Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pendiri IKEA, Ingvar Kamprad Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun

Selamat Mr. Kamprad

Popbela.com

Ingvad Kamprad, seorang miliarder pendiri IKEA yang telah berhasil membangun kerajaan bisnis furnitur skala global telah meninggal pada usia 91 tahun. Twitter milik IKEA Sverige salah satu rantai perusahaan unit Swedia mengabarkan bahwa Mr. Kamprad telah meninggal di rumahnya pada Sabtu (waktu setempat) di Smaland, Swedia.

Perusahaan mengatakan bahwa Mr. Kamprad adalah salah satu pengusaha terbesar pada abad ke-20. Ia mendirikan Ikea di lahan pertanian milik keluarga pada tahun 1943 saat masih berusia 17 tahun dengan menggunakan sejumlah uang dari ayahnya yang diberikan kepadanya sebagai hadiah karena berhasil tampil baik di sekolah meskipun ia mengidap disleksia.

Pada tahun 1956 perusahaannya mulai berjaya setelah menjadi perusahaan pelopor furnitur flat-pack. Ia mendapatkan ide setelah melihat seorang karyawan mengambil kaki meja agar sesuai dengan mobil pelanggan dan mulai menyadari bahwa menghemat ruang berarti menghemat uang.

5a6dab92fc7e934a278b4568-94e66cdefb5d68c34978f9c70a626abe.jpgcdn.co

Mr. Kamprad membentuk nama perusahan dengan inisial yang berasal dari namanya sendiri dan Huruf pertama dari peternakan keluarga, Elmtaryd, dan Paroki Agunnaryd di mana ia berada. Setelah perusahaannya mencapai puncak kesuksesan, namanya sering muncul dalam daftar orang terkaya di dunia, tapi ia tetap memilih mengemudikan mobil Volvo dan berpekaian sederhana.

Memasuki usia senja 87 tahun, ia mengundurkan diri dari dewan direksi pada tahun 2013. Setelah ia dikabarkan menutup usia, perusahaan mengenang sosok Mr. Kamprad "Dia bekerja sampai akhir hayatnya, tetap berpegang pada motto dirinya sendiri bahwa kebanyakan hal masih harus dilakukan, Ingvar Kamprad adalah seorang pengusaha hebat khas Swedia Selatan - pekerja keras dan keras kepala, dengan banyak kehangatan dan kegilaan yang menyenangkan di matanya," kata perusahaan itu.

Produk-produk Ikea sangat dicintai oleh banyak pelanggan karena desain yang penuh kesederhanaan dan tetap mengedepankan nilai guna.

Penulis: Azka Nurul Kamilah

 

BACA JUGA : Apakah Bisnis Merupakan Jalan Hidupmu? Kamu Harus Lolos 5 Ujian Ini Dulu!

IDN Media Channels

Latest from Working Life