Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Donald Trump dan 5 Pemimpin Negara yang Pernah Hadapi Pemakzulan

Dari Indonesia juga ada

Mega Dini

Beberapa hari terakhir masyarakat Amerika Serikat sedang dihebohkan dengan pemakzulan Presiden Donald Trump oleh DPR AS pada (18/12) waktu setempat. Hal ini juga menjadi perhatian dunia karena pernyataan tersebut dilatarbelakangi dua dakwaan, yaitu penyalahgunaan kekuasaan dan menghalangi Kongres AS. Penyalahgunaan kekuasaan yang dimaksud yaitu ketika Trump menekan Pemerintah Ukraina untuk menyelidiki pesaingnya yaitu Joe Biden yang menjadi rivalnya pada Pemilu AS tahun 2020 mendatang.

Berkat berita ini, kata ‘makzul’ menjadi banyak dibahas namun banyak juga yang belum mengetahui maknanya karena jarang digunakan sehari-hari. Menurut KBBI, kata ‘makzul’ berarti berhenti memegang jabatan atau turun takhta. Dalam kasus Donald Trump, pemakzulan atau impeachment yaitu proses ketika konstitusi sepakat (melalui suara terbanyak) untuk memakzulkan Trump dari jabatannya sebagai Presiden AS. Namun pemakzulan ini terdiri dari beberapa tahapan dan alias belum final.

Faktanya, Trump bukanlah presiden pertama yang menghadapi pemakzulan. Melansir dari berbagai sumber, berikut para pemimpin negara yang pernah turun takhta.

1. Bill Clinton

bustle.com

Pemakzulan bukanlah hal yang baru dalam pemerintahan AS meskipun hal ini sangat jarang terjadi. Dari 45 sosok yang pernah memimpin AS, ada 2 presiden yang pernah dimakzulkan sebelum Trump, salah satunya yaitu Bill Clinton. Presiden AS ke-42 ini dimakzulkan pada tahun 1998 lalu setelah skandalnya dengan pegawai magang bernama Monica Lewinsky tercium. Melansir dari History, suami dari Hillary Clinton ini dituntut karena berbohong di bawah sumpah kepada dewan juri federal dan menyalahi keadilan.

2. Andrew Johnson

britannica.com

Satu setengah abad lalu, pemakzulan juga terjadi pada Presiden AS ke-17 yaitu Andrew Johnson. Pemakzulan ini untuk pertama kalinya terjadi dalam sejarah AS. Kongres memakzulkan Johnson karena terlibat dalam beberapa tindak kejahatan dan kriminal, serta mengambil keputusan tanpa izin Senat dan menyalahi Tenure of Office Act, yaitu ketika Johnson memecat Sekretaris Perang Edwin Stanton.

3. Richard Nixon

britannica.com

Presiden AS ke-37 juga pernah merasakan proses pemakzulan ketika DPR memberikan beberapa dakwaan terhadapnya, salah satunya yaitu penyalahgunaan kekuasaan. Namanya juga dikaitkan dengan skandal politik Watergate yang mengakibatkan krisis konstitusi pada tahun 1970-an. Berbeda dengan tiga presiden di atas, Nixon memutuskan untuk mengundurkan diri sehingga namanya nggak termasuk dalam daftar presiden AS yang dimakzulkan.

4. Dr. K. H. Abdurrahman Wahid

dok.internet

Mendiang Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur ini juga pernah menghadapi pemakzulan pada tahun 2001 setelah dua tahun memimpin. Presiden RI ke-4 ini dimakzulkan karena pemberlakuan dekret yang berisi pembekuan MPR/DPR, mempercepat pemilu dalam waktu setahun dan pengembalian kedaulatan kepada rakyat. Hingga kini, isu pemakzulan Gus Dur oleh MPR masih menjadi perdebatan oleh beberapa pihak.

5. Soekarno

factsofindonesia.com

Sebelum Gus Dur, pemakzulan juga pernah dialami oleh mendiang Soekarno, Presiden RI ke-1. Pemakzulan yang terjadi tahun 1967 ini karena pertanggungjawabannya terhadap pemberontakan G30S/PKI ditolak oleh MPRS. Mendiang Soekarno saat itu dianggap tidak bisa mengendalikan keamanan dan kehilangan kepercayaan. Mendiang dimakzulkan tak lama setelah diadakan Sidang Istimewa MPRS tahun 1967.

Pemakzulan sebenarnya banyak terjadi di berbagai negara dengan penyebab yang berbeda-beda. Selain nama-nama di atas, siapa lagi nama pimpinan negara yang kamu tahu?

IDN Media Channels

Latest from Working Life