Sejarah Kurban saat Iduladha, Buah Kesabaran Nabi Ibrahim AS

Kurban pertama ada sejak masa nabi Adam AS

Sejarah Kurban saat Iduladha, Buah Kesabaran Nabi Ibrahim AS

Pemerintah telah menetapkan bahwa Iduladha 1443 Hijriah jatuh pada 10 Juli 2022. Selain melaksanakan salat Iduladha secara berjamaah, umat Islam yang ekonominya berkecukupan dianjurkan untuk berkurban.

Ibadah yang dilakukan dengan menyembelih hewan, seperti sapi, kambing, domba, atau kerbau, ini rupanya punya sejarah yang cukup bermakna? Seperti apa kisahnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Berawal dari mimpi nabi Ibrahim AS

Sejarah Kurban saat Iduladha, Buah Kesabaran Nabi Ibrahim AS

Suatu malam, nabi Ibrahim AS mendapatkan mimpi untuk menyembelih sang putra, Ismail. Padahal, Ismail adalah putra yang begitu lama dinantikannya. Namun, Ubaid ibnu Umair menyebutkan bahwa mimpi para nabi adalah sebuah wahyu. Sang nabi kemudian menyampaikan mimpi tersebut kepada anaknya. Kisah ini pun disebutkan dalam Alquran surat As-Saffat ayat 102.

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya: "Ketika anak itu sampai pada (umur) ia sanggup bekerja bersamanya, ia (Ibrahim) berkata, "Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Pikirkanlah apa pendapatmu?" Dia (Ismail) menjawab, 'Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu! InsyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang sabar.'"

Setelah Ismail menyanggupi, keduanya kemudian menjalankan perintah dari mimpi tersebut. Namun, baru sampai Ismail dibaringkan, Allah SWT mengganti sembelihan dengan seekor kambing, yang menurut beberapa riwayat berjenis kambing gibas.

Kisah tersebut dilanjutkan dalam surat As-Saffat ayat 103-110 yang artinya:

"Maka ketika keduanya telah berserah diri dan dia (Ibrahim) membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (untuk melaksanakan perintah Allah). Lalu Kami panggil dia, 'Wahai Ibrahim! sungguh, engkau telah membenarkan mimpi itu.' Sungguh, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Dan Kami abadikan untuk Ibrahim (pujian) di kalangan orang-orang yang datang kemudian, 'Selamat sejahtera bagi Ibrahim.' Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik."

Kurban di masa nabi Adam AS

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here