Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 7 Fakta Di Balik Keputusan Oscar Lawalata Jadi Transgender

Dikabarkan punya kekasih warga asing

Meidiana Aprilliani

Desainer berbakat Indonesia, Oscar Lawalata, baru-baru ingin mengumumkan kabar yang sebenarnya tak lagi mengejutkan. Kakak dari Mario Lawalata itu secara terbuka mengumumkan bahwa ia kini adalah seorang transgender. Kabar ini dikemukakan Oscar dua hari sebelum ulang tahunnya hari ini, Senin (1/9/20).

Hal ini bukan menjadi kabar yang mengejutkan lagi, pasca ibunya, Reggy Lawalata, bicara blak-blakan mengenai dirinya yang menerima status gender Oscar pada sebuah wawancara yang berujung viral.

1. Pilih Asha Smara Darra sebagai nama barunya

Instagram.com/oscarlawalata

Oscar juga mengumumkan identitas barunya melalui nama baru yang ia pilih, yakni Asha Smara Darra. Nama ini ternyata tak dipilih oleh Oscar secara sembarangan, lho! 

"Nama baru saya Asha, Asha Smara Darra. Asha itu artinya hope (harapan), Smara itu artinya cinta, Darra itu artinya pohon yang kuat," terangnya melalui video di saluran YouTube The Lawalatas pada Minggu (30/8/2020) kemarin.

1. Mengakui telah merasa feminin sejak usia 17 tahun

Instagram.com/oscarlawalata

Dalam video yang diunggahnya itu, Oscar juga menceritakan kapan waktu di mana ia menyadari ada yang unik dalam dirinya. Menurut Oscar, ia merasa dirinya lebih feminin ketika berusia 17 tahun. 

"Dari saya usia 17 tahun, dari remajalah sampai saya umur 35 tahun itu saya hanya berpikir, ya udah, saya unik. And i feel i'm more woman in my heart," ujarnya.

3. Lebih suka dipanggil dengan nama barunya

Instagram.com/oscarlawalata

Usai mengumumkan nama barunya, Oscar mengatakan bahwa ia akan lebih senang jika orang-orang memanggilnya dengan nama Asha. Namun, ia juga mengaku tidak marah jika orang-orang sudah terbiasa memanggilnya dengan nama Oscar.

"Kalau orang manggil saya Asha, saya senang, tapi mereka terlanjur mengenal saya Oscar, its ok. In the end kan sayanya enggak berubah. Itu cuma nama gitu," ujarnya.

4. Mengubah identitas usai banyak belajar mengenai dunia transgender

Instagram.com/oscarlawalata

Meski sudah merasa ada yang unik dalam dirinya sejak umur 17 hingga 35 tahun, Oscar baru memberanikan diri untuk belajar mengenai dunia transgender sejak lima tahun terakhir. Setelah memahami perbedaan antara transgender, gay, lesbian, hingga waria, ia kemudian mantap untuk memilih menjadi transgender. 

"Saya tahu dari kecil saya transgender. Tapi setelah saya mempelajari lima tahun lalu siapa saya, dari situ saya tahu saya transgender," tuturnya.

5. Dikabarkan sedang menjalin hubungan spesial dengan pria asing

Instagram.com/oscarlawalata

Dalam akun media sosialnya, Oscar ternyata sering mengunggah foto kebersamaannya dengan seorang laki-laki warga asing yang disinyalir adalah kekasihnya. Dalam berbagai unggahannya, Oscar juga tak sungkan menuliskan caption manis saat berfoto bersama.

"Some kisses are given with the eyes ?., Good night My G ..," tulis Oscar dalam caption salah satu fotonya. 

6. Punya pandangan berbeda soal cinta dan pernikahan

Instagram.com/oscarlawalata

Oscar juga mengutarakan pandangannya mengenai cinta dan pernikahan yang menurutnya berbeda. Menurut Oscar, pernikahan hanya sebuah bentuk legalitas. Sedangkan, cinta menurutnya tak membutuhkan itu. 

"Nikah itu kertas ya. Clear, secara harta, gono-gini, nafkah dan sebagainya jadi dia ngerasa aman. Tapi kalau untuk saya, kalau orang benar-benar cinta sama saya, saya nggak perlu amankan dia," ungkap Oscar.

"Buat saya, cinta itu seperti pasir. Makin kuat digenggam lama-lama pasirnya habis. Tapi kalau ditaruh di tangan, ya udah dia nggak akan ke mana-mana," lanjutnya. 

7. Mulai santer diperbincangkan usai disinggung sang ibu

Dok. Internet

Pilihan Oscar untuk menjadi transgender sebenarnya sudah santer dibicarakan usai sang ibu mengunggah video perbicangannya dengan Oscar lewat laman Youtube-nya. Dalam video itu, Reggy mengungkapkan bahwa ia sempat bertanya-tanya sebenarnya orientasi seksual seperti apa yang dimiliki anaknya itu.

"Saya mulai baca ada homoseksual, lesbian, transgender, apa lagi tuh, waria. Nah saya mulai ini saya jalan terus, di mana posisi si Oscar ini," ujarnya.

Keputusan Oscar untuk menjadi transgender pun disambut lapang dada oleh Reggy. Hal itu menurut Reggy lantaran Tuhan menitipkan anak agar ia dan anaknya sama-sama bahagia. 

"Tuhan kan hanya menitipkan anak kan. Berilah kebahagiaan, jangan kita aja yang mau bahagia. Kita bahagia anak bahagia, anak bahagia kita bahagia. Prinsip orang tua begitu kan?," tutup Reggy. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life