Pandemi telah membawa banyak perubahan di berbagai bidang pekerjaan. Hal ini membuat kita harus terus mengasah kemampuan baik hard skill maupun soft skill.

Dengan memiliki skill yang mumpuni, kamu akan memiliki pilihan pekerjaan yang lebih banyak. Terutama untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masa depan. 

Agar kamu dapat mempersiapkannya dengan baik, inilah pekerjaan yang paling banyak dicari dan dibutuhkan di tahun 2022. 

1. Bidang kesehatan dan tenaga medis

Cari Jurusan? Ini 5 Pekerjaan Paling Dicari Tahun 2022 Menurut Forbeswallpapersafari.com

Pandemi telah berdampak besar pada kebutuhan pekerja di bidang kesehatan. Selama pandemi, banyak tenaga kesehatan yang tutup usia karena ikut terpapar virus maupun kelelahan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa keadaan mengerikan ini, telah membuat sepertiga perawat di dunia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya. Kurangnya tenaga medis profesional, akan membuat banyak rumah sakit membuka banyak lowongan pekerjaan untuk posisi ini.

2. Teknologi informasi

Cari Jurusan? Ini 5 Pekerjaan Paling Dicari Tahun 2022 Menurut Forbesfreepik.com/pressfoto

Tingginya permintaan di bidang pengembangan perangkat lunak dan aplikasi, telah membuat kebutuhan pekerja profesional di bidang ini semakin besar. Tidak jarang, beberapa perusahaan merekrut pekerja yang belajar coding secara online. Untuk kamu yang tertarik bekerja pada bidang teknologi, mungkin dapat mempertimbangan untuk belajar coding secara online.

3. Manajemen persediaan

Cari Jurusan? Ini 5 Pekerjaan Paling Dicari Tahun 2022 Menurut Forbesfreepik.com

Bertugas mengelola persediaan barang suatu perusahaan, ternyata permintaan untuk posisi manajemen persediaan cukup banyak. Pekerjaan serupa seperti manajemen persediaan yaitu, agen pembelian, analisis logistik dan manajer distribusi.

Mengatur jumlah persediaan bukan hal yang mudah, adanya ketidakpastian dari permintaan, waktu pendistribusian, hingga pasokan dari supplier, menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh manajemen persediaan. Meski belum akrab di telinga, pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2022.

4. Manajemen finansial

Cari Jurusan? Ini 5 Pekerjaan Paling Dicari Tahun 2022 Menurut Forbesfreepik.com

Diprediski pada tahun 2022, akan lebih banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja di bidang manajemen finansial. Bagian ini berfungsi untuk memeriksa pendapatan dan pengeluaran suatu perusahaan, sehingga mengoptimalkan profitabilitas. Dengan tingkat kesulitan pekerjaan yang tinggi, tentunya pendapatan yang akan kamu terima juga besar. 

5. Aktuaris

Cari Jurusan? Ini 5 Pekerjaan Paling Dicari Tahun 2022 Menurut Forbesfreepik.com/our-team

Seorang aktuaris adalah tenaga ahli yang bekerja di bidang pengukuran dan manajemen risiko serta ketidakpastian dalam usaha. Ia bertugas untuk mengumpulkan data statis untuk dianalisis, memikirkan probabilitas dan kemungkinan biaya yang dibutuhkan, hingga mengelola kebijakan untuk meminimalisir kerugian dan meningkatkan keuntungan.

Dengan ramainya perusahaan start-up, maka permintaan tenaga ahli ini cukup tinggi. Berbanding terbalik dengan sedikitnya sumber daya yang mumpuni. Hal yang membuat peluang kerja di bidang ini semakin terbuka lebar dengan sedikit pesaing.

Itulah lima pekerjaan yang memiliki peminat yang tinggi di tahun 2022. Namun, pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang diselesaikan dengan kesiapan dan perencanaan yang matang. Jadi, jangan ragu untuk bekerja sesuai passion. Manfaatkan keahlian kamu untuk memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang kamu lakukan, ya!

Baca Juga: 8 Profesi yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2025, Persiapkan Dirimu!

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Akan Hilang di Tahun 2033, Adakah Profesimu?

Baca Juga: 5 Cara Membuat Mind Mapping untuk Permudah Rencana Pekerjaan