Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Pengakuan Para Pegawai Hotel Mewah yang Jarang Diketahui

Membatalkan reservasi sebenarnya tidak dikenakan biaya

Cynthia Claudia

Liburan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap dari kita. Namun, pernahkah Bela bertanya apakah ada rahasia di balik hotel tempat Bela menginap ketika berlibur?

Ada beberapa pengakuan dari mantan karyawan hotel yang cukup menarik. Pengakuan ini bisa mengubah cara pandang Bela ketika berlibur di sebuah hotel, termasuk cara memesan hotelnya ataupun memesan makanan maupun minuman.

Berikut adalah beberapa fakta pengakuan yang dibagikan oleh para pegawai hotel mewah.

1. Karyawan Ritz-Carlton mendapatkan US$1,500 untuk dibelanjakan

Pexels.com/ Alexander Mills

Setiap karyawan di jaringan Ritz-Carlton hotel memiliki tunjangan khusus sebesar US US$1,500, yang dapat digunakan untuk membuat pelanggan mereka merasa istimewa. Ketika Bela menginap di Ritz-Carlton, jangan lupa memberikan mereka tips! Siapa tahu, karyawan Ritz-Carlton akan memberikan tunjangan khusus kepadamu.

2. Membatalkan reservasi tanpa dikenakan biaya

Pexels.com/Engin Akyurt

Ketika Bela bepergian dan ingin membatalkan kamar hotel, biasanya Bela akan dikenakan biaya tambahan. Namun, Bela tidak usah khawatir mengenai hal ini. Hubungi pihak hotel dan ubah pesananmu ke tanggal berikutnya yang kamu bebas inginkan.

Kemudian, hubungi lagi beberapa jam kemudian dan batalkan pesanannya (namun, ingat ini hanya berlaku jika yang mengangkat telpon adalah karyawan hotel yang berbeda).

3. Jangan pernah mengabaikan pelayan hotel

pexels.com/mikhail nilov

Pelayan hotel dapat memberikan hak istimewa kepadamu, Bela. Kamu bisa menerima botol air gratis, parkir valet gratis, tur gratis, dry cleaning gratis, atau bahkan upgrade ke kamar yang lebih baik. Kamu perlu lakukan hanyalah bertanya kepada pelayan tersebut.

Kamu bahkan bisa disuguhkan makanan ketika kamu check-in di tengah malam ataupun jika ingin melahap makanan ringan.

4. Kebersihan merupakan ilmu pengetahuan hotel Marriott

www.thegalahotels.com

Kebersihan merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang dimiliki hotel Marriott. Pembersihan wajib dilakukan selama 30 menit, di mana staf kebersihan akan mengikuti rutinitas yang ketat, mencakup cara mengelap lampu, cara melepas dan menata ulang tempat tidur (bergerak searah jarum jam), dan memeriksa apakah ruangan berbau tak sedap.

5. Pelayan Ritz-Carlton tidak dapat menolak permintaan

pexels.com/ cottonbro

Ketika menginap di hotel Ritz-Carlton, bertanyalah kepada  pelayan mengenai hal apa pun. Mereka akan mengabulkan setiap permintaan, karena mereka tidak akan pernah menolak. Seorang turis pernah bertanya kepada kepala pelayan apakah dirinya diizinkan untuk menolak.

Lalu kepala pelayan tersebut menjawab, "Kami tidak diizinkan untuk melakukan hubungan seksual dan kami tidak dapat menjual obat-obatan kepada Anda, tetapi apa yang Anda lakukan di kamar adalah urusan Anda."

6. Hotel murah sebenarnya tidak mengganti sprei dan bantal

pexels.com/ pixabay

Seorang pelayan pernah mengaku bahwa di hotel murah tempat dirinya bekerja, mereka jarang mengganti sprei dan bantal setiap kali check-out. Tetapi ketika dirinya bekerja di hotel mewah tempat dirinya bekerja, mereka mengganti semuanya, termasuk seprei dan bantal setelah tamunya check-out.

7. Hotel biasanya pesanannya berlebih

instagram.com/mayfield_hotel

Tingkat kedatangan harian hotel biasanya adalah 10%. Ketika kamu datang ke hotel tersebut dan mereka tidak menjanjikan kamar yang telah dipesan, maka mereka akan membayarkan kamu untuk menginap di hotel lainnya yang lokasinya dekat.

8. Berperilakulah lebih baik kepada para staf hotel

pexels.com/mikhail nilov

Pernahkah Bela merasa ditipu oleh para pegawai hotel? Contohnya, ketika kamu masuk ke kamar dan kuncinya tidak berfungsi, bahkan setelah mencobanya sebesar 15 kali. Kamu mungkin perlu introspeksi diri, apakah kamu agak sedikit kasar saat check-in di hotel? Para pelayan di hotel akan memperbaiki kuncinya setelah kamu berperilaku lebih baik daripada sebelumnya.

Tips yang paling penting untuk diambil dari para staf adalah: bersikaplah baik kepada semua orang yang bekerja di hotel tersebut, termasuk pelayan dan staf kebersihan. Berikan juga tips kepada mereka karena ini sangatlah berharga.

9. Pesanlah kamar melalui situs web hotel

pexels.com/burst

Jika Bela menginginkan kamar dengan pemandangan yang bagus atau lokasi yang lebih baik, maka cobalah memesan melalui situs web hotel yang resmi. Jika kalian memesan melalui situs web lain, biasanya sering diberikan kamar yang ‘tersisa’.

Itulah 9 pengakuan dari mantan karyawan yang sebelumnya pernah bekerja di hotel. Apakah kamu pernah merasakan hal yang pernah disebutkan di atas ketika berkunjung ke suatu hotel, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life