Aroma kehadiran generasi terbaru iPhone kian tercium panas. Hingga kini ‘iPhone 14’ masih trending di Twitter dan ramai diperbincangkan. Salah satu yang menarik perhatian adalah rumor warna iPhone 14 yang lebih dalam dan gelap dibanding iPhone 13.

Selain itu, banyak rumor yang mengatakan iPhone 14 akan memiliki kamera depan yang lebih berspesifikasi tinggi. Lantas berapa harganya dan bagaimana spesifikasi selengkapnya? Berikut beberapa informasi seputar iPhone 14 yang berhasil Popbela rangkum.

1. Diisukan rilis pada September 2022

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan Harganyatwitter.com/Gadget_Tendency

Belum ada pengumuman jadwal resmi iPhone 14 dirilis secara global. Namun, jika melihat dari pola perilisan biasanya, iPhone generasi terbaru ini akan rilis pada September 2022. Dari rumor yang didapat media luar, yang diklaim dari orang dalam Apple, disebutkan peluncuran iPhone 14 akan dilakukan pada 13 September 2022.

Mengutip Tom’s Guide, mengingat gangguan yang disebabkan oleh pandemi virus corona pada rantai pasokan, Apple tampaknya mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kisaran iPhone 14 mengenai waktu tunggu yang lama karena gangguan manufaktur di antara pemasok utamanya.

2. Harga iPhone 14 diperkirakan sama dengan iPhone 13

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan Harganyathevalleypost.com

Harga iPhone 14 juga masih sulit diprediksi. Tetapi kabar yang beredar, soal harga awal tak akan jauh berbeda atau sama dengan iPhone 13. Ada 4 jenis iPhone 14 nantinya termasuk Max dan pro tapi tidak ada jenis mini.

Harganya diperkirakan mulai dari US$799 (sekitar Rp11,7 juta) untuk yang biasa dan US$899 (sekitar Rp13,1 juta untuk) yang Max. Berdasarkan rumor terbaru, tahun ini diperkirakan harga model Pro dan Pro Max akan lebih mahal atau mengalami kenaikan harga.

iPhone 14 Pro mungkin mencapai $1.099 (sekitar Rp16 juta), yang merupakan kenaikan $100 dari iPhone 13 Pro yang sebesar $999. Dan iPhone 14 Pro Max mungkin melihat peningkatan yang sama, dengan mencapai $ 1.199 (sekitar Rp17,5 juta). Namun perkiraan harga tersebut mengikuti pasar global, jika masuk di Indonesia, harga iPhone 14 bisa mulai dari Rp14 – Rp20 juta.

3. Desain iPhone 14

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan HarganyaFront Page Tech/Ian Zelbo

Menurut Jon Prosser dan video Front Page Tech-nya, iPhone 14 akan terlihat seperti iPhone 12 yang disilangkan dengan iPhone 4, karena akan menempel dengan tepi rata. Tapi ujung-ujungnya bisa termasuk tombol mute dan sekelompok tombol bulat untuk volume, yang mengingatkan kembali ke iPhone 4.

Sisi iPhone 14 bisa terbuat dari titanium, yang membuatnya lebih keras dan lebih kuat dari iPhone sebelumnya, sedangkan bagian belakang akan mempertahankan lapisan kaca tetapi tampaknya dengan lapisan seperti satin.

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan HarganyaFront Page Tech/Ian Zelbo

Beberapa skema menunjukkan model iPhone 14 Pro dengan susunan kamera yang dinaikkan menjadi lebih besar pada iPhone 14 Pro, dan analis Ming Chi Kuo mengklaim bahwa modul yang lebih besar diperlukan untuk menampung kamera 48MP.

Beberapa desas-desus mengatakan bahwa iPhone 14 akhirnya menghilangkan notch layar. Dan sepertinya hanya iPhone 14 Pro yang tidak memiliki notch dan memilih kombinasi satu kamera melingkar dan sebuah potongan berbentuk pil di sampingnya untuk menahan sensor ID Wajah yang jika dilihat dari samping seperti membentuk huruf i. Ini mungkin juga mengurangi bezel, yang akan membuat tampilan layar terlihat lebih besar.

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan HarganyaWeibo

Desas-desus ini semakin dipercaya dengan apa yang tampak seperti foto rantai pasokan yang bocor yang memamerkan temper glass untuk keempat model iPhone 14. Dalam foto tersebut terlihat hanya iPhone 14 dan iPhone 14 Max tampaknya akan masih mempertahankan notch layar.

Mirip dengan Pro, MySmartPrice juga memperoleh render CAD dari iPhone 14 biasa. Seperti yang kita lihat, render ini tidak terlihat berbeda dari iPhone 13 yang kita miliki sekarang. Notch-nya masih lebih ramping dan kamera belakang ditumpuk secara diagonal.

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan HarganyaMax Weinbach

Untuk ukuran iPhone 14 Max banyak analis yang berasumsi akan menampilkan desain yang sama dalam bodi dengan layar 6,7 inci. Leaker Max Weinbach, yang memiliki catatan sejarah yang solid, mengunggha dugaan skema untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Keduanya menunjukkan ponsel yang lebih tebal 0,2 mm dengan tonjolan kamera yang lebih besar. Yang cukup menarik, skema menunjukkan bahwa iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max tidak akan terlalu berbeda tinggi dan lebar dari pendahulunya. Skema ini juga menunjukkan guntingan lubang baru/berbentuk pil.

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan HarganyaAlibaba/Macotakara

Semua perubahan desain yang berbeda dipajang dalam koleksi mock-up iPhone 14 yang diunggah di video Alibaba yang dibagikan oleh situs Jepang Macotakara. Kita tidak hanya melihat perbedaan antara iPhone 14 dan iPhone 14 Pro, tetapi juga cukup jelas bahwa modul kamera yang lebih besar pada model Pro akan memerlukan kasing baru untuk ponsel tersebut.

Untuk pilihan warna, salah satu sumber mengatakan akan ada pilihan warna Midnight, Starlight, dan Product RED seperti biasa, dengan warna biru saat ini diganti dengan warna biru langit yang lebih terang dan pilihan warna ungu baru yang masuk. Namun kebocoran itu telah dihapus, jadi sulit untuk menilai apakah nantinya benar warnanya akan seperti itu.

4. layar iPhone 14

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan HarganyaFront Page Tech/Ian Zelbo

(Kredit gambar: Ian Zelbo | Teknologi Halaman Depan)

Berdasarkan laporan, kita akan melihat iPhone 14 standar dan iPhone 14 Pro hadir dengan layar 6,1 inci, dan kemungkinan iPhone 14 Plus dan iPhone 14 Pro Max 6,7- layar inci. Bocoran dari Shadow Leak mengklaim bahwa iPhone 14 akan memiliki layar 6,08 inci (dibulatkan menjadi 6,1 inci) dan iPhone 14 Max dengan memiliki panel 6,68 inci (dibulatkan menjadi 6,7 inci).

Itu sama dengan iPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max. Masalahnya, model Pro bisa menjadi sedikit lebih besar (masing-masing menjadi 6,12 inci dan 6,69 inci) karena bezel baru. Mengingat iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max memiliki tampilan kecepatan refresh 120Hz, akan sangat bagus untuk melihat semua model iPhone 14 memiliki layar seperti itu, kemungkinan menggunakan panel LTPO atau evolusi dari teknologi tampilan tersebut.

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan Harganyaforbes.com

Sebuah rumor rantai pasokan baru memiliki iPhone 14 Max, yang berpotensi disebut iPhone 14 Plus, diperkirakan akan mendapatkan tampilan kecepatan refresh 120Hz. Satu laporan dari The Elec mengatakan bahwa setidaknya ada satu model iPhone 14 dengan layar LTPS.

Namun rumor yang lebih baru menyebutkan model standar iPhone 14 akan mendapatkan tampilan kecepatan refresh 90Hz, yang akan menjadi peningkatan penting dibandingkan panel 60Hz, walau cukup mengecewakan dan diluar dari yang diharapkan, yaitu 120Hz.

5. Touch ID dirumorkan akan kembali di iPhone 14

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan Harganyatwitter.com/BGR

Salah satu perubahan paling signifikan untuk iPhone 14 dibandingkan pendahulunya adalah kembalinya Touch ID. Alih-alih diintegrasikan ke dalam tombol daya, itu seharusnya disematkan di bawah layar iPhone 14, seperti banyak sensor sidik jari pada ponsel Android.

Tetapi para analis masih belum mengetahui seberapa besar kemungkinan ini. Analis Ming Chi-Kuo berpendapat bahwa tidak akan ada iPhone dengan Touch ID, atau ID Wajah di bawah layar, selama beberapa tahun lagi. Namun dengan iOS 15.4, Apple telah membuatnya agar ID Wajah dapat mengenali pengguna yang sah bahkan saat mereka mengenakan masker.

Satu laporan dari analis Apple, Ming-Chi Kuo memberi tip sensor utama 48MP untuk model iPhone 14 Pro, yang akan menjadi lompatan besar dari kamera 12MP pada iPhone 13. TrendForce, sebuah perusahaan riset Taiwan, mendukung rumor kamera utama 48MP ini. Tetapi model iPhone 14 standar diperkirakan akan tetap menggunakan kamera 12MP, dan hanya model Pro yang diharapkan mendapatkan kamera utama 48MP.

6. Spesifikasi iPhone 14, masa pakai baterai, dan pengisian daya

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan Harganyaforbes.com

Sejauh ini, masih sedikit info tentang potensi spesifikasi iPhone 14. Beberapa analis yakin bahwa iPhone 2022 akan menggunakan desain chip seri-A oleh Apple. Kemungkinan besar adalah A16, chip tersebut hampir pasti akan menawarkan peningkatan yang signifikan baik dalam kinerja prosesor dan grafis di atas A15 Bionic yang diunggulkan untuk iPhone 13.

IPhone 14 diperkirakan akan menampilkan chip 4nm dari TSMC, yang akan lebih kecil dan lebih efisien daripada 5nm A15 Bionic yang dijadwalkan untuk iPhone 13. Namun, sebuah laporan baru-baru ini mengklaim bahwa TSMC mengalami masalah dalam memproduksi chip yang lebih kecil, yang berarti iPhone 14 bisa bertahan dengan chipset 5nm. Jika demikian, ini akan menjadi pertama kalinya iPhone pergi tiga tahun dengan ukuran yang sama system-on-chip.

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan Harganyaforbes.com

Analis Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa Apple mungkin memutuskan untuk hanya memberi iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max chip A16 Bionic yang baru. Dan iPhone 14 dan iPhone 14 Max reguler akan ditenagai oleh A15 Bionic yang berusia satu tahun.

Kuo juga mengatakan bahwa keempat model iPhone 14 akan memiliki RAM 6GB menurut Kuo. Namun, model dasar akan menggunakan RAM LPDDR 4X seperti kisaran iPhone 13 saat ini, sedangkan model Pro diduga akan mendapatkan RAM LPDDR 5 yang lebih cepat dan lebih efisien.

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan Harganyaiculture.nl

Di sisi penyimpanan, rumor mengatakan bahwa iPhone 14 akan mendapatkan penyimpanan internal 2TB yang sangat besar. Catatan analis terpisah dari Jeff Pu mengatakan bahwa iPhone 14 dan 14 Max akan mulai dengan penyimpanan 64GB dan iPhone 14 Pro Max akan mulai dengan 256GB. Namun, masih banyak yang merasa skeptis dengan rumor ini.

Apple juga dapat meluncurkan varian eSIM saja dari iPhone 14, menurut klaim oleh analis Emma Mohr-McClune dari GlobalDate. Langkah ini akan meningkatkan daya tarik iPhone di antara pengguna yang membutuhkan kemampuan SIM ganda, seperti pengguna bisnis dan pelancong luar negeri.

7. iPhone 14 5G dan konektivitas satelit

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan HarganyaFront Page Tech/Ian Zelbo

Ada kemungkinan iPhone 14 akan menampilkan modem 5G buatan Apple, menyusul akuisisi bisnis modem Intel oleh Apple. Ini mungkin akan memberi Apple kontrol lebih besar atas kinerja 5G dan dampak masa pakai baterai, tetapi itu mungkin hanya debut dengan iPhone 15 tahun depan.

Apple dilaporkan berencana untuk melengkapi iPhone baru dengan chip 5G baru yang dapat menghasilkan konsumsi daya yang lebih rendah sambil mempertahankan kinerja yang solid. Sebuah laporan baru-baru ini dari Taiwan’s Economic Daily News mengungkapkan bahwa TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) diduga telah memperoleh pesanan chip 5G Apple untuk jajaran iPhone 14 mendatang.

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan Harganyatwitter.com/MacRumors

Chip frekuensi radio dikatakan diproduksi berdasarkan proses manufaktur 6nm, yang memungkinkan pemasok mengirimkan chip yang secara fisik lebih kecil, sehingga konsumsi daya berkurang, tanpa mengorbankan kinerja.

Selain itu, chip 5G yang berukuran lebih kecil juga dapat memberi lebih banyak ruang bagi Apple untuk mengemas baterai yang lebih besar di dalamnya. Rumornya lagi mengatakan bahwa model iPhone 14 dapat menambahkan konektivitas satelit, karena Apple ingin meningkatkan fitur darurat pada ponselnya.

8. iPhone 14 USB-C

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan HarganyaFront Page Tech/Ian Zelbo

Mengganti port Lightning dengan USB-C telah menjadi rumor biasa untuk beberapa generasi iPhone, dan sepertinya itu mungkin terjadi dengan iPhone 14. Beberapa pembocor mengklaim iPhone 14 Pro akan datang dengan USB-C.

9. Perangkat lunak iPhone 14

iPhone 14 Trending, Intip Spesifikasi dan Harganyatwitter.com/Gadget_Tendency

Dengan asumsi Apple tetap pada pola yang digunakan selama lebih dari satu dekade, iPhone 14 akan diluncurkan dengan versi baru perangkat lunak iOS Apple. Karena saat ini menggunakan iOS 15, versi berikutnya pasti adalah iOS 16. Hingga kini, belum ada pembaruan yang terdengar tentang perangkat lunak yang direncanakan Apple untuk iOS 16.

Itulah harga serta spesifikasi iPhone 14 yang rumornya akan hadir pada September mendatang, tertarik dengan generasi baru ini, Bela?