Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Intip Yuk, 6 Tips Merawat Lingerie dengan Benar

Butuh perhatian ekstra

Dayang Puspita Ranupani

Sama seperti pakaian lainnya, lingerie juga butuh dirawat. Apalagi lingerie merupakan salah satu pakaian pertama yang menyentuh tubuh sehingga kamu harus tahu cara merawat dengan benar dan bersih. Bahannya yang cukup tipis membuat perawatan lingerie butuh perhatian ekstra. 

Nggak hanya cara menyimpannya, cara merawat lingerie dengan benar juga perlu diketahui lho. Tips selengkapnya, simak di bawah ini. 

1. Cuci lingerie dengan tangan

adoreme.com

Hindari mencuci lingerie dengan mesin cuci karena terlalu kasar. Busa atau underwire bra bisa cepat rusak jika dicuci dengan kasar. Maka dari itu, usahakan cuci lingerie dengan tangan supaya tetap awet dan elastis. Gunakan lingerie laundry bag atau kantung cuci jaring khusus pakaian dalam jika terpaksa mencuci dengan mesin cuci.

2. Pisahkan sesuai warna

looksgud.in

Selalu pisahkan pakaian dalam berwarna gelap dengan warna terang. Hal ini dilakukan untuk menghindari kelunturan warna yang akan memperburuk keindahan lingerie. Selain itu, warnanya juga jadi lebih tahan lama dan tidak gampang pudar.

3. Gunakan cairan deterjen khusus

pinterest.com/thirdlove

Karena bahannya rentan rusak, sebaiknya cuci dengan deterjen khusus lingerie. Bisa juga pakai deterjen dengan formula ringan agar tidak merusak serat kain dan ketahanan elastisitasnya. Hindari menggunakan sikat ketika mencuci lingerie.

4. Jangan peras terlalu kencang saat mencuci

harlowandfox.com

Segera bilas deterjen setelah selesai dicuci, sebab sisa-sisa deterjen bisa merusak serat pakaian dalam. Ketika proses membilas, hindari memeras lingerie terlalu keras. Berikan perhatian ekstra pada bagian pad  supaya tidak merusak bentuknya. Gunakan handuk kecil untuk mengeringkan bagian pad dari sisa-sisa air.

5. Jemur lingerie di tempat yang sejuk

unsplash.com

Sebaiknya hindari mengeringkan lingerie dengan mesin pengering. Jemur menggunakan clip di tempat yang sejuk juga sudah cukup kok. Jangan menjemur di bawah paparan sinar matahari langsung untuk terhindar dari warna yang tidak cepat memudar.

6. Sebaiknya simpan dengan cara dilipat

www.intimatology.com

Kamu juga perlu tahu cara menyimpan pakaian dalam dengan tepat. Hindari menyimpan dengan cara digantung karena akan merusak elastisitas bahan lingerie sehingga mengubah bentuknya. Simpan lingerie-mu dengan cara dilipat rapi di dalam lemari supaya awet dan tahan lama.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends