Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Perjalanan Karier B.I, Solois dengan Segudang Talenta

Pantang menyerah, meskipun alami jatuh bangunnya karier

Evelyn Anggraini

Bela, apakah kamu akan menyaksikan konser solois ternama ini yang bertajuk B.I 2023 Asia Tour: L.O.L The Hidden Stage, di The Kasablanka Hall, Jakarta? Yap, tidak salah lagi kalau B.I akan menggelar konsernya yang berlangsung pada hari ini, lho! Ia pun bakal memeriahkan panggungnya dengan sederet diskografinya, mulai dari album L.O.L, Cosmos, Waterfall, hingga sejumlah singel populernya, salah satunya "BTBT".

Sesampainya di Bandara Soekarno Hatta, kedatangannya menjadi sorotan para ID—sebutan penggemarnya. Beredar pula foto preview-nya saat di Bandara Internasional Incheon yang terlihat ramah menyapa penggemar dan media yang meliputinya. Tampil dengan wajah bare face, banyak orang mulai menyambutnya saat tiba di Jakarta, membuat dirinya langsung mendapat penjagaan ketat dari staf bandara.

youtube.com/NewsenTV

Nama Kim Hanbin sendiri menjadi salah satu artis K-pop bertalenta yang tengah sibuk dengan kariernya sebagai solois. Setelah hiatus selama lebih dari setahun, ia kembali menyapa para penggemar dari debut solonya sejak 2021 lalu. Perlu kamu ketahui bahwa dirinya telah meniti karier sejak umur belia, lho! Tak perlu heran lagi jika B.I sudah merasakan manis pahitnya dunia hiburan.

Buat kamu yang baru menyukai atau sekadara kenal lebih lanjut dengan B.I, kali ini Popbela berikan sederet informasi dari profil hingga perjalanan kariernya di bawah ini. Keep scrolling!

Profil singkat B.I

pinterest.com/Haru Jeon

Kim Hanbin (김한빈), atau dikenal dengan sebutan B.I (비아이), adalah seorang penyanyi, rapper, penulis lagu, dancer, sekaligus produser. Ia lahir pada 22 Oktober 1996 di Seoul. Sebelumnya, ia merupakan leader dari iKON saat berada di YG Entertainment. Dirinya sudah menjadi bagian dari produksi hingga pembuatan keseluruhan lagu dari grup tersebut.

Pada 2021, ia debut sebagai solois di bawah label musik yang ia bangun, 131. Seraya dengan debut-nya, ia menuliskan album single donasi bertajuk Midnight Blue (Love Streaming) dan album studio lainnya, Waterfall. Selanjutnya, ia merilis album Cosmos pada November 2021. Lalu, di 2022 ia mengeluarkan proyek album global, Love or Loved, yang bermula dengan singel "BTBT" pada Mei lalu, bersamaan dengan EP Love or Loved Part.1 di November kemarin.

Awali kariernya sejak umur 13 tahun

B.I muncul pertama kalinya di kancah dunia hiburan Korea Selatan dengan berpartisipasi dalam penampilan musisi hip-hop, MC Mong, untuk lagunya yang berjudul "Indian Boy". Tak hanya itu saja, ia juga berada dalam video klip "Horror Show" milik MC Mong yang rilis di tahun yang sama, lho! Ketertarikannya pada musik, membuat dirinya kemudian menjadi trainee di YG Entertainment pada Januari 2011.

Mengikuti sederet program reality survival demi bisa debut

twitter.com/arlindaeyo, hanbinbub

Menjalani masa pelatihan selama lebih dari dua tahun, B.I pun mengikuti program reality survival Mnet, WIN: Who Is Next sebagai kontestan di bawah Team B. Namun, timnya harus kalah dan membawanya kembali sebagai trainee. Akan tetapi, B.I kembali bersaing dalam program Mnet Show Me the Money 3—ajang kompetisi para rapper

Sepanjang program tersebut berlangsung, ia pun merilis single digital "Be I", yang langsung menduduki puncak tangga lagu saat itu. Sayangnya, B.I hanya berhasil masuk sebagai 8 besar lantaran tereliminasi untuk masuk ke babak ke empat.

pinterest.com

Di September 2014, B.I kembali berkompetisi dalam program survival Mnet, Mix & Match. Dari situlah, B.I sudah ditetapkan sebagai anggota iKON dan siap debut bersama yang lainnya.

Menjadi leader dari grup iKON

pinterest.com

Pada September 2015, B.I akhirnya berhasil debut dengan iKON dan menempati posisi leader. Di awal kemunculannya, boygroup itu mengeluarkan album pertama bertajuk Welcome Back. Meskipun bukan member tertua, dirinya tetap dihormati oleh para member lainnya. Terbukti ia mampu memimpin iKON dengan baik!

Tak hanya membuat lagu untuk iKON, ia juga menuliskan lagu untuk artis lain, lho! Kalau kamu tahu lagu BLACKPINK yang berjudul "Whistle", rupanya liriknya ditulis oleh B.I juga. Berkat keahliannya dalam menciptakan lagu-lagu untuk grupnya—salah satunya "Love Scenario" yang fenomenal di 2018—ia menyabet penghargaan sebagai Songwriter of The Year di Melon Music Awards ke-10.

Diterpa skandal yang menjatuhkan kariernya

pinterest.com

Dunia K-pop mulai terselimuti kesedihan pada 2019. Tepatnya pada 12 Juni, B.I membuat heboh industri hiburan lantaran skandal narkoba yang menjeratnya. Suatu media Korea Selatan, Dispatch, melaporkan bahwa dirinya terkena kasus tuduhan pembelian narkoba pada 2016 silam. 

Meskipun hasil tes menyatakan dirinya negatif menggunakan narkoba, B.I memutuskan untuk keluar dari iKON dan YG Entertainment. Namun, seiring berjalannya waktu ia kerap kali membuat demo lagu yang ia unggah melalui Soundcloud. Tak hanya itu, B.I juga diketahui telah banyak melakukan kegiatan donasi.

koreajoongangdaily.joins.com

Pada 10 September 2021, kasusnya berhasil ditutup dengan hasil B.I menerima vonis masa percobaan selama empat tahun. Hal ini lantaran terbukti dalam kepemilikan dan penggunaan mariyuana dan LSD oleh dirinya sejak 2016 silam.

Menjadi direktur eksekutif muda

allkpop.com

Awal September 2020, penggemarnya dikejutkan dengan B.I yang diresmikan sebagai salah satu direktur eksekutif IOK Company. Perusahaan tersebut dikenal sebagai rumah produksi dari beberapa drama Korea populer, seperti Can You Hear My Heart?, Blood, dan Stranger. Aktor Jo In Sung dan Ko Hyun Jung juga tergabung di IOK Company.

Keputusan ini diambil berdasarkan rapat pemegang saham ke-21 Perusahaan IOK. Hal ini seiring dengan label musiknya yang baru saja dibangun, yaitu 131 Label. Namun, 131 akhirnya memutuskan untuk berdiri secara independen dan B.I mundur dari jabatan sebagai direktur eksekutif dari IOK Company pada 2022.

Di tahun ini, 131 merubah strukturnya menjadi manajemen yang berfokus pada musik dan hal promosi lainnya. Ini terbukti dengan adanya artis hip-hop yang baru bergabung dalam label tersebut bernama Reddy. Tak luput dari itu, hal ini juga menjadi bentuk dukungan penuh terhadap karier B.I sebagai produser sekaligus artis.

Kesibukannya sebagai solois dengan sejumlah aktivitasnya

instagram.com/shxxbi131

Menjalani kariernya sebagai solois, B.I berhasil melahirkan banyak lagu dan mendapatkan promosi terbaik sebagai artis. Mulai dari proyek kolaborasinya bersama Destiny Rogers dan Tyla Yaweh dalam lagu "Got It Like That", hingga singel digitalnya berjudul "Lost At Sea (Illa Illa 2)" dengan Bipolar Sunshine dan Afgan.

Tak sampai di situ saja, lagu pra-rilis dari proyek album Love or Loved, yakni "BTBT" dengan Soulja Boy dan DeVita, berhasil disukai banyak pendengar musik secara global. Dance challenge-nya yang apik juga banyak diikuti sejumlah pengguna TikTok khususnya. Kini, B.I tengah disibukkan dengan tur konsernya bertajuk B.I 2023 Asia Tour: L.O.L The Hidden Stage, yang diselenggarakan di empat negara.

Itulah perjalanan karier dari Kim Hanbin, atau B.I, yang berhasil Popbela ulas kali ini. Bagi kamu yang akan mengikuti konsernya, jangan lupa persiapkan perlengkapan pribadimu, ya. Tak lupa juga dengan Binbong—lightstick resmi B.I—dan hand banner menarik agar makin di-noticeEits, tidak tanggung-tanggung kalau B.I mungkin akan memberikan fan service andalannya.

Enjoy the concert, IDs!

IDN Media Channels

Latest from Working Life