Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain Terkenal, Ternyata Seleb Ini Juga Berprofesi Sebagai Dosen Lho!

Bikin semangat kuliah!

Niken Ari Prayitno

Biasanya apa sih yang membuatmu semangat datang ke kampus? Motivasi dari orangtua, teman-teman, atau ada gebetan yang menunggumu di sana? Bagaimana kalau yang membuat semangat ke kampus adalah sang dosen pengajarmu?

Dok. Internet

Beberapa tahun lalu, tepatnya di tahun 2018, beredar foto yang memperlihatkan Reza Rahadian tengah mengajar di sebuah kelas. Berkemeja putih dan celana bahan hitam, Reza memang didaulat menjadi dosen mata kuliah Teknik Olah Suara dan Akting kelas Broadcasting, jurusan Vokasi Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Diketahui Reza menjadi dosen praktisi dan akan mengajar selama satu semester.

Selain Reza Rahadian, juga ada, lho, selebritas lain yang juga berprofesi sebagai dosen. Siapa saja mereka?

1. Dian Sastrowardoyo

Instagram.com/therealdisastr

Jika kamu mengikuti Instagram Dian Sastrowardoyo beberapa hari belakangan, kamu pasti akan melihat satu unggahan yang berisikan momen dirinya tengah mengajar. Pada semester ini, Dian dipercaya mengisi satu mata kuliah di kampus almamaternya, Universitas Indonesia.

"Hari ini mengajar di Vokasi UI. Membahas dasar-dasar story structure, premis film, Central Dramatic Question, dan LTG (Long Term Goal) dalam sebuah karakter, dasar-dasar bahasa visual dan mise en scène.

Buat anak-anak kelas aku, bikin tugasnya yang kali ini lebih semangat ya guys! I know you guys are way smarter and more creative than you think you are! You just don't know it yet!

Aku nggak pelit nilai! But I need to be impressed! So please.. impress me with your work!" tulisnya dalam caption Instagram.

2. Yacko

Instagram.com/Itsyacko

Belum banyak yang tahu, nih, kalau ternyata salah satu rapper perempuan Indonesia ini juga berprofesi sebagai dosen. Yacko diketahui telah mengajar lebih dari 10 tahun di Uniprep dan Unisadhuguna International College (UIC). Lulusan business administration University of Wollongong dan diploma of applied IT University of Sydney Australia ini mengajar mata kuliah di bidang pemasaran dan bisnis.

Bukan hanya mengajar, berkat dedikasinya pula, Yacko kini juga menjabat sebagai Head of Campus Uniprep dan Unisadhuguna International College (UIC). Jabatan ini telah diembannya sejak Oktober 2017 hingga sekarang. Cool!

3. Herfiza Novianti

Instagram.com/herfiza

Lulus Sarjana Magister di Institut Pertanian Bogor, Herfiza Novianti kini disibukan dengan kegiatannya sebagai pengajar mata kuliah psikologi di Universitas Dr. Moestopo. Istri dari Ricky Harun ini memang bercita-cita menjadi dosen. Setelah memiliki anak, Herfiza memang nggak ingin terlalu sibuk dengan kegiatannya di dunia hiburan. Dosen menjadi pilihan pekerjaan yang tepat karena nggak menyita banyak waktu.

4. Ellen Nita Vindriana

Instagram.com/ellennitaa

Memutuskan untuk hengkang dari Cherrybelle di tahun 2016, Ellen Nita Vindriana kini sibuk sebagai dosen aplikasi komputer bisnis Politeknik Negeri Malang. Ellen yang juga merupakan lulusan Politeknik Negeri Malang ini sudah mengajar di sana sejak September 2016 lalu. Meski sudah menjadi dosen, Ellen nggak meninggalkan dunia tarik suara, kok. Ia tetap menyanyi untuk acara kampus atau pernikahan.

5. Muhammad Farhan

Harianterbit.com

Berpengalaman sebagai penyiar radio dan televisi membuat pembawa acara senior, Farhan dipercaya menjadi dosen praktisi untuk mengajar mata kuliah yang berkaitan dengan dunia penyiaran. Saat ini Farhan memang sudah jarang terlihat di televisi dan lebih sibuk di belakang layar.

6. Desy Ratnasari

Instagram.com/Desyratnasarifans

Sudah nggak aktif lagi menjadi aktris dan penyanyi, Desy Ratnasari kini dikenal sebagai anggota DPR RI Komisi VIII yang membidangi agama, sosial, dan pemberdayaan perempuan periode 2014-2019. Selain pekerjaannya sebagai anggota DPR, Desy ternyata juga aktif menjadi dosen di Universitas Atma Jaya.

7. Wanda Hamidah

Instagram.com/wanda_hamidah

Sama seperti Desy Ratnasari, aktris senior Wanda Hamidah juga aktif sebagai anggota DPR dan juga dosen. Wanda sempat menjadi dosen tamu di beberapa universitas. Tak puas hanya menjadi dosen tamu, Wanda bertekad ingin menjadi dosen tetap. Untuk mewujudkan impiannya tersebut, kini Wanda juga tengah menyelesaikan pendidikan S3-nya.

8. Marissa Haque

Instagram.com/Marissahaque

Setelah menikah dengan Ikang Fawzi, Marissa Haque memilih untuk fokus ke pendidikannya. Sampai saat ini, diketahui Marissa telah memiliki lima gelar pendidikan, termasuk gelar doktoral atau S-3. Kini, Marissa disibukan dengan kegiatannya sebagai dosen dan peneliti di Universitas Trisakti.

9. Maia Estianty

Instagram.com/Maiaestiantyreal

Sukses di dunia musik ternyata nggak membuat Maia Estianty melupakan pendidikan. Ia berhasil menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Indonesia. Maia pun pernah menjadi dosen tamu di jurusan ilmu komunikasi untuk mata kuliah kepemimpinan.

Itulah tadi deretan selebritas yang juga berprofesi sebagai dosen. Ada lagi yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life