Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Model Atasan Brokat Simple Elegan, Cocok untuk Pesta

Lihat padu-padan dan detail modelnya

Nafi' Khoiriyah

Atasan brokat menjadi pilihan pakaian pesta yang digemari para perempuan. Sebab, kain jenis ini membeikan kesan yang mewah dan anggun saat dipakai. Apalagi, jika dipadukan dengan bawahan rok. 

Nah, model atasan brokat simple elegan adalah model yang digemari oleh perempuan muda masa kini. Tidak perlu berlebihan, membuat atasan dengan model yang simple justru akan terlihat lebih menawan. 

Nah, berikut ini Popbela.com akan memberikan referensi model atasan brokat yang simple dan elegan untukmu.

Seperti apa detail modelnya? Simak selengkapnya di bawah ini ya, Bela!

1. Atasan Brokat Asimetris Lengan Balon

pinterest.com

Model atasan brokat simple elegan yang pertama adalah model asimetris dengan detail lengan balon. Atasan ini dibuat dengan bahan brokat berwarna abu-abu dengan detail motif emas yang mewah. 

Untuk membuat atasan tersebut, kamu bisa menjahit baju memanjang sampai ke atas lutut terlebih dahulu. Kemudian, buat detail ujung atasan panjang di sisi kanan dan kiri tubuhmu.

Setelah itu, pasangkan dengan lengan balon yang menggembung dengan kerutan di pergelangan tangan supaya memberi kesan manis saat dipakai. 

2. Atasan Outer Tunik Brokat Model Straight

pinterest.com

Kalau kamu ingin membuat kesan yang feminin dan lembut, model atasan outer tunik brokat model straight di atas akan sangat cocok. Model tersebut cukup simpel, yakni dengan menjahit brokat tanpa furing dengan panjang sampai bawah lutut. 

Kemudian, lengan atasan ini juga dibuat biasa tanpa kancing maupun kerutan. Namun, hal yang membuat atasan outer brokat ini menarik untuk dikenakan ada pada detail kancing dan aksen manik-manik mengilap di leher. 

3. Atasan Brokat Model Kartini Aksen Ruffle

pinterest.com

Memadukan model kebaya tradisional dengan model atasan brokat simple elegan bisa kamu wujudkan menjadi seperti di atas. Atasan tersebut dibuat dengan model kebaya kartini yang memiliki detail lipatan di sekitar pinggiran baju. 

Kemudian, model kartini tersebut dipadukan dengan lengan balon yang diberi aksen ruffle di pergelangan tangannya. Aksen tersebut akan membuat baju ini tampak lebih kekinian, apalagi ditambah dengan ujung baju yang dibiarkan asimetris. 

4. Atasan Brokat Asimetris Aksen Tulle

pinterest.com

Kain brokat untuk pesta akan cocok dipadukan dengan bahan tulle yang berjaring. Seperti contoh di atas, kamu bisa membuat model atasan yang asimetris dengan potongan yang panjang di salah satu sisinya. 

Bagian kanan baju dibuat lebih panjang di ujungnya dan sebelah kirinya diberi detail kerutan di atas pinggang. Sementara pada bagian lengannya, baju ini diberi dengan aksen tulle yang mengembang di pergelangan tangan. 

5. Atasan Brokat Lengan Lonceng

pinterest.com

Penyuka model atasan brokat simple elegan pasti senang dengan gaya di atas. Atasan ini dibuat dengan model potongan A-line yang sempit di atas dan melebar ke bawah. Sementara panjang atasan tersebut sampai di atas lutut. 

Nah, detail yang membuat atasan brokat ini terlihat begitu menarik ada pada lengan loncengnya. Lengan tersebut dibuat menyesuaikan lebar lengan atas, kemudian disambungkan dengan model lengan lonceng yang lebar dari siku sampai bawah. 

6. Atasan Brokat Asimetris Kerah Shanghai

pinterest.com

Pemilihan warna brokat juga sangat penting untuk memberikan kesan muda dan fresh. Seperti di atas, atasan brokat warna krem akan membuat wajah terlihat lebih muda dan cerah. 

Untuk modelnya, atasan tersebut dijahit dengan model asimetris yang pendek di bagian depan dan panjang di belakangnya. Model tersebut dilengkapi dengan kerah shanghai yang memberi kesan simple dan manis. 

Jika kain yang dipakai untuk membuat atasan ini tersisa, kamu bisa membuatnya menjadi aksesori tas. Sehingga saat dikenakan secara bersama-sama, penampilanmu terlihat begitu menawan. 

7. Atasan Brokat Kombinasi Organza

pinterest.com

Kombinasi model atasan brokat simple elegan lainnya adalah dengan bahan organza. Bahan ini terlihat seperti kaca yang kaku, tetapi bisa memberikan kesan mewah dan berkelas. Pada model atasan ini, organza dipakai untuk menyambung bagian bawah baju brokat. 

Sementara bahan brokat dipakai untuk melapisi bagian tengah baju, lengannya dibuat dengan kain polos warna senada. Perpaduan antara bahan brokat, kain polos, dan juga organza tersebut akan membuat penampilanmu terlihat sangat feminin. 

8. Atasan Brokat Kombinasi Tulle dan Lace

pinterest.com

Perpaduan antara atasan brokat dan bawahan batik akan sangat cocok jika keduanya memiliki warna yang kontras seperti di atas. Atasan brokat tersebut memiliki detail V-neck dengan kombinasi ujung lace dan tulle. 

Untuk modelnya, baju ini memiliki potongan yang melebar ke bawah. Lalu, di ujung bajunya dipasang dengan lace warna senada terlebih dahulu baru selanjutnya dilapisi dengan kain tulle mengelilingi ujung baju. 

9. Atasan Brokat Kombinasi Tulle Lengan Cape

pinterest.com

Jika ingin model atasan yang lebih unik, kamu bisa mencoba atasan brokat kombinasi tulle yang satu ini. Atasan tersebut dibuat dengan model bagian depan brokat kemudian lengannya memakai jenis cape yang lebar.  

Lengan tersebut dibuat dengan inner polos dan dilapisi bahan tulle di bagian luarnya. Bahan tulle tersebut juga dipakai untuk menyambungkan bagian bawah bajunya. Setelah itu, padukan dengan bawahan kain yang kontras dengan atasannya. 

10. Atasan Brokat Lengan Balon Aksen Kerut

pinterest.com

Terakhir, model atasan brokat simple elegan di atas cocok untukmu yang suka dengan gaya yang simple. Atasan tersebut dijahit dengan model kerutan di bagian kirinya dan lengan balon yang menggembung. 

Atasan tersebut akan cocok kamu padukan dengan bawahan kain lilit warna polos yang senada dengan atasannya (namun lebih gelap). Kalau sudah, lengkapi dengan aksesori lainnya seperti high heels yang netral warnanya. 

Itulah sepuluh model atasan brokat simple elegan yang bisa kamu sontek untuk pakaian pesta. Semuanya tampak menawan tapi tidak berlebihan, cocok untuk membuat penampilan yang elegan saat pesta. 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends