Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Prospek Karier di Bidang Marketing yang Menjanjikan di Masa Depan 

Apakah kamu tertarik terjun ke dunia marketing?

Cynthia Claudia

Perkembangan teknologi yang semakin pesat meningkatkan kebutuhan akan berbagai jenis profesi. Akan hadir pula jenis-jenis profesi yang baru seiring berjalannya waktu. 

Menurut World Economic Forum, ada beberapa jenis profesi yang menjanjikan di masa depan. Peluang pekerjaan di bidang konten, marketing dan sales akan semakin bertumbuh pesat.

Mari kita simak apa saja prospek karier di bidang-bidang tersebut yang menjanjikan di masa depan, yang bisa jadi bahan pertimbangan jika Bela ingin mengembangkan karier. 

1. Analis riset pasar

forbes.com

Perkembangan teknologi meningkatkan kebutuhan terhadap seorang analis riset pasar atau market research analyst. Seorang market research analyst bertanggung jawab dalam meneliti target pasar, produk, dan jasa yang ditawarkan. Hasil dari temuannya akan dilaporkan ke marketing manager yang memiliki hak untuk mengambil keputusan

Posisi ini membutuhkan keterampilan analisa data dan riset yang kuat. Apakah kamu salah satu di antaranya, Bela?

2. Manajer merek

onlinedegree.com

Perusahaan akan selalu berusaha menciptakan merek yang kuat dibandingkan pesaing. Memiliki merek yang kuat membuat konsumen lebih memilih produk atau jasa kita dibandingkan pesaing. 

Inilah salah satu tanggung jawab seorang manager merek atau brand manager, yang memiliki peran penting untuk mengawasi semua aspek pemasaran produk atau jasa kita. 

3. Ahli strategi konten

Pexels.com/Oleg Magni

Menciptakan konten yang tepat berperan dalam menarik perhatian konsumen untuk membeli produk/ menggunakan jasa kita. Maka, peran seorang ahli strategi konten atau content strategist sangatlah penting di era digital seperti sekarang. 

Mereka memahami konten apa yang dibutuhkan, bagaimana konsumen bisa tertarik dengan konten tertentu, dan konten menarik seperti apa yang bisa mendorong tindakan konsumen. Ketika konsumen tertarik dengan produk/ jasa kita, maka keuntungan yang kita peroleh juga semakin besar.

4. Manajer media sosial

Pexels.com/Pixabay

Sebuah penelitian dari Hootsuite tahun 2021 menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di dunia mencapai 4,66 miliar orang, dan pengguna media sosial menyumbang angka tertinggi.

Tingginya jumlah pengguna media sosial menunjukkan seberapa pentingnya peran media sosial dalam mengembangkan sebuah bisnis. Sehingga, peran seorang manajer media sosial akan sangat dibutuhkan di masa depan. 

Tanggung jawab dari seorang manajer media sosial adalah membangun merek perusahaan dengan menyajikan konten-konten yang bermanfaat melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, dan lain-lain. 

5. Manajer komunikasi

Pexels/ Los Muertos Crew

Manajer komunikasi bertanggung jawab untuk menciptakan reputasi sebuah merk perusahaan. Menurut Medium.com, hubungan masyarakat atau public relations telah berkembang pesat selama dua dekade terakhir, sehingga kebutuhan akan seorang manajer komunikasi akan semakin meningkat di masa depan. 

Manajer komunikasi pada umumnya bekerja sama dengan Manajer Merek serta Ahli Strategi Konten untuk menyusun kisah yang menarik dibalik sebuah merek perusahaan. Mereka mencari mitra kerja sama untuk meningkatkan merek perusahaan agar dapat dipercaya oleh konsumen. 

Itulah 5 prospek karier di bidang marketing yang menjanjikan di masa depan. Apa kamu juga tertarik mengembangkan kariermu di bidang-bidang tersebut, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life