti dan media sosial, kali ini Miu Miu kembali tunjukkan rangkaian look yang nggak kalah menarik dari koleksi sebelumnya. Miu Miu Fall/Winter 2022 memiliki konsep preppy dan girlish a La anak remaja di tahun 2000-an, seperti look dengan belted mini skirt hingga plaid blazer set. Nggak hanya itu, pada koleksi ini Miu Miu juga pamerkan sisi mewahnya dengan pakaian yang dilengkapi crystal embellished mesh.

vogue.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends