Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT agar Lolos dan Diterima

Langsung dilirik HRD

Nafi' Khoiriyah

Memutuskan untuk melamar kerja di sebuah perusahaan tentu perlu mempertimbangkan banyak hal. Salah satu pertimbangan yang paling penting adalah bentuk perusahaannya. Nah, bentuk perusahaan yang banyak menjadi tujuan para pelamar adalah perseroan terbatas (PT). 

PT merupakan badan usaha yang mempunyai badan hukum yang berlaku di Indonesia, yang memiliki modal berupa saham-saham.

Pendirian PT harus dibuat dengan akta resmi yang harus disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dengan begitu, perusahaan tersebut sudah terjamin legalisasinya dan tidak perlu diragukan lagi keberadaannya.

Kalau kamu tertarik untuk melamar kerja ke badan usaha tersebut, Popbela.com akan memberikan contoh surat lamaran kerja di PT. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Contoh surat lamaran kerja di PT bagian marketing

makinmahir.id

Surat lamaran kerja di PT yang pertama adalah lamaran untuk posisi marketing. Pertama, kamu perlu menuliskan tanggal surat dan tujuan surat lamaran kerja terlebih dahulu. 

Tujuan surat tersebut biasanya disampaikan kepada bagian HRD di perusahaan yang bertanggung jawab dengan rekrutmen karyawan. Setelah itu, barulah kamu bisa melanjutkannya dengan salam pembuka. 

2. Contoh surat lamaran kerja di PT sebagai staf admin

linovhr.com

Seperti surat lamaran kerja sebagai staf administrasi PT di atas, bagian pembuka surat lamaran berisi mengenai informasi lowongan kerja perusahaan tersebut. Lalu, jelaskan posisi pekerjaan apa yang akan kamu lamar. 

Kalau ingin lebih lengkap, kamu bisa menjelaskan secara singkat mengenai latar belakang pekerjaan dan juga pendidikanmu. Namun, jangan lupa kaitkan pengalaman tersebut dengan posisi yang kamu lamar. 

3. Contoh surat lamaran kerja di PT umum

kosngosan.com

Surat lamaran kerja di PT juga bisa dibuat secara umum jika kamu belum mengetahui posisi apa yang harus dilamar. Seperti di atas, kamu bisa mencantumkan data pribadi terlebih dahulu. 

Data pribadi tersebut berisi nama, tempat tanggal lahir, pendidikan, alamat, nomor handphone, email, dan juga status perkawinan. Setelah itu, tekankan bahwa kamu siap untuk menerima pekerjaan di PT yang bersangkutan untuk posisi apa pun. 

4. Contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan

suratresmi.net

Meskipun kamu bisa melamar kerja di perusahaan secara umum, tetapi lebih baik kamu melamar secara spesifik untuk posisi tertentu. Sebab, hal itu juga berpengaruh terhadap keputusan HRD untuk menerima atau menolak calon karyawan. 

Nah, untuk meyakinkan HRD di PT, kamu bisa menyebutkan kelebihan yang bisa membuatmu lebih layak untuk dipilih dibandingkan calon karyawan lainnya. Namun, hati-hati jangan sampai kamu justru terkesan sombong karenanya. 

5. Contoh surat lamaran kerja di PT sebagai sales

tanpakoma.com

Untuk semakin meyakinkan rekruter bahwa kamu adalah calon karyawan yang baik, kamu bisa melihat surat lamaran kerja di PT sebagai sales di atas. Dalam lamaran tersebut, kamu bisa melampirkan beberapa dokumen pendukung. 

Dokumen tersebut bisa disesuaikan dengan posisi yang akan kamu lamar. Jika sebagai sales, kamu bisa melampirkan daftar riwayat hidup, KTP, KK, ijazah, dan juga pas foto. Sebab, sales sangat mementingkan penampilan. 

6. Contoh surat lamaran kerja di PT yang baik dan benar

tipkerja.com

Berbeda dari sebelumnya, kamu bisa melampirkan dokumen pendukung berupa bukti sertifikat keahlian tertentu jika mendaftar sebagai staf administrasi di PT. Sertifikat keahlian tersebut sangat penting untuk bisa membuatmu unggul dari kandidat lainnya. 

Lalu, bagian terakhir surat lamaran bisa kamu isi dengan harapan dan ucapan terima kasih kepada rekruter. Jangan lupa akhiri dengan membubuhkan tanda tangan pelamar. 

7. Contoh surat lamaran kerja di PT sebagai operator

tipkerja.com

Surat lamaran kerja di PT sebagai operator di atas bisa kamu sontek jika kamu melamar di posisi yang sama. Namun, jangan lupa untuk menambahkan dokumen yang bisa membuatmu diterima, seperti sertifikat kompetensi, surat praktik kerja, maupun surat sehat. 

Dokumen pendukung tersebut bisa membuatmu lebih unggul dari kandidat lainnya. Sebab, pelamar yang ingin mendapatkan pekerjaan di PT tentu banyak jumlahnya dan saling bersaing satu sama lain. 

8. Contoh surat lamaran kerja di PT bagian operator produksi

linovhr.com

Perlu diperhatikan, sebagian perusahaan masih meminta dokumen berupa SKCK untuk membuktikan bahwa calon karyawannya bersih dari kasus hukum. Jadi, kamu perlu menyiapkannya jauh-jauh hari sebelum melamar. 

SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang merupakan surat keterangan dari Polri berisi catatan riwayat kejahatan. SKCK kini tidak harus dibuat di kantor polisi seperti dulu. Kamu bisa membuatnya secara online dengan mendaftar di laman resmi skck.polri.go.id.

9. Contoh surat lamaran kerja PT di perusahaan kontraktor

scribd.com

Setelah berhasil membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, kamu juga perlu memperhatikan tata letak surat tersebut. Seperti contoh lamaran di atas, kamu bisa mencontoh layout-nya supaya surat terlihat rapi dan enak untuk dibaca. 

Bagian biodata bisa dibuat sejajar, kemudian bagian dokumen pendukung bisa kamu sebutkan dalam format angka. Lalu, jangan lupa untuk menyisipkan satu spasi setiap paragraf supaya lebih nyaman dibaca. 

10. Contoh surat lamaran kerja di PT lengkap

academia.edu

Surat lamaran kerja di PT juga harus memperhatikan kelengkapan, tata bahasa, dan juga pemilihan katanya. Pertama, pastikan kamu membuat surat lamaran lengkap, mulai dari pembuka, data diri, dokumen pendukung, penutup, dan juga tanda tangan. 

Lalu mengenai tata bahasa, pilihlah kata-kata yang formal dan baku untuk melamar kerja di PT. Selain itu, perhatikan pula tanda baca dalam surat lamaran supaya tidak terjadi kesalahan yang membuat HRD mengurungkan niat untuk menerimamu. 

11. Contoh surat lamaran kerja di PT (perusahaan milik negara)

scribd.com

Selanjutnya, surat lamaran kerja di PT perusahaan milik negara yang bisa kamu pakai untuk melamar ke sana. Sama seperti lainnya, kamu harus membuat surat lamaran kerja dengan lengkap dan format yang benar. 

Supaya HRD bisa tahu posisi yang ingin dilamar, kamu bisa mencantumkannya di bagian awal. Untuk meningkatkan peluang diterima, jangan lupa untuk menyertakan posisi lain yang juga ingin kamu lamar.

12. Contoh surat lamaran kerja di PT untuk fresh graduate

scribd.com

Bagi fresh graduate, surat lamaran kerja PT di perusahaan perindustrian ini dapat kamu sontek. Agar tampak menyakinkan, kamu bisa memberikan deskripsi mengenai latar belakang pendidikan dan kelebihan secara singkat. 

Lengkapi juga beberapa dokumen pendukung sehingga kamu bisa bersaing dengan kandidat lainnya. Jangan lupa untuk memperhatikan tata bahasa supaya tetap terkesan sopan dan resmi.

13. Contoh surat lamaran kerja di PT perusahaan manufaktur

scribd.com

Berikutnya, kamu bisa memakai referensi contoh surat ini untuk melamar di perusahaan manufaktur. Pada bagian awal, sertakan informasi mengenai info lowongan itu didapatkan dari mana.

Baru pada bagian akhir, kamu bisa menuliskan harapan dan ucapan terima kasih kepada penerima surat.

14. Contoh surat lamaran kerja di PT perusahaan jasa

scribd.com

Selain perusahaan dagang dan manufaktur, kamu juga dapat melamar pekerjaan di perusahaan jasa. Surat lamaran kerja di PT perusahaan jasa ini dapat dijadikan referensi untuk melamar pekerjaan di sana.

Untuk meningkatkan peluang diterima, sertakan juga berkas sertifikat kemampuan yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Selain itu, deskripsi mengenai soft skill dan hard skill juga jadi poin yang menarik untuk ditambahkan di dalamnya.

15. Contoh surat lamaran kerja di PT perusahaan multinasional

scribd.com

Berikutnya, surat lamaran kerja di PT perusahaan multinasional ini bisa dijadikan referensi. Selain ditulis dengan bahasa Indonesia, surat lamaran kerja juga dapat ditulis dengan bahasa Inggris. 

Tidak jauh berbeda dengan surat bahasa Indonesia, kamu harus memperhatikan kelengkapannya. Di bagian awal, jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka sebagai sapaan resmi. Salam penutup juga harus disertakan di akhir untuk melengkapinya. 

16. Contoh surat lamaran kerja di PT perusahaan elektronik

scribd.com

Jika akan melamar di sebuah perusahaan elektronik, kamu perlu menyantumkan posisi yang akan kamu lamar seperti pada surat lamaran di atas. Surat lamaran tersebut harus dialamatkan dengan benar kepada pihak PT yang bersangkutan. 

Jangan lupa untuk menuliskan biodata lengkap, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, sampai dengan nomor telepon di dalamnya. Data tersebut diperlukan agar jika sewaktu- waktu kamu menerima panggilan akan langsung dihubungi. 

17. Contoh surat lamaran kerja di PT perusahaan engineering

scribd.com

Surat lamaran kerja di PT yang bergerak di bidang engineering juga sama-sama perlu ditulis secara efektif dan lengkap. Perhatikan kelengkapannya mulai dari tanggal surat, alamat surat, sampai dengan kelengkapan biodatanya. 

Setelah itu, cantumkan sasaran posisi yang akan kamu lamar di perusahaan tersebut agar pihak perusahaan bisa mudah mengidentifikasikannya. Nah, yang tak kalah penting dari biodata adalah daftar lampiran lengkap yang disertakannya. 

18. Contoh surat lamaran kerja di PT perusahaan sarung tangan

scribd.com

Meski akan melamar di perusahaan sarung tangan, tak ada salahnya untuk mengajukan lamaran kerja yang lengkap seperti di atas. Surat lamaran kerja tersebut ditujukan kepada PT yang akan kamu tuju. 

Namun, tetap saja kamu perlu mencantumkan data diri beserta dengan lampiran tambahannya sebagai pertimbangan. Jika semuanya sudah lengkap, maka besar kemungkinan kamu akan diterima. 

19. Contoh surat lamaran kerja di PT perusahaan finance

slideshare.net

Beberapa surat lamaran kerja di PT juga perlu melampirkan ijazah dan transkrip nilai. Maka dari itu, kamu perlu mencermati persyaratannya agar memperbesar peluang untuk diterima. Semua itu bergantung dengan posisi yang akan dilamar dan perusahaannya. 

Surat pengalaman kerja juga akan memperkuat lamaranmu karena menunjukkan pengalaman yang kamu miliki. Pastikan semua persyaratan yang diminta oleh perusahaan sudah kamu penuhi.

20. Contoh surat lamaran kerja di PT perusahaan jasa

scribd.com

Terakhir, surat di atas bisa kamu sontek kalau ingin menyusun surat lamaran yang singkat, padat, dan jelas. Bagian awal surat tersebut dimulai dari tanggal surat, perihal surat, dan alamat yang dituju. 

Kemudian di bagian isinya ada kalimat pembuka, data diri, dan juga kelebihan diri. Barulah di bagian akhirnya dituliskan berbagai lampiran yang kamu sertakan. Lalu, tutup dengan kalimat penutup dan sertakan pula nama terang. 

Itulah 20 contoh surat lamaran kerja di PT yang bisa kamu dijadikan referensi. Semoga berhasil diterima di PT yang kamu inginkan ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Working Life