Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Evolusi Pembuatan Jeans dari Cara Tradisional hingga Kekinian

Sambut masa depan jeans yang ramah lingkungan

Michael Richards

Jeans merupakan fashion item yang akan selalu ada ditiap musim. Modelnya makin hari makin bervariasi, tapi jeans vintage tentu selalu jadi favorit banyak orang. Bagus untuk bergaya. Bagus juga sebagai investasi. Tapi tahukah kamu kalau proses pembuatan jeans sudah mengalami evolusi? Dari cara tradisional yang memakan waktu hingga pemakaian sistem laser yang instan. Teknik pewarnaan yang ternyata berbahaya bagi pekerja hingga pencucian yang mengurangi pemakaian air. Jeans Innovation Center (JIC) sebuah lab jeans yang berlokasi di Los Angeles menjelaskan evolusi pembuatan jeans yang kini lebih ramah lingkungan. Simak di bawah ini!

1. Cara manual membuat jeans terlihat vintage

Dok. JIC

Proses “whiskering” atau proses seperti membuat pola adalah elemen penting dalam membuat jeans terlihat lebih vintage. Cara klasik ini memang terlihat begitu intens, dikerjakan manual dan membutuhkan ketelitian yang tinggi. Proses ini memang dianggap memiliki nilai craftsmanship tapi pengerjaannya yang manual sangat memakan waktu dan hanya bisa menghasilkan kuantitas yang sedikit. Proses ini juga beresiko bagi para pekerja karena debu dari proses ini berbahaya bagi pernapasan.

2. Penyemprotan manual dan hand-sanding

Dok. JIC

Untuk membuat kesan vintage, jeans juga perlu disemprot beberapa bahan kimia agar terlihat lebih natural. Sementara untuk membuat aksen sobek digunakan alat sanding sebagai finishing yang dikerjakan manual.

3. Oven treatment process

Dok. JIC

Satu teknik lagi yang dipakai untuk membuat jeans terlihat semakin menarik yaitu aksen kerut yang dibuat dengan resin treatment. Setelah resin diaplikasikan pada jeans untuk memberikan tampilan kering dan berkilau, jeans dimasukkan ke dalam oven untuk menyempurnakan proses ini. Sayangnya proses ini menghasilkan bau resin dan tesktur jeans yang jadi kaku. Bahkan pengaplikasian resin bisa mengubah warna jadi kekuningan.

4. Kini memakai sistem laser

Dok. JIC

Jeans Innovation Center memakai sistem laser untuk menciptakan jeans yang lebih presisi. Dimulai dengan memprogram model vintage yang diinginkan, lalu mesin laser akan menembak motif tersebut. Selanjutnya proses membuat jeans sobek pun bisa dilakukan sekaligus. Hasilnya lebih rapi dan lebih menghemat waktu.

5.Dicuci tanpa memakai banyak air

Dok. JIC

Karena berfokus pada fashion yang ramah lingkungan, JIC menemukan cara dalam pencucian jeans tanpa memakai banyak air. Yaitu dengan mesin nano bubble yang bekerja bak mesin uap. Bahkan untuk tahun 2020, JIC yang menghasilkan jeans terbaik untuk Fast Retailing yang menaungi UNIQLO dan J Brand akan memakai sistem daur ulang air dalam proses pencucian.

6. Memakai eco-stone

Dok. JIC

Terakhir, jika dulu batu apung dipakai untuk mencuci jeans dan menciptakan efek washed yang sempurna, JIC menciptakan eco-stone yang bisa dipakai berkali kali tanpa menghasilkan limbah.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends