Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Daftar Kontroversi Baim Wong, Terbaru Datangi Anak SD yang Berkutu

Menerima kecaman karena kontennya yang kontroversial

Cynthia Claudia

Sosok Baim Wong baru-baru ini kembali menjadi pusat perhatian karena konten yang dibawakannya. Suami Paua Verhoeven yang dulunya dikenal sebagai bintang sinetron kini lebih fokus sebagai konten kreator dalam beberapa tahun terakhir. 

Baim Wong fokus merilis konten dari kehidupan sehari-harinya. Namun, berbagai konten yang dibagikan juga melibatkan perbuatan amal atau mengerjai orang lain, sehingga sering menerima kritikan pedas dari publik. 

Selama berprofesi sebagai konten kreator, berikut ini telah Popbela rangkum daftar kontroversi yang menimpa Baim Wong. 

1. Mengungkapkan identias seorang anak SD yang banyak kutu

instagram.com/baimwong

Baim Wong baru-baru ini menerima sorotan publik karena mengungkapkan identitas seorang anak SD yang memiliki banyak kutu. Ia mendatangi anak SD yang viral tersebut dan membagikan sebuah foto dengannya melalui media sosial. Baim Wong lantas dikritik karena memanfaatkan kesempatan ini hanya demi konten, tanpa mempertimbangkan masa depan anak ini.

2. Mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai merk ke HAKI

instagram.com/citayamfashionweek.jkt

Citayam Fashion week merupakan salah satu event yang paling sering dibicarakan saat itu. Fenomena Citayam Fashion Week yang viral ini sempat dimanfaatkan oleh Baim Wong.  

Ia secara diam-diam mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai sebuah merk. Alasan yang ia ungkapkan adalah sebagai wadah untuk menampung kreativitas anak-anak Citayam dan agar event ini lebih terorganisir.

Namun, Baim harus membatalkan pendaftarannya karena tindakannya dikritik secara pedas okeh masyarakat, hingga oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

3. Merilis konten korban yang selamat dari kebakaran

suara.com

Baim Wong sempat dikiritik oleh publik usai merilis sebuah konten kebakaran di Simprug, Jakarta Selatan. Publik menduga bahwa dirinya yang berkunjung ke daerah mereka hanya memanfaatkannya untuk konten, karena tidak ada bantuan yang disalurkan. 

Baim Wong juga sempat dikiritik karena menolak foto dengan anak-anak yang meminta foto dengan dirinya. Konten kreator tersebut diketahui menolak dengan halus.

4. Mengerjai seorang tukang parkir

instagram.com/baimwong

Ketika Baim Wong berkunjung ke Surabaya, ia melakukan sebuah prank kepada tukang parkir yang mengakui tidak mengenal diirnya. Tukang parkir tersebut dibawa ke pihak kepolisian setempat dan diancam akan masuk penjara, sebelum akhirnya diberi uang karena telah mengikuti aksinya. 

5. Memarahi Kakek Suhud

instagram.com/baimwong

Baim Wong sempat menuai kontroversi setelah memarahi seorang kakek tua. Pada awalnya, ia diikuti oleh seorang kakek yang menggunakan motor. Kakek yang dipanggil dengan nama Suhud itu meminta bantuan kepada Baim Wong ketika sudah sampai rumahnya.

Diketahui bahwa kakek tersebut akhirnya dimarahi oleh Baim karena mengikuti dirinya sampai ke rumah demi minta uang. Meskipun begitu, Baim Wong akhirnya meminta maaf kepada kakek tersebut. 

6. Membiarkan Kiano meremas ikan

instagram.com/baimwong

Kiano merupakan anak Baim Wing yang pertama. Baim Wong pernah dikiritk karena membiarkan Kiano meremas ikan demi melatih kekuatan motoriknya. Saat itu Kirano memang sedang melalukan pelatihan motorik dengan memegang ikan. 

Namun, ayahnya malah tidak menegurnya ketika Kirano memeras ikan. Baim Wong pun sempat dikritik oleh dokter hewan karena kelalainnya!

7. Dikritik Nikita Mirzani soal hadiah giveaway dari sponsor

instagram.com/baimwong

Baim Wong juga pernah menerima kritikan dari Nikita Mirzani terkait hadiah giveaway dari sponsor, yang bukan dikeluarkan berdasarkan uang Baim sendiri. Nikita menyebut Baim bermuka dua di Instagram. Namun, Baim sendiri tidak pernah secara serius menanggapi sindiran tersebut.

8. Membeli burung dengan harga murah

instagram.com/baimwong

Baim Wong pernah merilis sebuah konten tentang membeli burung dan sangkarnya pada awal tahun 2021. Ia membagikan bahwa dirinya hanya membayar sebesar Rp500 ribu untuk 8 burung. 

Nominal ini dianggap terlalu murah, sehingga banyak yang mengecam Baim Wong atas kasus ini. Baim Wong pun akhirnya meminta maaf dan menemui penjual burung tersebut untuk memberikan tambahan uang. 

9. Menjual konten kemiskinan

instagram.com/baimwong

Baim Wong dikenal sebagai sosok yang suka berbagi uang secara cuma-cuma kepada yang membutuhkan. Ia pun dikriitk sebagai artis yang menjual konten kemiskinan melalui akun YouTube pribadinya. 

Baim Wong kerap menunjukkan jumlah uang yang diberikan kepada rakyat-rakyat yang kurang mampu melalui video-nya. 

Itulah daftar kontroversi Baim Wong yang membuat dirinya menerima kecaman publik. Sebuah ungkapan 'created by the poor, stolen by the rich ' pun menjadi viral usai berbagai kontroversi yang dihasilkan Baim Wong.

IDN Media Channels

Latest from Working Life