Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Antara iPhone 12, 13 & iPhone 14, Ini Peningkatan Paling Mencolok

Prosesor hingga desainnya

Natasha Cecilia Anandita

Setelah tahun lalu merilis iPhone 13, Apple rencananya akan merilis seri terbaru mereka, iPhone 14 pada akhir tahun 2022 ini. Meski belum resmi rilis, namun sejumlah bocoran terkait iPhone 14 beredar di internet dan media sosial.

Dari iPhone 12, 13, dan 14 ada beberapa perbedaan atau peningkatan baik minor maupun besar lainnya. Melansir Tom’s Guide, perbedaan paling mencolok antara iPhone 12, 13, dan 14 adalah dari segi desain. Berikut beberapa perbedaan dan peningkatan paling mencolok dari iPhone 12, 13, dan 14.

1. Perbedaan segi desain

unbox.id

Dalam segi desain, warna ketiga seri ini berbeda-beda. Segi desain yang menonjol adalah notch yang adalah aspek desain penting yang memungkinkan beberapa sensor berada di sisi depan iPhone. Pada iPhone 12, notch masih terlihat cukup besar.

Di iPhone 13, Apple membuatnya lebih kecil 20% dan 28% kecerahan layar. Sementara dari rumor yang beredar, Apple disebut akan membuang notch dan menghilangkan tonjolan kamera belakang iPhone 14.

Kamera belakang pada iPhone 12 dan 13 memang cukup terlihat. Pada iPhone generasi terbaru ini Apple akan mulai memasuki era punch hole, setidaknya untuk model iPhone 14 Pro. Untuk memungkinkan tonjolan kamera belakang yang rata, Apple menggunakan sensor yang lebih ringkas.

Selain itu, pada seri iPhone 14 nantinya hanya akan terdiri dari tiga model saja, yakni iPhone 14, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Tidak ada model iPhone 14 Mini seperti yang ada pada seri iPhone 12 dan 13.

2. Bionic Chip yang lebih besar

twitter.com/theapplehub

Perkembangan lainnya dari ketiga seri iPhone ini adalah prosesor bionic chip yang dipakai. iPhone 12 memakai bionic chip A14, iPhone 13 sudah naik menjadi bionic chip A15, dan iPhone 14 dirumorkan akan memakai bionic chip A16.

Peningkatan prosesor tersebut jelas berpengaruh pada pemakaian. Prosesor baru memiliki performa lebih cepat. Harapannya peningkatan ini mencapai 11% untuk kinerja dan 22% peningkatan efisiensi daya. Prosesor terbaru juga memungkinkan iPhone 14 memiliki fitur keamanan Touch ID di dalam layar.

3. Peningkatan kamera

unbox threrapy

Kamera juga tak lepas dari peningkatan. Pada iPhone 12, lensanya termasuk Wide dan Ultra-Wide, khusus seri Pro Max dan Pro ditambah dengan lensa telefoto. Rentang zoom optiknya 2x, 4x, dan 5x. Sensor utamanya adalah 12 MP.

Pada iPhone 13, peningkatan kamera tidak terlalu menonjol, sensor utamanya masih 12 MP, dan lensanya tidak ada penambahan. Rentang zoom optiknya ada sedikit peningkatan untuk seri Pro dan Pro Max, yaitu 6x.

Analis gadget kenamaan, Min-Chi Kuo mengatakan bahwa Apple dapat melompat dari sensor utama 12MP pada iPhone 12 dan 13, ke kamera lebar 48MP pada iPhone 14. Ini akan menjadi peningkatan besar dalam resolusi. Upgrade lain bisa datang pada model iPhone 14 Pro, karena Apple dilaporkan sedang mengerjakan kamera zoom gaya periskop.

4. Desas desus port

Bloomberg/Brent Lewin

iPhone 12 dan 13 menggunakan port atau konektivitas USB lightning alih-alih USB-C yang suda banyak digunakan smartphone android. Di iPhone 14 ada desas desus bahwa Apple akan mengganti USB lightning mereka dengan USB-C.

Apple mungkin juga malah akan menghilangkan port sama sekali, sehingga pengisian baterai menggunakan wireless charging. Namun, Tom’s Guide memprediksi sepertinya kisaran iPhone 14 masih tetap menggunakan port Lightning. USB-C kemungkinan baru akan datang pada akhir 2023 pada iPhone 15.

5. Penyimpanan

ibox.com

Kapasitas penyimpanan sendiri cukup meningkat. Pada iPhone 12, kapasitasnya mulai dari 64 GB hingg 256 GB. iPhone 13 memulai kapasitas penyimpanan dari 128 GB hingga 1 TB untuk seri Pro dan Pro Max mereka. iPhone 14 juga diharapkan tetap berada pada kapasitas penyimpanan yang sama dengan iPhone 13.

6. e-SIM ganda

kawangadget.com

Peningkatan selanjutnya menyangkut SIM. iPhone 12 memiliki SIM ganda (nano-SIM dan eSIM) tapi tidak memiliki e-SIM ganda yang berarti hanya bisa memuat 1 kartu SIM. Peningkatan terjadi di iPhone 13 dengan SIM ganda (nano-SIM dan eSIM) termasuk e-SIM ganda.

Apple juga dapat meluncurkan varian eSIM saja dari iPhone 14, menurut klaim oleh analis Emma Mohr-McClune dari GlobalDate. Langkah ini akan meningkatkan daya tarik iPhone di antara pengguna yang membutuhkan kemampuan SIM ganda, seperti pengguna bisnis dan pelancong luar negeri.

7. Face ID lebih canggih

twitter.com/yabhishekhd

Untuk autentikasi keamanan, iPhone menggunakan Face ID yang hadir berkat kamera TrueDepth untuk pengenalan wajah. Mereka juga menggunakan Touch ID atau fingerprint. iPhone 12 masih memiliki Touch ID yang terletak di bagian samping.

Sementara di iPhone 13, Touch ID hilang dan hanya ada Face ID. Perkembangan selanjutnya, iPhone 14 pun kemungkinan juga tidak memiliki dukungan Touch ID. iPhone 14 yang kemungkinan menggunakan iOS 15.4, memiliki fitur Face ID yang lebih canggih yang membuatnya bisa mengenali pengguna yang sah bahkan ketika mereka mengenakan masker.

8. Harga

youtube.com/EverythingApplePro

Tak ada peningkatan atau perbedaan mencolok mengenai harga, tapi ini salah satu yang dinantikan. Untuk harganya, ketiga seri iPhone ini tidak jauh berbeda, berikut perkiraan harganya (harga mulai dari dan berbeda tergantung kapasitas penyimpanan):

iPhone 14

  • iPhone 14: US$799 atau Rp11,7 juta
  • iPhone 14 Max: US$899 atau Rp13,1 juta
  • iPhone 14 Pro: US$1.099 atau Rp16 juta
  • iPhone 14 Pro Max: US$1.199 atau Rp17,5 juta

Harga di atas adalah harga perkiraan internasional mmengutip dari Tom's Guide. Saat masuk ke Indonesia, harganya mungkin tidak jauh berbeda dengan harga iPhone 13 tahun lalu.

iPhone 13

  • iPhone 13: Rp 15,1 juta
  • iPhone 13 Mini: Rp 13,1 juta
  • iPhone 13 Pro: Rp 18,6 juta
  • iPhone 13 Pro Max: Rp 20,1 juta

iPhone 12

  • iPhone 12: Rp 11,9 juta
  • iPhone 12 Mini: Rp 10,9 juta
  • iPhone 12 Pro: Rp 18,4 juta
  • iPhone 12 Pro Max: Rp 20,4 juta

Harga di atas adalah harga yang tertera di website resmi Apple Indonesia.

Itulah peningkatan dan perbedaan dari iPhone 12, 13, dan 14 yang akan segera rilis tahun ini.

IDN Media Channels

Latest from Working Life