Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Syarat Pendaftaran dan Tahapan Seleksi CPNS & PPPK 2021

Siapkan dengan matang, ya, Bela!

Natasha Cecilia Anandita

Pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2021 dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dikabarkan akan dibuka hari ini, Senin (31/5/2021). Namun, melansir dari akun Instagram resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), pada tanggal tersebut rekrutmen tersebut belum dibuka dan akan dijelaskan lebih lanjut mengenai jadwalnya. BKN juga menyarankan untuk memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya.

Meski menimbulkan kekecewaan masyarakat, tetapi pengunduran waktu tersebut dapat disikapi secara positif dan dimanfaatkan sebaik mungkin, lho, Bela. Kamu bisa mempersiapkan diri dengan belajar sebaik-baiknya serta melengkapi berkas dan syarat pendaftaran yang perlu dipenuhi.

Nah, berikut ini Popbela akan beritahukan apa saja syarat pendaftaran serta berbagai informasi mengenai rekruitmen CPNS 2021 dan PPPK!

Kuota penerimaan

langgam.id

Mengutip situs resmi Kemenpan RB, seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 akan diadakan di 56 kementerian dan lembaga, 34 pemerintah provinsi, serta 504 pemerintah kabupaten dan kota. Pemerintah menyediakan 1.275.387 kebutuhan ASN tahun 2021 untuk pemerintah pusat dan daerah.

Prosedur seleksi

bnn.go.id

Berkaitan dengan prosedur seleksi, nantinya akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) di bawah koordinasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Tahapan seleksi

sscasn.bkn.go.id

Melansir dari laman sscasn.bkn.go.id, terdapat enam tahapan seleksi yang harus diikuti para pelamar meliputi:

  1. Pengumuman lowongan
  2. Pendaftaran daring di SSCN BKN
  3. Seleksi administrasi
  4. Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)
  5. Ujian SKB (Seleksi Kompetensi Bidang)
  6. Pengumuman kelulusan

Syarat pendaftaran

pixabay.com/TeroVesalainen

Syarat pendaftaran yang perlu disiapkan yakni:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli,
  • Kartu Keluarga (KK),
  • pas foto,
  • Swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun
  • ijazah dan transkrip nilai
  • surat lamaran,
  • surat pernyataan, dan
  • dokumen lain yang disyaratkan instansi yang ingin dilamar.

Formasi yang dibutuhkan

Profesi guru menjadi formasi yang paling banyak dibutuhkan dari total 13 spesifikasi pegawai dalam seleksi ASN 2021. Kemudian disusul penjaga rumah tahanan, penyuluh KB, analis perkara peradilan, dan pemeriksa.

Sementara, merujuk data yang dilampirkan pada unggahan akun Instagram @kemenpanrb, formasi terbanyak CPNS 2021 di instansi pusat yakni penjaga tahanan, analis perkara peradilan, pemeriksa, analis hukum pertanahan, dan perawat. Sedangkan formasi terbanyak di tingkat provinsi untuk tenaga kesehatan adalah perawat, dokter, asisten apoteker, perekam medis, dan bidan.

Itulah syarat pendaftaran beserta informasi lainnya terkait dengan rekruitmen CPNS dan PPPK 2021. Selamat mempersiapkan diri, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Working Life