Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Jurusan yang Punya Tingkat Pengangguran Paling Rendah

Ada jurusan kuliahmu?

Romi Subhan

Berkuliah di jurusan favorit tentu jadi pilihan semua orang, namun bekerja di bidang sesuai dengan jurusan yang dipelajari waktu kuliah juga jadi impian sebagian orang. Dengan berkuliah di bidang yang diminati serta bekerja sesuai dengan yang sudah dipelajari akan menjadi sesuatu nilai tambah tersendiri. Berdasarkan survei yang ada di Amerika Serikat, terkait dengan perkembangan ekonomi di sana, ada delapan jurusan kuliah yang saat ini memiliki tingkat pengangguran yang terendah. Apa saja? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Dok. Internet

1. Teologi dan Agama

pexels.com/Wendy van Zyl

Jurusan yang pertama adalah Teologi dan Agama. Banyak yang terkejut akan hal ini namun rendahnya tingkat pengangguran untuk jurusan teologi mungkin karena jurusan teologi mendapatkan gelar mereka saat mereka bekerja dalam pekerjaan pastor. Juga sangat umum bagi mereka yang bekerja di bidang teologi untuk bekerja di dunia akademis atau sebagai guru. 

2. Teknisi Medis

pexels.com/rawpixel.com

Bagi mereka yang bekerja di bidang teknologi medis, memiliki keuntungan bekerja dengan cepat diperkirakan dari 2016 hingga 2026 meningkat 13 persen. Jadi lulusannya dipastikan akan langsung bekerja setelah lulus. Terbukti kan, di masa pandemi corona ini tenaga medis sangat dibutuhkan dan memiliki jasa yang besar sebagai salah satu profesi yang berada di garda terdepan, dalam memerangi corona.

3. Pendidikan

pexels.com/rawpixel.com

Jurusan ini tingkat pengangguran hanya mencapai angka 1,2 persen, angka yang cukup minim untuk sebuah jurusan yang tidak terlalu diminati. Hal ini disebabkan banyaknya sekolah atau kampus yang memang membutuhkan profesional dari jurusan pendidikan.

4. Kebijakan Publik dan Hukum

pexels.com/pixabay

Sama halnya dengan Pendidikan, secara penjurusan mungkin jurusan ini termasuk dalam kategori yang jarang diminati. Namun, siapa sangka angka pengangguran dari jurusan ini sangat minim yaitu di angka 1,7 persen. Semua bisnis maupun kebutuhan pribadi pasti ada masanya memerlukan bantuan hukum.

5. Pendidikan Usia Dini

pexels.com/pixabay

Jurusan satu ini sedang banyak diminati karena besarnya jumlah anak yang bersekolah di usia belia. Nggak heran kalau jurusan ini jadi salah satu jurusan dengan tingkat pengangguran rendah saat ini yaitu hanya 1,7 persen.

6. Pendidikan Umum

pexels.com/Christina Morillo

Nampaknya saat ini jurusan pendidikan sangat diminati oleh perusahaan khususnya perusahaan yang memang bergerak dalam bidang pendidikan. Diperkirakan selama beberapa tahun ke depan, profesi guru masih akan terus menjadi profesi favorit dan paling banyak dibutuhkan.

7. Teknik Sipil

pexels.com/rawpixel.com

Banyak pekerjaan yang membutuhkan jasa jurusan ini membuat tingkat pengangguran jurusan teknik sipil termasuk dalam 8 jurusan dengan pengangguran terendah. Kebutuhan akan pekerja untuk peningkatan infrastruktur menjadi salah satu alasan mengapa jurusan ini sangat diminati perusahaan saat ini. Tingkat pengangguran jurusan ini ada di angka 1,9 persen.

8. Pendidikan Sekolah Dasar

pexels.com/Pragyan Bezbaruah

Nampaknya memang dunia pendidikan juga termasuk yang sangat maju di era sekarang, terbukti dengan jurusan Pendidikan Sekolah Dasar mengisi peringkat ke-8 sebagai jurusan dengan tingkat pengangguran rendah, sama seperti Teknik Sipil, jurusan ini berada diangka 1,9 persen.

IDN Media Channels

Latest from Working Life