Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Tetap Produktif Sebelum Memasuki Jam Kerja

Waktu adalah segalanya

Tri Sintarini

Seberapa pagi kamu bangun setiap paginya?  Apakah satu jam sebelum bekerja, dua jam sebelumnya atau bahkan lebih? Intinya setiap harinya kita ingin memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan segalanya. Karena itu perlu penyesuaian untuk memanfaatkan waktu produktifmu sebelum berangkat bekerja.  Mau tahu bagaimana? Inilah 9 ide yang bisa kamu lakukan. Yuk, let's check this out. 

1. Periksa Ramalan Cuaca dan Lalu Lintas

Mengetahui ramalan cuaca hari itu melalui aplikasi gadget atau kabar lalu lintas dari televisi dan radio akan membantu persiapan perjalananmu. Misalnya ketika hujan datang tandanya kamu harus berangkat lebih pagi dari biasanya karena ada potensi kemacetan yang luar biasa dibandingkan waktu normal. 

2. Rapikan Tempat Tidurmu dan Siapkan Pakaianmu

Merapikan tempat tidur merupakan salah satu tugas yang diminta orangtuamu sejak masih kecil tetapi aktivitas sederhana ini akan membuat ruangan kamarmu lebih bersih dan dampaknya membuat mood lebih baik. Selain itu kamu juga dapat menggunakan waktu tersebut untuk mempersiapkan pakaian yang akan kamu gunakan hari itu.

3. Bergerak atau Berolahraga Ringan

Siapkan waktumu minimal setengah jam setiap harinya akan membuat tubuhmu lebih sehat karena mengeluarkan keringat di pagi hari. Olahraga ringan yang bisa menjadi pilihan misalnya jalan pagi di sekitar lingkungan rumah dengan durasi waktu 15 sampai dengan 30 menit atau aktivitas lainnya. Tetapi jangan lupa setelahnya melakukan peregangan tubuh supaya kembali rileks.

4. Mandi

Kegiatan sederhana ini ternyata akan membuat tubuhmu lebih fresh lho, selain itu akan lebih sehat karena bersih dan wangi sebelum memulai hari. 

5. Persiapkan Sarapan Sambil Membaca Berita Terkini

Ketika menyiapkan sarapan di rumah gunakan waktu tersebut sambil mendengarkan berita terkini melalui stasiun radio favoritmu. Karena kamu bisa tetap menyimak meskipun sambil melakukan aktivitas lain. So, kamu nggak perlu fokus untuk duduk di satu tempat seperti menonton TV. 

6. Siapkan Target Harian dan Tujuan Setiap Harinya

Tuliskan target harian yang ingin kamu capai di buku agenda atau catatanmu setiap harinya kemudian beri prioritas dan lingkari yang sudah tercapai. List sederhana ini akan membantu hidupmu menjadi lebih teratur. 

7. Periksa Jadwal Harianmu

Lihatlah jadwalmu hari ini dan besok, pastikan untuk memiliki cukup waktu supaya dapat melakukan semua yang harus dilakukan dalam listmu. 

8. Periksa Rekening Bankmu dan Semua Transaksi yang Tertunda

Beberapa orang suka memeriksa laporan perbankan mereka setiap minggu atau bulan, untuk memantau dan mempermudah pengecekan setiap transaksi yang ada. Selain itu kamu juga dapat mengetahui bagaimana alur keuanganmu apakah sudah sesuai atau masih ada yang perlu dibenahi. 

9. Persiapkan Bekalmu

Sesekali bawalah bekal dari rumah, selain lebih sehat karena menggunakan bahan-bahan yang segar dan sehat. Hal positif lainnya akan membuatmu lebih menghemat untuk pengeluaran makan siang. Supaya konsisten nggak jajan, tambahkan beberapa makanan ringan termasuk buah dan membawa botol air. 

Yuk buatlah harimu lebih produktif!

IDN Media Channels

Latest from Working Life