Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penuh Keberuntungan, ini 8 Weton Paling Istimewa Menurut Primbon Jawa

Adakah weton kelahiranmu, Bela?

Niken Ari Prayitno

Kita tentu percaya bahwa rezeki dan usia sudah diatur oleh Tuhan. Namun, dalam kepercayaan tradisi masyarakat Jawa, weton juga memiliki pengaruh terhadap nasib, rezeki, serta keberuntungan seseorang. Maka dari itu, penting bagi masyarakat Jawa yang masih memegang teguh adat dan budaya untuk mengetahui weton kelahirannya.

Dari 35 weton yang ada, ternyata ada 8 weton yang istimewa dan dipercaya penuh keberuntungan menurut Primbon Jawa. Mereka yang lahir di weton ini dipercaya akan diberi kemurahan rezeki dan keberuntungan sepanjang hidup. Apa saja weton tersebut?

1. Senin Wage

Unsplash.com/Elisabeth Morin edited by Niken Ari

Weton pertama yang dipercaya memiliki keberuntungan sepanjang hidupnya adalah Senin Wage. Weton dengan jumlah neptu 8 ini dikenal bijaksana, tidak suka tergesa-gesa dan sangat teliti saat sedang bekerja. Sehingga, hasilnya akan memuaskan dan bahkan nyaris tidak melakukan kesalahan karena kehati-hatiannya ini.

Senin Wage juga tipikal orang yang mudah mencari rezeki. Tak heran, jika rezekinya melimpah dan ini menarik orang-orang di sekitarnya untuk mendekat. Tapi, hati-hati, pemilik weton ini harus bijaksana dalam memilih teman. Salah-salah, mereka akan menjadi bumerang yang malah menghancurkan karier dan keberuntungannya.

2. Senin Pon

Unsplash.com/Elisabeth Morin edited by Niken Ari

Meski dikenal cerdas, orang yang lahir pada weton Senin Pon memiliki sifat yang angkuh dan keras hati. Di balik sifat buruknya itu, weton dengan jumlah neptu 11 ini punya banyak kelebihan yang akan disenangi oleh orang-orang di sekitarnya. Yakni, tidak tegaan, sportif, kreatif, dan memiliki jiwa pemimpin yang alami.

Orang dengan weton Senin Pon akan dengan mudah membuat usahanya sendiri. Maka dari itu, mereka sangat cocok berwirausaha karena keberuntungan akan memihak padanya. Kendala pasti akan dialami saat bekerja atau merintis bisnis. Namun, mereka akan dengan mudah menyelesaikannya sebab mereka memiliki pemikiran yang kreatif dan solutif.

3. Selasa Pahing

Unsplash.com/Elisabeth Morin edited by Niken Ari

Orang yang lahir pada weton Selasa Pahing dikenal sebagai weton yang ulet, tekun, rajin, disiplin dan cerdas. Weton dengan jumlah neptu 12 ini memiliki sifat buruk pencemburu dan sangat menakutkan jika marah.

Namun, di balik sifat buruknya ini, pemilik weton Selasa Pahing dikenal anggun dan berwibawa. Tak heran jika rekan di sekitarnya kerap memilihnya menjadi pemimpin. Sebab, pemilik weton Selasa Pahing ini merupakan sosok yang tak gegabah dan selalu berpikir panjang sebelum bertindak.

4. Selasa Pon

Unsplash.com/Elisabeth Morin edited by Niken Ari

Berdagang menjadi salah satu jenis pekerjaan yang cocok bagi pemilik weton Selasa Pon. Mereka memiliki pola dan cara berkomunikasi yang unik, sehingga mampu menarik minat lawan bicaranya. 

Pemilik weton dengan jumlah neptu 10 ini dikenal sebagai sosok yang pemaaf, jujur, dan berbudi luhur. Tak heran, jika keberuntungan selalu berpihak padanya karena sifat baiknya ini.

5. Rabu Pahing

Unsplash.com/Elisabeth Morin edited by Niken Ari

Supel, suka menolong, dan sederhana menjadi sifat yang dimiliki oleh orang yang lahir dengan weton Rabu Pahing. Weton dengan jumlah neptu 16 ini sangat loyal, bijaksana dan baik terhadap keluarga atau kerabatnya.

Sifat baiknya ini kemudian berdampak positif bagi kehidupannya. Pemilik weton Rabu Pahing akan selalu mendapat bantuan saat kesulitan karena pergaulannya yang luas. Selain itu, karena sifat loyalnya pula, banyak dukungan untuknya saat ia memutuskan untuk merintis usaha. 

6. Kamis Legi

Unsplash.com/Elisabeth Morin edited by Niken Ari

Pemilik weton Kamis Legi dikenal sebagai sosok yang ngeyel, mudah tersinggung, serta terlalu jujur. Karena kejujurannya inilah, terkadang pemilik weton dengan jumlah neptu 13 ini tidak bisa memilah mana yang harus dikatakan, atau mana yang seharusnya disimpan saja. Sehingga, tak jarang ucapannya bisa memancing amarah atau kesalahpahaman.

Terlepas dari hal tersebut, pemilik weton Kamis Legi merupakan sosok yang menguasai segala bidang ilmu. Hal ini, membuat rezeki dan keberuntungannya selalu lancar. Apabila ada masalah, pemilik weton Kamis Legi bisa menyelesaikannya dengan mudah tanpa ada kendala berarti.

7. Jumat Kliwon

Unsplash.com/Elisabeth Morin edited by Niken Ari

Beruntung jika kamu lahir atau kenal dengan seseorang yang lahir di weton Jumat Kliwon. Pemilik weton dengan jumlah neptu 14 ini dikenal sebagai sosok yang mampu menenteramkan hati. Sifat buruknya adalah pendiriannya yang mudah goyah. Padahal, apa yang ia yakini sudah benar. Namun, karena mengikuti apa yang dikatakan orang lain, pendiriannya kemudian berubah.

Terlepas dari hal itu, weton Jumat Kliwon selalu memiliki ide yang cemerlang dan kreatif. Tak hanya ide, apa yang terlintas di kepalanya ini kemudian diwujudkan dalam aksi nyata dan mendatangkan keuntungan yang tak disangka-sangka.

8. Minggu Wage

Unsplash.com/Elisabeth Morin edited by Niken Ari

Weton terakhir yang selalu membawa keberuntungan adalah Minggu Wage. Weton dengan jumlah neptu 9 ini mampu menyejukan hati orang-orang di sekitarnya, membawa kebahagiaan, serta menjadi penengah bagi mereka yang sedang berselisih.

Meski terkadang pemilik weton Minggu Wage tak mau kalah dengan orang lain, ternyata hal ini bisa membawa dampak positif. Taraf hidupnya menjadi bagus, serta derajat kehidupannya perlahan naik, seiring dengan usahanya.

Itulah tadi daftar weton yang memiliki keberuntungan menurut primbon Jawa. Adakah weton lahir kalian, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life