Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua dan Cara Membuatnya

Dokumen penting untuk mengajukan beasiswa

Zikra Mulia Irawati

Surat keterangan penghasilan orang tua adalah salah satu dokumen wajib saat kamu hendak mengajukan beasiswa. Namun, bagaimana cara membuatnya, terutama jika orang tua adalah seorang wirausahawan?

Nggak perlu khawatir! Popbela akan memberi tahu kamu caranya supaya proses administrasi beasiswa lebih lancar. Yuk, merapat!

Berupa slip gaji

talenta.co

Jika orang tua kamu bekerja di suatu perusahaan, akan ada sebuah slip gaji resmi dari perusahaan. Pada slip gaji tertera gaji pokok, tunjangan, hingga potongan-potongan yang disalurkan untuk jaminan kesehatan dan lain-lain.

Minta ke pejabat setempat

dok. Internet

Namun, jika orang tua kamu menjalankan usahanya sendiri, jelas slip gaji tersebut tidak bisa didapatkan. Sebagai alternatif, kamu bisa mengajukan surat keterangan penghasilan ke RT atau RW setempat.

Butuh beberapa data

contohsuratindonesia.com

Untuk membuat surat tersebut, kamu perlu menyerahkan sejumlah data pribadi milikmu dan orang tua, seperti nama, pekerjaan, alamat, dan tentunya perkiraan penghasilan dalam satu bulan.

Mencantumkan kampus tujuan

123dok.com

Surat keterangan penghasilan orang tua ini umumnya ditujukan untuk mendaftar KIP-K atau program beasiswa lainnya. Oleh karena itu, beberapa daerah mewajibkan pengajunya untuk mencantumkan kampus, jurusan, hingga jalur masuk yang menerima dengan jelas dan rinci.

Surat keterangan penghasilan orang tua PNS

titikdua.net

Jika salah satu atau bahkan kedua orang tua kamu menjabat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), pangkat dan gaji yang dicantumkan haruslah terperinci. Tunjangan-tunjangan yang diberikan pun harus disertakan.

Hal terpenting dari surat keterangan penghasilan orang tua ini adalah kejujuran dalam mengisinya. Pasalnya, pemberian beasiswa harus tepat sasaran untuk orang-orang yang benar-benar membutuhkannya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk proses pengajuan beasiswa kamu, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life