Bukan rahasia lagi jika beberapa aplikasi yang dipasang di smartphone, akan menghabiskan memori atau baterai ponsel jika terlalu sering dipergunakan. Beberapa dampak negatif lainnya, seringkali aplikasi-aplikasi yang kamu unduh, secara otomatis mengganti sistem menjadi berbayar dan bahkan ada yang secara instan menyerap informasi pribadimu. Perkembangan teknologi menuntuk cepatnya perkembangan ragam aplikasi. Sehingga, Google Play ataupun App Store tidak bisa segera melacaknya. Berikut 7 aplikasi yang lebih baik kamu singkirkan sesegera mungkin dari ponselmu. 

1.Game Gratis

7 Aplikasi Smartphone Berbahaya yang Lebih Baik Dihapus reutenote.com

Pengembangan dunia game memang menghabiskan banyak biaya. Jadi jika kamu menemukan game gratis di smartphone, biasanya pengembang menyiasatinya dengan menambahkan banyak iklan ke aplikasi dan tanpa kamu sadari akan mempercepat memorimu penuh. Hal ini juga memungkinkan mereka menjual informasi pribadimu. Jika ingin mengunduh aplikasi game, pastikan pengembangnya memiliki reputasi baik dan bacalah terlebih dahulu perjanjian pengguna dengan bijaksana.

2. Aplikasi pengisian cepat daya ponsel

7 Aplikasi Smartphone Berbahaya yang Lebih Baik Dihapus republica.com

Ada beragam aplikasi yang menjanjikan untuk mempercepat proses pengisian daya ponselmu. Perlu diketahui faktanya, bahwa tidak ada yang dapat mengisi daya ponselmu lebih cepat dari yang sudah ditetapkan oleh prosedur penggunaan. Aplikasi pengisian daya ini hanya ilusi dengan iklan tanpa akhir yang kadang bisa muncul saat layar dalam keadaan terkunci sekalipun! Jika ponselmu dalam keadaan low battery, akan lebih efektif jika kamu mengisinya menggunakan charger atau powerbank saja. 

3. Aplikasi Wi-Fi

7 Aplikasi Smartphone Berbahaya yang Lebih Baik Dihapus yourpcfriend.com

Berhati-hatilah menggunduh aplikasi untuk menawarkan Wi-Fi gratis. Biasanya aplikasi ini mengklaim memberikan informasi hotspot yang tersedia di berbagai tempat, namun ditemukan beberapa diantaranya mampu mencuri data pribadimu, termasuk informasi kartu kredit yang kamu miliki.

4. Pemutar musik dari pengembang yang tidak dikenal

7 Aplikasi Smartphone Berbahaya yang Lebih Baik Dihapus whatech.com

Jenis aplikasi musik seperti ini sekarang sangat populer. Karena itu kamu harus berhati-hati, sebab memberikan efek baterai dan penggunaan kapasitas memori cepat terkuras, serta membuatmu menerima berbagai macam iklan. Aplikasi musik yang tidak dikenal, bisa berbahaya bagi ponselmu karena memiliki virus bawaan dan kode peretas yang mungkin bisa menyalin data pribadimu. Jika ingin aman, pilihlah aplikasi yang kredibel.

5. Aplikasi Pelacak Lokasi

7 Aplikasi Smartphone Berbahaya yang Lebih Baik Dihapus Pexels.com / pixabay.com

Aplikasi pelacak lokasi biasanya memintamu untuk mengakses lokasi dan biasanya sangat menguras penggunaan baterai serta memorimu. Misalnya aplikasi navigasi, pengiriman, permainan atau beberapa aplikasi media sosial yang bisa melacak lokasimu. Mari luangkan waktu sejenak untuk melihat aplikasi yang mampu mengakses lokasi dan menghapusnya jika tidak diperlukan. 

6. Aplikasi dengan masalah privasi

7 Aplikasi Smartphone Berbahaya yang Lebih Baik Dihapus Pexels.com / freestocks.org

Kini ada beragam aplikasi di pasaran yang memintamu untuk memberikan akses ke nomor ponsel, pesan teks, foto, lokasi dan lainnya. Kalau kamu perhatikan, sebagian besar aplikasi media sosial populer memiliki akses ke data pribadimu tanpa disadari. Coba kini lebih selektif saat akan mengunduh aplikasi baru yang membutuhkan akses ke data pribadimu. Jangan lupa untuk membiasakan sejak awal untuk membaca syarat penggunaannya, saat akan mengunduh aplikasi pada smartphonemu. Jadi keamanan perangkat dan informasi data pribadimu berada di tanganmu. 

7. Aplikasi yang tidak pernah dipergunakan

7 Aplikasi Smartphone Berbahaya yang Lebih Baik Dihapus Pexels.com / Ready Made

Saat kamu mengunduh berbagai macam aplikasi pasti ada yang aktif digunakan, pemakaiannya sesekali saja atau bahkan kamu melupakannya setelah diunduh. Rupanya terlalu banyak aplikasi pada ponselmu akan membuat masa pakai baterai menjadi lebih pendek, memperlambat sistem dan akan sangat mengganggu pengoperasiannya. Maka, unduh dan pergunakan aplikasi yang benar-benar bermanfaat untuk dirimu saja, ya.

Baca Juga: 9 Hal yang Terjadi pada Tubuhmu Jika Selalu Berkutat dengan Smartphone