Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Novi Amelia, Model Majalah Dewasa yang Tewas Bunuh Diri

Diketahui memiliki gangguan mental

Natasha Cecilia Anandita

Kabar mengejutkan datang dari Novi Amelia, seorang model majalah dewasa yang dikabarkan bunuh diri dengan terjun dari lantai 8 Apartemen Kalibata City, pada Rabu (16/2/2022) pagi. Peristiwa bunuh diri itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, seperti yang dikatakan oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Ridwan Soplanit.

Meninggal dengan cara yang tak wajar, membuat nama Novi Amelia diperbincangkan. Novi Amelia sendiri sebelumnya juga pernah terseret kasus kecelakaan di mana ia menabrak 7 orang di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat pada Oktober 2012. Lantas siapa sosoknya? Berikut Popbela jabarkan profil dari Novi Amelia.

Mengawali karier sebagai seorang model

ladiestory.id

Novi Amelia lahir pada 1 Desember 1987 di Medan, Sumatra Utara dengan nama asli Linda Astuti. Ia senang berpose dan menjadi foto model pertama kali pada tahun 2004. Kala itu ia banyak mengikuti kontes-kontes foto model.

Novi diketahui mengawali kariernya sejak tahun 2005 silam, pada saat itu ia memutuskan untuk datang ke Jakarta dan menjadi seorang model. Ia berpose seksi untuk majalah dewasa bernama Popular. Namun dirinya sempat vakum dari dunia model karena dilarang kekasihnya pada 2009.

Pernah menjajal dunia tarik suara

Liputan6.com/Panji Diksana

Tahun 2008 ia ditawari pihak manajemennya untuk merilis album pop dangdut. Semua materi promo untuk albumnya mulai dari RBT, video klip, rencana promo radio dan televisi sudah siap dirilis. Namun, karena Novi merasa belum siap untuk terjun total sebagai penyanyi, akhirnya semua itu terhenti di tengah jalan.

Beberapa kali terlibat kasus lalu lintas

Tribunnews/Theresia Felisiani

Pada tahun 2012, nama Novi Amelia menyulut amarah publik karena berkendara dengan tidak baik hingga menabrak tujuh orang di Kawasan Taman Sari, Jakarta Barat. Ketujuh orang tersebut mengalami luka-luka, termasuk dua polisi yang mencoba memberhentikan laju kendaraannya.

Kala itu, Novi Amelia diduga menyetir dalam keadaan mabuk dan hanya mengenakan pakaian dalam. Ia menyetir mobilnya dengan kecepatan tinggi di perempatan lampu merah di Jalan Ketapang, Taman Sari Jakarta Barat.

Selain itu, ia juga pernah dikabarkan ditangkap kepolisian pada April 2012 atas kasus kelalaian lalu lintas di mana ia mengendarai mobil Honda CR-V dan melaju secara zig-zag di kawasan Jalan Gajah Mada, Jakarta.

Pernah lakukan percobaan bunuh diri

wowkeren.com

Sebelum berakhir mengenaskan, Novi juga pernah melakukan percobaan bunuh diri pada 8 Mei 2012 lalu. Dengan hanya menggunakan daster, Novi pernah mencoba bunuh diri dengan menabrakkan dirinya ke mobil yang melaju. Novi pun sempat dirawat selama sehari di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2, Cipayung dan kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Kejiwaan, Duren Sawit.

Beberapa kali membuat ulah dan diduga memiliki gangguan mental

dok. Facebook

Terlepas dari kasus kecelakaan lalu lintas dan percobaan bunuh diri yang menimpanya, Novi juga kerap menghebohkan publik dengan ulahnya. Sempat beredar foto-foto Novi Amelia yang sedang diborgol dengan pakaian yang sangat minim dan tidak pantas.

Foto tersebut berlatar seperti berada di dalam kantor polisi. Ia juga pernah nekat untuk berusaha melepas seluruh pakaiannya dan hampir bugil saat menumpangi kendaraan ojek. Ia juga tercatat pernah mengamuk di jalanan hingga akhirnya dibawa ke pihak kepolisian.

Banyak yang menduga bahwa Novi mengalami gangguan mental. Hal itu pun dibenarkan oleh pihak keluarga. Orang tua Novi mengatakan bahwa Novi kerap berteriak-teriak dan mengalami depresi sejak lama, tepatnya sejak pindah ke Jakarta. Ia sempat dibawa ke Badan Narkotika Nasional dan dirinya juga sempat dirawat di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Cibubur karena mengonsumsi narkoba.

Kronologi bunuh diri Novi Amelia

detikcom/Hasan Alhabshy

Novi Amelia ditemukan sudah tak bernyawa setelah diketahui terjun dari lantai 8 Tower Raflesia, Apartemen Kalibata City. Peristiwa tersebut terjadi pada pagi hari pukul 05.00 WIB. Ada 2 saksi yang melihat Novi sebelum insiden tersebut.

Seorang sekuriti apartemen yang sedang patroli melihat Novi duduk di tembok luar kamar apartemen. "Dia duduk di tembok samping jendela lantai 8 apartemen. Sekuriti sempat teriak dari bawah," ujar Ridwan saat dikonfirmasi media, Rabu (16/2/2022).

detikcom/Hasan Alhabshy

Teriakan sekuriti itu diduga tak didengar Novi. Saksi kemudian bergegas naik ke atas untuk menghampiri korban. Sayangnya, pintu kamar terkunci dari dalam dan saksi pun mendobraknya. Namun, Novi lebih dahulu menjatuhkan dirinya.

Ia akhirnya ditemukan tewas tergeletak di bawah apartemen, tubuhnya terbentur bibir tembok dan mobil yang terparkir. Novi saat itu meninggal dunia dengan luka yang dialami di tubuh bagian kepala, wajah dan paha kanan.

Itulah profil sekaligus kronologi singkat insiden bunuh diri dari model majalah dewasa Novi Amelia.

IDN Media Channels

Latest from Working Life