Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Jurusan Kuliah D3 dengan Peluang Gaji Tinggi

Sudah tersedia di universitas negeri maupun swasta

Zikra Mulia Irawati

Tahukah kamu, kalau beberapa jurusan kuliah D3 punya peluang gaji tinggi juga? Meski masa kuliahnya lebih singkat daripada program S1, lulusan D3 tetap bisa bersaing di dunia kerja dengan bekal keahlian teknis yang mereka miliki.

Sebelum mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi yang sudah di depan mata, Popbela mau kasih rekomendasi jurusan kuliah D3 yang punya peluang gaji tinggi saat terjun di dunia kerja nanti, nih. Yuk, simak dan jadikan sebagai bahan pertimbangan!

1. D3 Administrasi Perkantoran

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Profesi sebagai orang kantoran masih dianggap keren oleh sebagian masyarakat Indonesia. Meningkatnya jumlah gedung perkantoran di Jakarta, khususnya, memperkuat anggapan ini.

Oleh karena itu, memilih D3 Administrasi Perkantoran sebagai jurusan kuliah mungkin akan jadi langkah terbaik untukmu. Prospek kerjanya terhitung luas, seperti menjadi staf administrasi hingga sekretaris suatu perusahaan. Kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta.

2. D3 Hubungan Masyarakat

Pexels.com/Jopwell

Selama manusia masih berkomunikasi satu sama lain, jurusan kuliah D3 Hubungan Masyarakat cocok banget jadi studi lanjutanmu. Prospek kerjanya antara lain menjadi staf humas di berbagai perusahaan ternama, jurnalis, hingga manajer pemasaran digital. Karena role ini dibutuhkan oleh semua perusahaan, nggak perlu takut untuk tidak dapat pekerjaan setelah lulus. Kamu bisa belajar ilmu ini di Sekolah Vokasi Universitas Indonesia atau Universitas Padjadjaran.

3. D3 Broadcasting

Pexels.com/Karolina Grabowska

Cabang ilmu komunikasi lain yang juga bisa dipelajari di jenjang D3 adalah Broadcasting atau Penyiaran. Bukan cuma diajari bersosialisasi, kamu akan belajar mengoperasikan teknologi-teknologi di balik sebuah siaran radio atau televisi. Karena konten audiovisual sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, peluang untuk dapat gaji besar jika terjun ke dunia kerja juga besar, nih. Sudah banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini, antara lain BINUS University atau Politeknik Negeri Media Kreatif.

4. D3 Pariwisata

Pexels.com/Te lensFix

Jurusan D3 Pariwisata bukan hanya menggiurkan karena pengalaman kerja sambil jalan-jalan, tetapi juga gaji yang terbilang tinggi. Apalagi, Indonesia merupakan negara dengan segudang destinasi wisata. Prospek kerja yang tersedia akhirnya jadi beragam, mulai dari pemandu wisata, pebisnis agen perjalanan, manajer tempat rekreasi. Kampus yang bisa menempa kamu untuk terjun di bidang ini antara lain Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung atau Politeknik Negeri Bali.

5. D3 Akuntansi

Pexels.com/Karolina Grabowska

Untuk kamu yang suka berhitung, jurusan kuliah D3 Akuntansi rupanya juga punya peluang bergaji tinggi saat sudah bekerja nanti. Pasalnya, perusahaan sekecil apa pun pasti butuh tenaga untuk mengatur keuangan. Jika sudah profesional, gaji yang ditawarkan bukan tak mungkin terbilang tinggi.

Selain akuntan, lulusan D3 Akuntansi punya sejumlah prospek kerja lainnya, seperti perencana bisnis, pemeriksa keuangan, hingga manajer pemasaran. Tingginya kebutuhan industri juga membuat banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini, lho. Misalnya Politeknik Negeri Jakarta, Telkom University, hingga Universitas Brawijaya.

6. D3 Perpajakan

Pexels.com/fauxels

Sudah jadi rahasia umum kalau pegawai di kantor perpajakan punya gaji yang tinggi, terutama saat sudah punya posisi yang mumpuni. Jika ingin menjadi salah satunya, kamu harus meningkatkan kompetensimu dengan kuliah di jurusan D3 Perpajakan di Universitas Terbuka atau Universitas Pancasila. 

7. D3 Teknik Telekomunikasi

Pexels.com/RF._.studio

Rekomendasi jurusan kuliah D3 dengan peluang gaji tinggi terakhir adalah Teknik Telekomunikasi. Tak dapat dimungkiri, digitalisasi di Indonesia masih membutuhkan begitu banyak tenaga ahli. Oleh karena itu, lapangan kerja akan terbuka lebar. Agar menjadi salah satu ahlinya, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Gadjah Mada akan jadi tempat belajar yang cocok untuk kamu.

Dengan ketekunan dan kemauan untuk terus belajar, mendapatkan gaji tinggi hanya soal waktu. Jadi, adakah jurusan kuliah D3 dengan peluang gaji tinggi yang sudah kamu incar, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life