Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Jenis Hewan Kurban yang Sah dan Baik Menurut Islam

Ibadah sebagai wujud rasa syukur kepadaNya

Nindi Widya Wati

Hari Raya Iduladha atau yang disebut juga dengan Hari Raya Kurban menjadi salah satu ibadah penting umat muslim, Bela. Menyembelih hewan kurban sebagai wujud rasa cinta dan syukur seorang hamba kepada Allah SWT. 

Lantaran hal tersebut, ada kriteria khusus terkait pemilihan hewan yang layak disembelih saat berkurban. Kira-kira bagaimana jenis hewan kurban yang baik dan sah menurut Islam? Bisa simak dalam artikel berikut, ya, Bela! 

Syarat hewan kurban 

Jika kamu ingin berkurban maka perhatikan syarat pertama, hewan tersebut masuk ke dalam jenis hewan yang halal dimakan umat Islam. Syarat yang tercatat pula dalam Fatwa MUI perihal standar penyembelihan hewan untuk berkurban, Bela.

Lalu pastikan, hewan kurban masih memiliki hayatun mustaqirrah (masih dalam keadaan hidup ketika akan disembelih) atau masih sehat seperti umumnya, bukan yang sakit atau bahkan sekarat dan berada diambang kematian. Berikut, lima hewan ternak yang bisa disembelih untuk berkurban. 

1. Sapi

Pexels.com

Jika kamu ingin berkurban maka sapi bisa menjadi pilihan tepat, Bela. Secara fisik, sapi bertanduk pendek dengan warna tubuh yang beragam. 

Perlu diingat, sapi yang bisa disembelih minimal berusia dua tahun, bertubuh sehat, dan lengkap. Umumnya, berkurban sapi bisa atas tujuh orang untuk tiap satu ekor, hal yang disebut juga sebagai penyembelihan kolektif. 

2. Kerbau

Pexels.com

Jika kamu ingin rombongan kurban, kerbau menjadi pilihan lain, lho, Bela. Ketentuan kerbau yang bisa disembelih minimal berusia dua tahun, sehat, dan tidak cacat. 

Menyembelih kerbau sebagai hewan kurban memang makin jarang terdengar, namun hal tersebut masih dilakukan di Indonesia salah satunya masyarakat daerah Kudus, Bela.

Wah, apakah kamu tertarik juga?

3. Kambing

Pexels.com

Kambing menjadi hewan ternak dengan banyak peminat tiap perayaan Hari Raya. Lantaran harga kambing lebih terjangkau dibanding sapi, sekitar Rp1,5 juta hingga Rp3 jutaan. 

Jenis kambing biasa, dapat memenuhi syarat kurban minimal umur satu tahun dan telah masuk tahun yang ke dua. Sebagai informasi, kambing hanya bisa untuk satu nama, ya, Bela. 

4. Domba atau Biri-biri

Pexels.com

Kambing jenis domba bisa menjadi hewan kurban. Saat berumur minimal satu tahun dan telah berganti gigi, harga jual di pasaran sekitar Rp1-3 jutaan. 

Sebagai informasi, domba memiliki sejarah sebagai pengganti Nabi Ismail saat hendak disembelih oleh ayahnya, yakni Nabi Ibrahim.

5. Unta

Pexels.com

Hewan kurban yang terbilang sulit ditemukan di Indonesia, namun begitu banyak di daerah Arab Saudi. Unta bisa disembelih minimal saat berumur lima tahun dan telah masuk tahun yang ke enam. 

Kamu dapat membeli unta untuk kurban kolektif dengan menampung tujuh atau sepuluh orang. Namun, jenis hewan kurban ini memiliki harga jual yang cukup mahal, Bela. 

Itulah, sederet hewan ternak yang bisa jadi pilihan kurban di Hari Raya Iduladha. Jadi, siap kurban dengan jenis yang mana, nih

IDN Media Channels

Latest from Working Life