Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Keren! Ini 5 Alasan Indonesia Mampu Jadi Pusat Muslim Fesyen Dunia

Pantas Indonesia jadi kiblatnya

Bima Prakasa

Nggak kerasa sudah mau puasa lagi ya, Bela? Seperti biasa kalau sudah masuk Ramadan, fesyen juga nggak boleh lewat dong! Apakah kamu sudah mulai mempersiapkan buat tetap modis dan tampil bersahaja di Ramadan tahun ini? 

Oh iya, Bela, ngomong tentang fesyen muslim kamu tahu nggak sih kalau sebenarnya Indonesia bisa jadi pusat muslim fesyen dunia? Banyak tren dari Indonesia yang menjadi rujukan dari segala penjuru dunia? Kenapa bisa begitu? Cek ulasannya di bawah ya! 

1. Luasnya pasar konsumen muslim di tanah air

Shutterstock/Odua Images

Merujuk pada data The State of Global Islamic Economic 2020/21 menunjukkan kalau konsumsi industri muslim di Indonesia mencapai USD 16 miliar. Ini membuat konsumsi pasar fesyen Indonesia terbesar kelima di dunia, setelah Iran, Turki, Saudi Arabia, dan Pakistan. 

Hal itu tentu membuat Indonesia memperkuat posisi atau modal utama Indonesia untuk menjadi hub fesyen muslim dunia. Apalagi beberapa tahun ke depan juga akan terus berkembang dan membuka peluang bisnis untuk penetrasi pasar global. Keren banget gak sih? Cuma gak hanya itu alasannya. Simak poin berikutnya ya!      

2. Indonesia mampu produksi garmen & tekstil skala besar

Shutterstock/fizkes

Yup, betul banget. Untuk mendapatkan produk fesyen muslim yang berkualitas tentu harus ada bahan-bahannya dan sumber daya industri yang mumpuni. Eits, tapi Indonesia untungnya juga punya pabrik tekstil dan garmen yang siap produksi skala besar. 

Rencananya sampai 2030 nanti, pemerintah juga menargetkan Indonesia dapat menjadi lima besar produsen tekstil terbesar di dunia. Salah satu perusahaan yang memiliki pengolahan tekstil terintegrasi salah satunya adalah Asia Pacific Rayon.

3. Indonesia punya bahan baku modest fashion: Serat Rayon

Dok. APR

Tidak hanya menargetkan untuk memproduksi bahan baku fesyen berskala besar saja, tetapi Indonesia juga bisa memproduksi bahan serat rayon. Apa itu? Serat rayon bukan hanya salah satu bahan baku utama tetapi juga bahan baku yang berkelanjutan. 

Bahannya serat rayon lembut, adem, dan biodegradable yang cocok untuk dipakai sebagai baju muslim dan busana di kawasan tropis. Bahan baku serat rayon ini satu-satunya diproduksi secara terintegrasi oleh perusahaan Indonesia bernama APR, yang berlokasi di Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau.

Oh iya, serat rayon ini dapat menjadi alternatif penggunaan katun, yang selama ini tidak bisa dihasilkan dari Indonesia alias selalu impor loh. Nah yuk Bela dukung produk asli Indonesia! Selain bisa ikut memajukan pasar modest fashion nasional, kamu juga dukung fesyen yang berkelanjutan.  

4. Kreativitas indonesia nggak ada obat!

Shutterstock/Atstock Productions

Bahan keren. Industri juga udah siap. Makin lengkap lagi Indonesia memiliki individu-individu yang kreatif banget. Popbela.com yakin deh salah satu dari kamu suka bikin desain fesyen muslim.

Apalagi banyak desainer fesyen muslim yang mendunia seperti contohnya Dian Pelangi, Ria Miranda, dan Islami Aprilia dan masih banyak lagi. Bahkan banyak juga koleksi dari desainer Indonesia masuk dalam ajang-ajang bergengsi seperti Indonesia Modest Fashion Week atau Modest Fashion Week dunia. Kreativitasnya keren banget deh pokoknya!

5. Jakarta Fashion Hub untuk fasilitasi industri kreatif

Dok. APR

Alasan berikutnya kenapa Indonesia bisa jadi pusat fesyen dunia adalah siapnya wadah untuk menampung ide-ide kamu. Buat Bela yang punya ide untuk mengembangkan brand modest fashion, tapi bingung cara memulainya kami bisa memulainya dengan kunjungi Jakarta Fashion Hub (JFH). 

Di JFH, para penggiat fesyen bisa memanfaatkan berbagai fasilitas seperti co-working space, studio foto, mendapat akses di berbagai acara workshop, memperluas networking, atau berkonsultasi langsung mengenai koleksi kain dengan APR. Yup, bener banget kamu juga bisa mendapatkan bahan serat rayon di JFH. One stop solution deh!

Dok. APR

Caranya kamu hanya perlu menjadi member dengan mengunjungi website Jakarta Fashion Hub di sini. Mudah banget pokoknya. Buat kamu atau teman-teman kamu yang punya ide untuk fesyen muslim share juga artikel ini ya! (WEB) 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends