Sudah memasuki akhir tahun biasanya keinginan untuk liburan makin besar nih, Bela. Bukan hanya menjadi kesempatan bagus untuk menghabiskan sisa cuti tahun ini, liburan di akhir tahun juga punya suasana yang beda karena banyak tempat yang menyediakan promo. Nggak perlu jauh-jauh, pergi ke berbagai kota di Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta atau Bali juga nggak kalah seru, apalagi kalau kita travelling ditemani oleh orang-orang tercinta.

Bicara soal travelling, kebetulan Popbela diundang oleh Google untuk travelling selama 2 hari 1 malam di Surabaya. Dalam acara tahunan Google yang bertajuk #LiburanDenganGoogle ini, kami diajarkan untuk merencanakan liburan yang pas menggunakan Google Search, terutama dalam memenuhi 3 aspek penting saat liburan seperti transportasi, penginapan dan tempat wisata. Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mencoba mencari informasi untuk liburan dari Google, ya. Tapi buat kamu yang belum tahu, berikut beberapa informasi yang Popbela pelajari langsung selama di Surabaya.

1. Mencari tempat wisata

3 Cara Mudah Rencanakan Liburan Akhir Tahun dengan Googledok. Google Indonesia

Dalam konferensi pers yang diadakan di Restoran 1903 Society Complex, Mira Sumanti selaku Search Marketing Manager Google Indonesia sempat memaparkan kota-kota populer yang menjadi tempat liburan di Indonesia tahun 2016 lalu. Peringkat 3 besar masih diduduki oleh Bali, Yogyakarta dan Bandung. Sedangkan Padang dianggap sebagai kota yang sedang mencuri perhatian para traveller untuk dikunjungi.

3 Cara Mudah Rencanakan Liburan Akhir Tahun dengan Googledok. Popbela

Jika kamu sudah merencanakan akan liburan ke kota mana tapi masih bingung apa saja tempat menarik yang bisa dikunjungi dalam kota tersebut, kamu bisa mengandalkan aplikasi Google. Pastikan bahasa yang digunakan Google adalah Bahasa Indonesia. Lalu, cukup ketik Atraksi di Surabaya seandainya kamu ingin berlibur ke Surabaya. Salah satu tempat wisata di Surabaya yang Popbela datangi kemarin adalah Pantai Kenjeran.

2. Penginapan untuk liburan

3 Cara Mudah Rencanakan Liburan Akhir Tahun dengan Googledok. internet

Akhir tahun seperti ini biasanya disebut dengan peak season atau high season sehingga banyak hotel atau penginapan yang memasang harga lebih tinggi. Maka dari itu, kita perlu cermat mencari penginapan yang nyaman tapi juga sesuai dengan lama menyewa dan kondisi keuangan kita. Jika mau liburan ke Bandung selama 4 hari dan butuh penginapan yang terjangkau, kita bisa ketik Hotel di Bandung di bawah 300 ribu dan nanti akan muncul nama-nama hotel sekaligus harga kamar yang sesuai denganmu.

3. Transportasi liburan

3 Cara Mudah Rencanakan Liburan Akhir Tahun dengan Googledok. internet

Untuk sementara ini, Google baru menyediakan informasi lengkap seputar tiket pesawat untuk perjalananmu saat liburan nanti. Dari sekian maskapai penerbangan, kamu bisa melihat harga tiket yang mereka tawarkan tanpa perlu membuka situs mereka satu per satu. Salah satu hal yang menarik adalah Google berusaha menampilkan harga yang konsisten sepanjang hari, berbeda dengan situs atau aplikasi lain yang harganya bisa berubah-ubah dalam sehari.

3 Cara Mudah Rencanakan Liburan Akhir Tahun dengan Googledok. Google Indonesia

Liburan bersama Google di Surabaya ini tambah seru dengan kehadiran keluarga Gen Halilintar yang hadir saat konferensi pers. Mau tahu seperti apa kebiasaan mereka saat travelling? Ikuti artikel Popbela selanjutnya ya, Bela.

BACA JUGA: 5 Foto Misterius yang Berhasil Tertangkap Oleh Google Earth​