Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Meninggal Karena Serangan Jantung, Ini Fakta Aktris Kang Soo Yeon

Menghembuskan napas terakhirnya pada hari Sabtu (7/5/22)

Cynthia Claudia

Kabar duka datang dari industri hiburan Korea. Aktris senior Kang Soo Yeon yang berumur 55 tahun, dinyatakan meninggal dunia pada hari Sabtu kemarin (7/5/22). 

Melansir Soompi, ia sempat ditemukan dalam keadaan berhenti jantung di rumahnya sekitar pukul 5 sore pada hari Kamis (5/5/22). Dirinya sempat dibawa ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan, namun tetap tidak sadarkan diri selama 3 hari.

soompi.com

Kang Soo Yeon akhirnya menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Gangnam Severance pada Sabtu, tanggal 7 Mei 2022 pukul 15.00 KST.

Sebelum wafat, Kang Soo Yeon dikenal publik sebagai salah satu aktris ternama yang memulai debut akting sebagai artis cilik pada tahun 1969. Ia sempat melakoni berbagai film beranggaran rendah. 

Berikut fakta perjalanan karier Kang Soo Yeon, aktris Korea pertama yang meraih penghargaan di festival film internasional besar dan memperkenalkan industri film Korea ke mata publik. 

Debut sebagai aktris cilik di tahun 1969

drama.fandom.com

Lahir di tahun 1966, Kang Soo Yeon debut sebagai aktris cilik di tahun 1969 bersama Tongyang Broadcasting Company. Ia membintangi berbagai proyek film beranggaran rendah sebagi aktris cilik, termasuk film 3 Stars, Hanji, dan Jury.

Semakin dikenal publik ketika membintangi dua film populer

otakuart.com

Kang Soo Yeon sosoknya makin melambung ketika membintangi film The Surrogate Woman (1986), garapan sutradara Im Kwon Tae. Selain film tersebut, publik juga makin mengenal sosoknya melalui perannya di  Come Come Come Upward (1989). 

Dirinya lantas dipilih membintangi berbagai film populer Korea pada tahun 90an. Di antaranya adalah Girls Night Out, The Road to Race Track, hingga Go Alone Like Musso's Horn.

Menerima berbagai penghargaan

otakuart.com

Melansir NBC News, bakat akting Kang Soo Yeon sebagai aktris semakin diakui melalui perannya dalam film The Surrogate Woman (1986) dan Come, Come, Come Upward (1989).

Untuk film The Surrogate Woman, aktris kelahiran 18 Agustus 1966 ini berhasil menyabet penghargaan Volpi Cup Best Actress di Venice International Film Festival dan Best Actress Award di Asian Film Festival. Ia meurpakan aktris Korea pertama yang berhasil menyabet penghargaan dari festival film internasional besar.

Dua tahun kemudian, ia mampu menyabet penghargaan Best Actress di acara Moscow International Film Festival 1989 untuk film Come, Come, Come Upward (1989).

Pada tahun yang sama, ia juga pernah dipilih sebagai juri dalam Tokyo International Film Festival . Lalu pada tahun 1991, ia kembali dipilih menjadi juri di Moscow International Film Festival.

Sempat hiatus sebagai aktris di industri perfilman

allkpop.com

Sebelum hiatus di industri perfilman, ia kembali menyabet penghargaan Best Actress di ajang Baeksang Awards untuk film Rainbow Trout di tahun 1999 karya sutradara Park Jong Won. 

Setelah film tersebut, sosoknya lebih fokus melakoni drama sehingga jarang muncul di layar lebar. Salah satu drama yang dibintanginya adalah Ladies of Palace, drama SBS yang terdiri dari 150 episode.

Setelah hiatus singkat dari industri perfilman,  sosoknya kembali muncul dalam film berjudul The Circle pada tahun 2003 dan Hanbando pada tahun 2006. Ia juga sempat membintangi drama berjudul Moonhee pada tahun 2007.

Film terakhirnya adalah JUNG_E, yang akan tayang melalui Netflix

kdramadiary.com

Menurut Otakuart.com, Kang Soo Yeon dijadwalkan akan kembali ke layar lebar tahun ini melalui film terbarunya yang berjudul JUNG_E. Ia membintangi film tersebut bersama Kim Hyun Joo dan Ryu Kyung Soo.

Film sci-fi yang dikabarkan akan tayang melalui Netflix ini syutingnya telah selesai. Namun, sebelum film tersebut dirilis, Kang Song Yeon telah meninggal dunia. Film garapan sutradara Yeon Sang Ho tersebut pun menjadi karya terakhir Kang Soo Yeon. 

Itulah fakta perjalanan karier Kang Soo Yeon sebagai aktris senior. Ia akan selalu dikenang publik sebagai aktris yang berbakat. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life