Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Boros! Tanpa Kamu Sadari, 7 Aplikasi Ini Menguras Baterai Ponselmu

Apakah aplikasi favoritmu termasuk boros baterai?

Nabila Damaan

Perkembangan teknologi saat ini semakin berkembang dengan pesat. Semua kebutuhan dibuat serba instan dengan adanya teknologi. Tak terkecuali smartphone-mu, bagaimana tidak saat ini dengan mudahnya kamu bisa melakukan berbagai aktivitas hanya dengan menggunakan smartphone-mu. Belanja, main game, mengirim surat, memfoto, dan video bisa dilakukan oleh smartphone-mu.

Supaya lebih laku di pasaran maka aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone-mu juga ikut berkembang setiap harinya. Banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan baik hanya untuk sekadar bersenang-senang, maupun untuk mempermudah pekerjaanmu. Sayangnya, semakin bagus grafik dan kualitas suatu aplikasi, tentunya membutuhkan ruang, dan daya yang lebih banyak hingga terkadang aplikasi-aplikasi tersebut bisa membuat baterai smartphone-mu cepat habis. 

Lalu, aplikasi apa saja ya yang membuat baterai smartphone-mu cepat habis? Penasaran? Yuk simak, Bela.

1. Facebook

bbvaopen4u.com

Siapa yang nggak pernah memakai aplikasi yang satu ini? Aplikasi Facebook yang sudah berjaya lebih dari 12 tahun ini ternyata menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi yang paling banyak menguras baterai, lho. Aplikasi Facebook pada smartphone Android dikatakan berkontribusi pada pemborosan baterai sebanyak 20 persen. Jika menghapusnya, aplikasi-aplikasi lain pada smartphone bisa digulir lebih cepat sekitar 15 persen. 

2. TikTok

makeuseof.com

Kali ini datang dari aplikasi content contribution platform TikTok. Aplikasi yang menyediakan konten-konten berupa video berdurasi pendek ini juga menyumbang kontribusi terhadap pemborosan penggunaan baterai. Hal tersebut disinyalir karena mengharuskan kerja video dan internet secara bersamaan dalam satu waktu. Itulah yang membuat aplikasi ini dianggap sebagai aplikasi yang boros baterai. 

3. Instagram

business.com

Nah, kalau aplikasi yang ini pasti semuanya tahu dan nggak sedikit yang memiliki akun di Instagram. Aplikasi media sosial ini berisi konten berupa foto dan video yang bisa dibagikan ke seluruh followers yang kamu punya. Dan, ternyata Instagram juga masuk ke dalam salah satu daftar aplikasi yang boros baterai, nih. 

Hal tersebut mungkin terjadi karena selain konten yang menarik, juga terdapat fitur-fitur seperti Instagram Stories, dan Live Story yang membuat pengguna merasa betah berada di aplikasi tersebut dan membuat baterai pengguna cepat habisnya. 

4. Snapchat

boostability.com

Siapa yang pernah menggunakan aplikasi Snapchat? Bener nggak bahwa aplikasi ini juga membuat baterai smartphone-mu mudah habis? Hal tersebut memang dibenarkan karena aplikasi yang satu ini memiliki banyak filter dan mengharuskan memproses foto dan video dalam satu waktu. Hasil penelitian menunjukan setelah meng-uninstall aplikasi tersebut baterai pada smartphone menjadi lebih hemat. 

5. YouTube

medium.com

Kalau aplikasi yang satu ini sih sudah pasti banyak mengetahuinya, dari anak kecil hingga lansia pun dapat mengoperasikan aplikasi yang satu ini. Yap! YouTube. Di tengah kepopulerannya ternyata aplikasi yang satu ini menjadi aplikasi yang selain menguras penggunaan kuota, juga berkontribusi membuat baterai smartphone-mu cepat habis, nih Bela. 

6. Spotify

ritavpn.com

Aplikasi media sosial sudah, aplikasi streaming video juga sudah. Nah, kali ini datang dari aplikasi yang menyediakan jasa pemutaran musik, nih. Yap! Spotify. Mengapa aplikasi streaming music yang satu ini menjadi salah satu aplikasi yang menguras penggunaan baterai, ya? Hal tersebut terjadi karena aplikasi ini memang berbasiskan layanan 'streaming' yang membutuhkan akses nonstop ke internet, Bela.

7. Clash of Clans (COC)

fonpit.de

Tidak hanya media sosial dan aplikasi streaming saja lho yang menguras penggunaan baterai. Aplikasi hiburan seperti game yang satu ini juga masuk ke dalam aplikasi dengan penggunaan baterai yang boros. Hal tersebut terjadi karena grafis yang ditampilkan dari games tersebut memang memiliki kualitas yang baik, sehingga nggak heran kalau games Clash of Clans (COC) ini sangat menguras penggunaan baterai smartphone-mu. 

Itulah aplikasi yang menguras dan membuat baterai handphone mu boros. Adakah di antara ketujuh aplikasi di atas yang terinstal di smartphone mu? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life