Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Libur Panjang dan Harus Kerja? Kamu Bisa Relaksasi dengan Kegiatan Ini

Berhasil ngajuin cuti?

Tita Florita

Libur panjang akhir tahun akan segera datang. Tentu akan banyak acara seru yang bisa dinikmati. Kamu pun juga punya beberapa rencana yang akan dihabiskan dengan orang terdekat. Rencana sudah disusun, namun kenyataan nggak sesuai. Kamu pun harus masuk kantor dan menyelesaikan pekerjaan. Mengajukan cuti pun nggak bisa karena jatah habis atau terlalu banyak yang libur bersamaan.

Situasi ini memang membuat suasana hati menjadi kurang nyaman. Teman-teman bisa menikmati waktu dengan keluarga, kamu di kantor. Teman merantau pun banyak yang pulang. Berada di kota perantauan dengan situasi seperti ini, kamu tetap bisa menikmati waktu libur, kok.

1. Belanja

pexel.com/rawpixel.com

Banyak sekali promo dan potongan harga yang ditawarkan oleh pusat perbelanjaan dan toko langganan favorit kamu. Apalagi kalau akhir tahun biasanya ada momen Natal dan Tahun Baru. Pasti banyak barang menarik yang bisa kamu beli. Jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan saat berbelanja dan jeli dalam melihat harga. Hindari untuk terlalu pelit, ini merupakan apresiasi untuk diri sendiri karena sudah bekerja cerdas selama satu tahun.

2. Nonton

pexels.com/rawpixel.com

Banyak film bagus yang bisa kamu tonton di bioskop atau Tv kabel. Kamu bisa memilih sesuai dengan suasana hati dan genre favoritmu. Kalau kamu kreatif dan nonton film di rumah, bisa juga menyediakan makanan manis dan cokelat panas. Di Indonesia, cuaca sedang sejuk karena musim hujan. Jangan ragu pakai sweater  dan kaus kaki untuk menemani nonton film.

3. Memanjakan badan

pexels.com/freestocks.org

Ketika kamu sudah merasa terlalu lelah, kamu sungguh butuh yang namanya istirahat dan relaksasi. Kamu bisa lakukan perawatan rambut, muka, badan, dan kuku dengan merek favorit. Atau, kamu bisa mencoba membuatnya dari bahan alami. Kalau ingin sekaligus menikmati suasana luar, datang saja ke salon spa langganan. Waktu libur memang paling tepat untuk perawatan diri, bukan?

4. Selesaikan baca buku

pexels.com/Thought Catalog

Sudah akhir tahun, tapi belum sempat membaca satu buku, inilah saat yang tepat. Seperti yang kamu tahu kalau membaca bisa menjadi salah satu cara melarikan diri paling sederhana. Tenggelamkan dirimu lewat bacaan yang kamu pilih dan menarik. Mau dengan buku fisik atau digital bukan lagi masalah. Supaya lebih seru, sediakan teh panas. Selamat membaca!

5. Susun kegiatan baru

pexels.com/rawpixel.com

Saat sedang sendirian atau sedang melakukan aktivitas harian memang ada saja keinginan yang muncul di kepala. Ini jangan kamu abaikan, segera kamu tulis apa saja. Ini bisa menjadi target awal tahun yang bagus, jika ingin merealisasikan. Menulis buku, ikut kelas fotografi, belajar alat musik dan bahasa baru, hingga mencoba hal baru yang sederhana. Nggak ada kata terlambat untuk melakukannya, kok.

6. Sediakan makanan liburan

pexels.com/Eneida Nieves

Harus bekerja saat yang lain bisa berkumpul dengan keluarga rasanya semakin rindu rumah. Kalau kamu merantau bisa mengembalikan sedikit momen di rumah dengan cara membeli atau memasak hidangan yang biasa tersedia. Misalnya, kue kering, pasta, sup merah, dan lain sebagainya. Atau, kamu ingin membuat tradisi hidangan makanan sendiri, nggak ada salahnya untuk mencari resep, belanja, dan masak.

7. Nikmati waktumu

Pexels.com/Huyen Trang Nguyen

Selepas kerja dan menikmati liburan tanpa melakukan apa-apa bukan merupakan ide buruk. Bukan juga pertanda kamu malas. Tapi, biarkan badan istirahat untuk sebentar. Bersantai menikmati hari sebelum melanjutkan aktivitas bisa membuat pikiran jauh dari ketegangan yang bisa membuat stres. Ciptakan suasana yang nyaman agar kamu bisa relaksasi.

Musim liburan dan harus bekerja bukan berarti menghalangi kamu untuk tetap tampil segar, cerdas, dan tetap bisa bersenang-senang.

IDN Media Channels

Latest from Working Life